Mainan Tradisional Hampir Punah

16.51

Permainan tradisional sudah mulai memudar, coba liat anak kecil sekarang kok hampir ndak kenal yaa, pada kebanyakan lebih main ke gadget mulai dari hape android, tablet, sampai laptop yang game online, hiihhiii..

Dulu waktu niar masih kecil mainannya lho karetan, dakon, engrang, gasing, nekeran, bola bekel, benteng-bentengan, bahkan sampe naik pohon keres hihihihi...nakal banget yaa kecilannya, niar neh cewek tapi mainannya kayak cowok yaa, hihihihi....

Eeh pernah juga lho niar main di juglang nyari koodok, bener bener anak desa yang mainannya tradisional banget, baru ada komputer sama gadget juga baru-baru ini ajah munculnya, ndak terlalu juga seh buat mainan onlinennya, hehehhe. Niar cuma mau share ajah beberapa foto mainan tradisional yang jumpa lagi, waktu berkunjung di taman balekambang solo.


CONGKLAK :

Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil. (Menurut mbak wikipedia lho)


Congklak

Seneng banget lho mainan congklak ini, apah lagi mainnya sama 2 anak asli sono yang kosa kata, logat bicaranya medok jowo banget jadi ikut jowo juga niar, hehehhe :D  Mainan coklak biasanya bijinya pake sama biji kecik (isinya sawo) atau biji srikaya yang dulu didepan rumah udah punya lho, enak banget, hohoho...


mainan congklak yukk

 EGRANG :

Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantai atau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun.[1]. (Menurut mbak wikipedia lagi)

Terdapat beberapa jenis egrang, yakni:
  • Egrang pegangan
  • Egrang pasak
  • Egrang drywall
  • Egrang pegas

Main egrang, ndak gampang banget lho, niar ajah mainnya sampek dipegangin anak kecil yang tadi main dakon juga, adoohh itu juga ndak sekali naik langsung bisa, itu juga bolak balik pilih ganti egrang lho yaa, mosok ndak seimbang berdiri di atas engrang, butuh perjuangan kayak cinta yang harus diperjuangkan #eeh apaan seh ini :D

susah payah naik lho

GASING :

Gasing / Gangsing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib. (Menurut mbak wikipedia lagi)


Gasing seru banget

Mainan gasing tuh seru banget, niar kalau ini yang di lilit pake tali baru di tarik biar muter gasingnya tuh tradisional banget mainannya. Ini juga ndak gampang lho mainnya kadang pas di tarik lho ndak muter, hehehe..


Niar seneng banget bisa mainan tradisional yang hampir punah, harusnya dilestarikan lho yaa, kasian anak cucu kita ntar ndak ketemu mainan tradisional yang seru banget mainnannya tuh, selain mainan juga buat olahraga, hehehe.


Apaan neh kesukaannya dulur mainan tradisional ??

You Might Also Like

40 Cuap-Cuap

  1. uwah seru,mnegingat2 masa kecil hehhe....pernah sekali dulu nyoba engrang jatuh terus hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheeh iyaa itu juga pas nyoba lagi jatuh2 mbak hanna, heheh :D
      main lagi yuk :D

      Hapus
  2. Tradisional bangeett,, hampur gak pernah lihat malah -__-
    Kangen berkunjung kesini, hahaha

    BalasHapus
  3. dakon wkwkwk.. kawit biyen ora iso2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah gampang banget, ayoo dolan dakon mas karo aku :D

      Hapus
  4. Sampai sekarang aku belum pernah lihat bentuknya egrang. Apalagi coba naik?
    Dulu mainku selain bekel sama dakon. aku juga aktivis mainan luar seperti jumpritan, betengan, gobak sodor, sakura-an, dll..
    Oh ya, naik keres juga spesialisasiku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii belum pernah, coba yaa suraabaya ada festival mainan tradisional yang hampir punah2 gitu bagus kali yaa :D

      wah toss dong mbak, yuk naik keres lagi santai diatas pohon, hihihihihi

      Hapus
  5. aku paling suka main dakon sm gobaksodor sm tmn2ku pas kecil dulu..sing gak iso main egrang aku mb..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo main lagi bu, kalau anak2nya seneng main apaan yaa??

