Cara Menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas Sidoarjo

13.47

Cara Menggunakan BPJS Kesehatan buat pertama kali nya nyobain BPJS Kesehatan di Puskesmas Sidoarjo, selain mau nyobain kartu ajaib satu ini, dan lagi senut2 linu gigi nya. Bikin BPJS Kesehatan sendiri dibilang gampang yaa gampang ajah yang penting persyaratannya lengkap, per tgl 1 November 2014 kemarin kan BPJS Kesehatan mengharuskan kalau daftar harus dalam satu KK (Kartu Keluarga) , jadi pas nyobain daftar onlen mau pagi, siang, sore, malam itu lemot, lola, dan bener2 bikin kemeringet, waktu di komplain di sosial media eeh akun tweet @bpjs_kesehatan dan @BPJSKesehatanRI juga ngak ada balasan #ngok.


Puskesmas Kota Sidoarjo
Kasih saran yaa kalau ke puskesmas pagi-pagi kan enak agak sepian, pas niar ke puskesmas itu sekitar jam 8an, emang sengaja berangkat pagian karena sekalian ntar kekantor toh, nah berhubung mau menggunakan BPJS Kesehatan jadi yang harus dibawa yaitu Fotokopi KTP dan Kartu BPJS Kesehatan.

Cara Menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas Sidoarjo

1. Membawa Fotokopi KTP dan Kartu BPJS Kesehatannya.
    
Buat yang bayar BPJS Kesehatan kalau bisa sebelum tgl 10 ditiap bulan nya, biar ngak kena denda,kalau belom dibayar kartu nya juga katanya ngak bisa dipakai #ngok, jadi yang rajin bayar nya, kalau sistem auto debet nomer rekening, kemarin kan mau ngurus toh di BNI terdekat, lha kok hanya bisa di BNI Darmahusada, mau kesana ngurus awang2en jauh bener yaa.


2. Ke LOKET Pendaftaran.

Untuk yang baru pertama kali berobat seperti saya, harus bawa KK juga buat di cek, nah satu KK itu masuk dalam satu file dokumen kata mbak nya. Kalau udah naruh fotokopi KTP sama Kartu BPJS Kesehatan, menunggu lah untuk dipanggil dan dapet kartu berobat gitu.


Loket nya.
 Puskesmas Kota Sidoarjo sekarang lebih bagus, bersih, lebih rapi, dan lebih nyaman untuk orang berobat, jelas jluntrungannya kemana. Ada Poli gigi paling ujing, ada Poli Lansia di Ruang Periksa, ada Ruang Laboraturium, ada Ruang Suntik /UGD, ada Poli Anak juga.

Suasana waktu nunggu

3. Menuju Poli atau Ruangan yang di Tuju.

Berhubung keluhana nya niar kan sakit gigi tuh, linu nya tuh di gigi, jadi ke Poli Gigi, lumayan lama nunggu nya, kalau dapat kertas putih dari loket pendaftaran tadi, diserahkan di poli yang dituju untuk menunggu panggilan lagi buat di periksa.



Poli Gigi

Ada kali yaa nunggu 20 menitan,sembari menunggu bisa selfie semilikiti weleh2  kan kalau ngak ada selfie nya kurang afdol hari2nya, walaupun lagi linu sendiri giginya, jadi ini gigi tuh ada yang cuwil bagian depan dan sepertinya ntar ditambal deh.          

Wajah menahan ngilu -_-
Nah waktu dipanggil kan ditanyain keluhannya sama mbak-mbak tjantik, lupa tadi nanya namanya sapa yaa tadi, entah mbak itu dokter atau bukan, sepertinya asistentnya dokter gigi deh, wong pak dokter e lungguh2 ganteng dimeja nya.
Langsung di umek-umek ini giginya, pakai bor kecil katanya di bersihin dulu dari kuman, terus disuruh pindah tempat duduk yang pasien dokter gigi.
"Kerja dimana mbak?" mbak tjantik nya nanyain
"Disurabaya mbak" sambil nahan ngilu
"Jauh yaa surabaya" 
"Sudah biasa mbak, kan deket kampus"
"Sama kuliah juga"
"Iya mbak di semolowaru situ malemnya"
"Oohhh gitu, eeh sakit ngak mbak?" sambil kasih kayak laser gitu ke gigiku.

"Ngak mbak, cuma ngilu dikit"

"Tahan mbak belom selesai"
Sambil nungguin mbak nya umek2 gigi saya, selang 10 menitan di umek2 gitu langsung selesai deh, dan gigi nya bisa dibuat makan lagi, ngilu nya berangsur menghilang, syalalallalaa....



