Pekan Menyusui Sedunia, Belajar Jadi Calon Ibu bersama Philips Avent

15.30

Hai hai semuanya yang mampir disini, boleh di bilang ilmu pengetahuan tentang menyusui masih dikit banget, apa lagi yaa belum nikah juga kan saya, jadi boleh dong sembari ibu wannabe mempelajari dan ikutan acara "Pekan Menyusui Sedunia" yang diselenggarakan oleh Philips Avent untuk calon orang tua baru, dan ibu wannabe biar makin banyak ilmu yang di serap #spons kali :p

Oke di mulai dari lokasi di Java Paragon Surabaya kebetulan baru kali ini juga masuk tempat ini, terus pegawai nya ramah dan langsung menuju tempat acara, berjumpalah dengan mbak maya yang menghandle blogger di acara tersebut, familiar banget wajah mbak maya ternyata dua tahun lalu acara philips juga berjumpa sama mbak maya disini
 
Calon Ibu dari anak kamu, iyaa kamu :)
Ada yang tahu kah Pekan Menyusui Sedunia di peringati pada tanggal berapa?

Nah lho googling kan yaa, jadi yaa buibu ternyata Pekan Menyusui Sedunia jatuh pada tanggal 1-8 Agustus setiap tahunnya disebut juga World Breastfeeding Week.

Manajemen ASI dan Menyusui 

Membahas ASI dan menyusui langsung dijelaskan oleh yang ahli yaitu dr. Dian Pratamastuti, Sp. A ahli tentang anak yang masih menjalani kuliah S3 nya dan cantik e rek. Pada slide pertama bikin gumun ternyata ASI ajah diatur dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yang Mengatur ASI dalam pasal 128 dan 129, monggo kalau mau di cek yaa buibu, bahas UU terbayang sekelabatan TA.

Ayu Soro dr. Dian Pratamastuti, Sp. A

Ternyata yaa rek kalau pertama kali bayi di dekatkan ke dada ibu nya itu gunanya untuk mencari sendiri letak minum nya dimana, dan membuat anak memiliki kedekatan lebih intim dengan ibunya, ini bisa dilaksanakan untuk persalinan normal, tidak disarankan untuk persalinan caesar rek, karena persalinan caesar ruangannya kan dingin puool sekitar 15 derajat celcius biar bakteri ngak hidup dan membuat ibu nya terkena infeksi.

Kesian rek dedek bayi nya kalau kedinginan kan yaa di ruang operasi kalau kedinginan. Kalau ngak sempet sesaat setelah melahirkan bagaimana?? Waktu sekitar 4 jam untuk memberikan bayi ke ibunya, inget kalau anaknya bener sehat tanpa perlu di sinar yaa. Kolostrum ?? iyaa itu ASI yang pertama kali warna nya kuning itu bagus lho ternyata rek banyak manpaatnya.


Menurut dr. Dian ini komposisi ASI ada 3 bagian :
1. Kolostrum     : ASI yang keluar pertama kali sampai hari ke-4 yang kaya akan zat anti body dan anti infeksi dan berprotein tinggi, biasanya warna kuning.
2. ASI Peralihan : ASI yang kadang keluar antara hari ke 4-10 setelah melahirkan, kadar protein merendah, tapi karbohidrat dan lemak makin tinggi.
3. ASI Mature : ASI Matang yang keluar sekitar hari ke 14 dan seterusnya, komposisinya relative konstan.

Ibu yang sedang menyusui sangat membutuhkan dukungan dari orang rumah dan sekitarnya, baik itu suami, dan juga orang tua yang selalu memberikan dukungan ibu, apalagi ibu muda alias BuMud/MaMud, heemm pada lagi proses belajar jadi ibu baru jadi harus di dukung yaa. Manfaat nya ASI bukan hanya untuk bayi nya tapi juga bagi Ibu dan juga Keluarganya lho buibu, uhuk belajar banget kan buat menjadi calon ibu biar ngak kagok ntar nya.

Buat ibu muda kadang bingung kan gimana mengetahui bayi ini laper, haus atau cuma rewel ajah, ternyata kalau anak ingin menyusu tanganya itu otomatis mau masuk mulut gitu, makannya pemakaian sarung tangan membuat kita ngak tau Tanda Bayi Ingin Menyusu, oiyaa kalau bayi ngak di kasih sarung tangan yang perlu di cek itu kuku nya di potong biar ngak mencakar tubuh sendiri, kan sedih.