      Hapus
  6. Ini di Balekembang Solo ya, di Prambanan kayaknya juga ada sekarang, kapan-kapan mampir aaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak fenny, kalau prambanan kemarin belum sempet mampir, hihihi :D

      Hapus
  7. Bunda di rumah masih main dakon sana Fanni.

    BalasHapus
  8. Asyik bgt ya mainan jadul, semua menyehatkan. Anak jman skr Mna ngerti keringetan. Plg sekolah lgs megang tab Ckckckck....

    BalasHapus
  9. Kalau jaman dulu apa aja bisa jadi mainan mulai dari kulit jeruk bali, sendal jepit bekas, kaleng susu, pelepah pisang ... pokoknya kreatif. Kalau permainan tradisional saya paling seneng main galah asin atau gobak sodor :D
    Ngomong-ngomong salam kenal, Mbak. :D

    BalasHapus
  10. Disini masih ada yang mainan tradisional tapi cuma hari minggu doang. Alfi seneng banget lihat anak2 main. Tapi engrangnya ga ada :)

    BalasHapus
  11. kalau enggrang dan gasing masih banyak yang memainkan di kampung halamanku ...salam :-)

    BalasHapus
  12. di kalimantan selatan, sudah jarang ditemui mainan tradisional, anak-anak lebih suka main playstation atau bermain game online dengan gadget

    BalasHapus
  13. Mungkin pemerintah perlu menghidupkan lagi permainan itu Niar.. lewat festival dolanan anak tradisional mungkin

    BalasHapus
  14. iya udah semakin langka aja permainan tradisional :(

    BalasHapus
  15. Kalau permainan egrang saya sampai sekarang belum bisa, soalnya sulit sekali menyesuaikan diri agar seimbang. jatuh mulu. :D

    BalasHapus
  16. Itu semua dulu mainanku, nduk. Apalgi egrang, sip banget kalau main kui :)
    Oh ya btw mulai kapan wikipedia berstatus jadi "mbak" hahahaha

    BalasHapus
  17. Banyak sekarang ini mainan tradisional yang tak lagi dimainkan, dulu masih suka lompat tali, main kelereng, dam-daman, dan masih banyak permainan lain yang sekarang sudah tergusur dan tergantikan dengan permainan modern yang lebih mahal :(

    BalasHapus
  18. gimana nggak punah mbak, lhawong orang tua sekarang banyak yg nggak memperbolehkan anaknya bermain dengan teman sebayanya di luar

    belum lagi keberadaan gadget dan juga sekolah plus plus yg memaksa seorang anak berada di sekolahan sampai jam 3 sore, sehingga anak2 nggak sempat bermain :D

    BalasHapus
  19. Padahal, egrang tuh bisa dipakai untuk terapi lho. . .:)

    BalasHapus
  20. aku dulu paling jago loch main congklak...di pasar deket rumah masih banyak yg jual....biji bekel juga....duuh jadi kangen sama masa kanak kanak dulu....

    BalasHapus
  21. kalau gasing gaya lama, emang mau punah. tapi kan sekarang dah ada gasing gaya baru yang dimainin di tivi-tivi itu lho,

    BalasHapus
  22. Wah iya bener bener. Duh duh jadi nosralgia sama maenan jaman kita kecil dulu hieiehiheiheiee.

    BalasHapus
  23. Aku suka main karet, Niar. Kadang buat main lompat tali, kadang mainan yang kalo di Klaten disebut cirak, entah di daerah lain apa namanya.

    Kalao egrang sama gasing enggak bisa.. :D

    BalasHapus
  24. Salam kenal kak niar dari tasikmalaya,

    BalasHapus
  25. Sukes niar ,, blog nya mantap , lama gx ketemu skarang udah punya blog mnatap !!

    BalasHapus
  26. kunjungan sorre gan , makasih atas info nya gan, salam kenal iyaa :)

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Waah liat dan baca postingan ini jadi kangen sama mainan-mainan tradisional itu ><

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com