Mau Punya Rumah, hitung dulu yuk

23.00

Hai Gaes, Assallamuallaikum, apa kabar nya?

Semenjak nikah, sudah memutuskan untuk pisah dari rumah orang tua maupun mertua, jadi lebih baik kontrak untuk sementara waktu, selama mau lima tahun terakhir ini masih mencari lokasi mana yang terbaik untuk hunian yang nyaman dan lingkungan yang kondusif untuk punya dua anak laki - laki kami.

Masih dilokasi Jawa Timur karena ngak mau terlalu jauh juga kalau mau ke rumah orang tua baik itu di Sidoarjo ataupun Malang, sempat juga setahun kontrak di Malang dekat dengan rumah mertua, ternyata terlalu jauh sekali kalau ke Sidoarjo, apalagi saat masa Covid-19 wah rasanya susah sekali buat main ke rumah orang tua di Sidoarjo, terbatasnya area dan ada keamanan yang melarang plat N masuk wilayah plat W.

Akhirnya memutuskan pindah lagi kontrak di Pandaan yang lebih dekat dengan kota Sidoarjo, ngak sampai sejam nyampai kok. Nah masih bingung neh mau cari rumah yang dimauin dimana, kalau dipikir kontrak terus juga capek banget packing barang-barang, terus menyesuaikan dengan lingkungan lagi. Alhamdulillah lingkungan saat ini baik, tentangga nya juga baik, banyak anak kecil, anak pertama suka main sama mereka, semenjak punya adek jadi seneng main di rumah sama adik kecil nya.



Kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan itu emang nomer satu kalau urusan keluarga yaa kan. Sapa yang ngak mau punya rumah sendiri, di dekor sendiri, impiannya di cluster yang rumah minimalis ada halaman jadi bisa grounding, ada carport nya juga jadi kalau parkir kendaraan ngak di depan rumah yang memakan 1 sampai 1.5 meter jalan depan rumah.

Sebelum mencari rumah, pastikan lokasi mana mau dimana neh punya rumah nya, di perumahan, di cluster atau di perkampungan, terus mau rumah baru tinggal tinggal atau rumah second di renovasi biar lebih cantik.

Sebenarnya buanyak faktor yang perlu dipikirin selain lokasi dan lingkungannya, salah satunya perhitungan rumah, berhubungan saya ngak begitu ngerti perhitungan kalau beli rumah, ngurus surat menyurat dan notaris, apalagi kalau ambil kpr wah makin banyak banget syarat dan ketentuan yang diperlukan.

Bikin heran lagi jaman covid-19 perekonomian kan lagi lesu yaa, berdampak juga sama real estate di Indonesia, ngak Indonesia ajah sih, seluruh dunia juga, karena perputaran uang yang ngak seimbang, pemasukan sama pengeluaran, apalagi kebanyak kerja nya kan WFH (Work From Home) ini juga menjadi salah satu alasan orang yang membeli beberapa aset seperti rumah gitu, karena wfh diperpanjang, bahkan sampai saat ini orang juga masih seneng sama wfh. Seperti berita diwebsite Liputan 6 membahas sektor properti di jaman covid, cek link disini


Di Sidoarjo buanyak banget bermunculan rumah subsidi KPR seperti flayer dibawah ini, ini contoh rumah yang dijual sama om saya, bisa sistem syariah ataupun kpr ke bank konvensional, terngantung kliennya mau bagaimana karena semua bisa dibicarakan.




Tau ngak seh, ternyata di Amerika juga ada lho perhitungan kalau kalian mau ambil properti real estate itu, ada estimasi yang bisa dipertimbangkan, dihitung terlebih dahulu sebelum kita membeli properti real estate di Amerika. Emang bukan buat kaum mendang mending sih, jadi harus spent money yang lebih sebelumnya, makanya lebih baik hitung dulu seperti di website nya Kalkulator Hipotek


Siapa tau ada yang berminat invest properti real estate di Amerika yaa kan bisa jadi, terus punya usaha juga di Amerika jadi emang perlu perhitungan yang signifikan sebelum membeli properti real estate di Amerika.

Jadi gimana neh, mau beli rumah sekarang??? Yuk hitung dulu biar ngak kaget nanti 🤭🤭

Semoga diberi kemudahan buat memiliki rumah impian yaa moms

You Might Also Like

1 Cuap-Cuap

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com