Lucu nya dekbay, mau dong #eehh #kodekeras :p

Sebenarnya yaa rek kemarin ada video dan beberapa foto cara memijat payudara dan cara untuk memerah asi yang benar kalau pakai tangan cuma saru ajah kalau di pajang disini fotonya keliatan banget pulgar bok plus ngilu ngeliatnya langsung merinding bayangin sok mben piye yaa, yowes tak kasih lihat bentuk lainnya yaa. Oiyaa untuk lebih higienis pakai alat pump semacam Philips Avent yang sudah canggih jadi susu lebih steril dan tinggal masuk payudara dan tunggu.

Ngilu Liat nya rek

Pijat Bayi Sehat

Kali ini bersama dokter dr Stefanie, SpKFR yang menjelaskan pijat bayi sehat itu bagaimana seh? ini ada model bayi boneka buat buibu kemarin latihan, nah kan rata-rata yang datang peserta itu ibu hamil bersama pasangan, disitu saya merasa iri ada yang masih imut kinyis-kinyis masih muda, lha saya #ngikik :p

dr. Stefanie dan slide cara memijat bayi :D
Kenapa seh harus dipijat bayi nya?

Intim ibu dan anak bisa terjalin, karena itu skin to skin contact  lho ternyata ngak hanya itu ada buanyak banget manfaatnya seperti :

Mengusir rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi, gangguan pencernaan dan stress.
Melatih respon saraf bayi
Meningkatkan kualitas tidur, bayi tidur lebih lama dan lebih nyenyak setelah dipijat.
Membantuk pertumbuhan massa otot
Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan pasokan oksigen dan aliran nutrisi di dalam sel tubuh


Selain beberapa manfaat di atas, ternyata sang ibu memijat bayi akan bermanfaat dari segi psikologis bayi nya seperti memberikan rasa nyaman dan juga bayi lebih tenang dan tidak mudah rewel, heem jadi sebagai ibu muda makin cinta sama bayinya, dudududu jadi kepingin kan #eehhh. Lebih baik tidak dilakukan bayi saat bayi sedang demam atau sakit berat lainnya dan setelah imunisasi #catet

Pemberian Makanan Tambahan
 
Untuk  memberian makanan tambahan kali ini dari dokter Prof. dr Bambang Wirjatmadi, MS, Mcn, Phd, Spgk dari Rumah Sakit Husada Utama Surabaya. Pembicara yang ketiga memasuki masa makan siang dan saya mulai melapar juga membahas makanan tambahan pada masa emas bayi, kenapa masa "emas", karena pertumbuhan bayi sampai anak usia 2 tahun itulah 1000 hari pertama kehidupan yang sangat membuthkan gizi yang seimbang, karena pertumbuhan otak pertumbuhan otak sangat pesat dan memndukung seluruh proses pertumbuhan anak dengna sempurna sehinggan padan 1000 hari pertama kehidupannya harus sangat di jaga gizi nya.

Udah adan polanya :D

Pemberian Makanan Tamabahan dimulai pada bayi berusia 6 bulan lho yaa ngak boleh kurang dan ini juga masih harus wajib ASI buibu karena disaat ini bayi mulai aktif dan memerlukan energi yang banyak dan juga ASI tak cukup memenuhi kebutuhan. Makanan Tambahan pada bayi bertekstur bubur kental yaa bukan nasi pecel, capcay, rawon apah lagi ramen, sushi, BIG NO :p

 Sekali lagi yaa buibu tulisan anak gadis yang isinya berdasarkan hasil acara  "Pekan Menyusui Sedunia, Belajar Jadi Calon Ibu bersama Philips Avent ", selamat menjadi ibu muda dan calon ibu, karena menjadi ibu anugrah dan penuh perjuangan, sayang ibu dan semua ibu-ibu di dunia yang rela menjadi tak cantik lagi buat menyusui bayi nya :*

Happy sama emak-emak blogger suroboyo, rame yoo :D
NB : Sambil dengerin Dream Theater - The Spirit Carries On :)

You Might Also Like

5 Cuap-Cuap

  1. anakku tiap hari tak ajak senam dan juga tak pijat sendiri, selain itu juga ada beberapa yang saya praktekkan seperti mengajak dia ngobrol... itu menyenangkan sekali......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aahh bapak yg pintar yaa sekarang om huda... Baby nya semoga makin sehat yaa om

      Hapus
  2. ilmunya udah dapet ya Niar tinggal prakteknya nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mama lidya, duh duh nikah dulu... Abang kapan ngelamar adek 😂😂

      Hapus
  3. bagus buat bekal kelak kamu menyusui ya niar :)

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com