 Oiya satu lagi untuk pengguna BPJS Kesehatan, periksa kayak saya begini bener-bener GRATIS TIS TIS TIS , ciyusan gratis tanpa dipunggut biaya apapun, paling juga parkir 1000.

Terima Kasih Puskesmas Sidoarjo, BPJS Kesehatan, kalau gini mah kartu sakti BPJS Kesehatan emang beneran nyata penggunaannya buat orang kecil, nyatanya yang berobat banyak banget pakai kartu BPJS Kesehatan, terus yaa banyak orang tua lansia nya yang berobat, semoga kesehatan gratis seperti ini tepat sasaran, terus sampai ke plosok2 Indonesia yaa, ammiiinn..


Senyum Sumringah :D

 Sekedar sharing pengalaman langsung pakai BPJS Kesehatan di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarat) Sidoarjo.

You Might Also Like

39 Cuap-Cuap

  1. saya ngga yakin. manusia seperti saya juga bisa dapet yang demikian itu neng. apalagi termasuk dari keluarga pas-pasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha bpjs kesehatan malah buat keluarga pas2an lebih membutuhkan mas :D

      Hapus
  2. wih,,,beneran gratis ya niar..aku belum nyoba pake kartu sakti soalnya...nyoba juga ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo mbak cobain lah, gratis tis :D

      Hapus
  3. moga aja bpjs bener2 berguna, soalnya ada juga rumah sakit daerah yg nolak, tetep bayar jugaaaa .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau kasus yang seperti itu harus dilaporin ke BPJS KESEHATAN mas, bisa tlp CS, mention di Twitter, atau masukin koran ajah, kan RS daerah bakalan dapat sanksinya :D #kuduKritis #kuduKejam

      Hapus
  4. Wah... belum pernah nih Nyoba gunain BPJS. hmm
    gimana ya rasa nya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kudu sabar antri yaa mas faris :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. Tindakan dalam hal opoh iki mbak fenny? kalau pemeriksaan gratis,kemarin ngak dapet obat niar.

      Hapus
  6. Aku belum punya kartu BPJS T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo buruan ngurus, tahun 2015 pada wajib pnya BPJS Kesehatn lho :D

      Hapus
  7. Waduh, aku harus menjelaskan pada seluruh pemirsa tanah air arti kata "diumek-umek" :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah di umek2 biar seru mak lus :p

      Hapus
  8. Utk kartu ajaib ini, beberp.bulan lalu ta gunain pas operasinya Aida, gratis tis tis.

    Lama tak suaaaa yaa....eh lama gak bewe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih buat operasi apaan mbak?

      Iya jeh, suwi banget ngak bewe :D

      Hapus
  9. Aku malah dari kemarin belum jadi-jadi mau daftar BPJS buat keluarga, eh sampai kapan sih pendaftaran BPJS, masih bisa ngga ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaalau per 1 Nov kudu 1 KK daftar bpjs, katanya 2015 harus punya semua bpjs kesehatan :D

      Hapus
  10. punya BPJS bermanfaat banget. Yang gratis selalu dicari hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teh chi, lumayan banget lho buat orang2 yg membutuhkan

      Hapus
  11. semoga gratis terus soalnya banyak oknum nakal yg mau ngutip biaya
    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. dengan adanya bpjs memang sangat membatu masyarakat, khususnya yang kurang mampu :)

    BalasHapus
  13. saya juga pernah ke puskesmas untuk periksa gigi, dan memakai kartu bpjs :)

    BalasHapus
  14. nice to meet you all guys ..please visit me back..

    BalasHapus
  15. bpjs sangat bermanfaat bagi semua orang :)

    BalasHapus
  16. alhamdulillah, saya juga merasakan manfaat dari bpjs :)

    BalasHapus
  17. BPJS memang okeee yaaa...aku juga sempat merasakan sebelum beangkat...tapi waktu itu masih dengan title ASKES..makasih sharingnyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah askes berubah nama jadi bpjs kesehatan yaa mbak indah, semoga mbak lekas sehat yaa :D

      Sama2 mbak :D

      Hapus
  18. Bapakku baru-baru ini kena flu, terus pakai BPJS juga. Eh, beneran gratis ya ternyata, hihihi. Mudah-mudahan yang membutuhkan bisa kebagian semua dan Indonesia jadi sehat, deh xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mbak indi, semoga bisa berguna buat semuanya yaa :D

      Hapus
  19. aku punya kartu bpjs, tp belum menggunakan kartunya ,,

    BalasHapus
  20. saya juga termasuk orang yg beruntung, karena mempunyai bpjs:)

    BalasHapus
  21. waah aku belum punya bpjs
    punya asuransi lainnya sih

    BalasHapus
  22. saya juga termasuk org yg beruntung karena bpjs

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com