Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar Eksotis

20.00

Berhubung habis ada insiden "pergi" dari seminar yang kedua, jadi naik motor ke candi sukuh nya. Candi sukuh sendiri termasuk dalam kabupaten karanganyar nya, jauuuhh banget tempatnya dari solo kotanya, kayak surabaya - malang gitu deh. Enak banget tempatnya adem seger udaranya :D

Ternyata limited edition yang ke Candi Sukuh dikarenakan emang jalan menuju ke atas itu menanjak banget jadi para dulur yang berangkat duluan naik bis mini gitu, malah ada yang macet di tengah - tengah perjalanan, untung masalah bisa teratasi :D

Buat motor jalannya kayak ular gitu, meliuk ke kanan dan ke kiri biar gag begitu berat #secara yang digonceng berat bok, terus biar lebih mudah buat naiknya, apahlagi cuacanya lagi gerimis romantis gitu jadi yaa jalanan licin, harus hati-hati banget kalau mau ke sini.


Silahkan masuk :D
Masuk candi ini cuma diberi waktu 20 menit, heh?? segini luas nya cuma muter2 bentar, lama dijalan nya deh -_-
Sudah menyentuh candi sukuh :D

segernya ngeliat ijo-ijo :D

Eeh langsung di sambut sama bapak pemandu yang menjelaskan patung2 yang ada di candi sukuh ini. Ngeliat yang luas banget terus menanjak gitu seru deh, secara ini candi nya di rawat. Nah ada relief di batu yang menjelaskan kurang lebih kalau seorang pria melindungi wanita, pekerja keras dan memberi kasih sayang untuk wanita nya gitu. Dari jaman dulu seorang pria juga udah tugasnya melindungi wanita bukannya menyakiti kan yaa, itu lelaki sejati #eh.





Relief bercerita ttg lelaki sejati :D
 Nah ini ada arca yang bentuk rahim wanita, dimana dijelaskan bayi yang ada didalam perut itu suci tapi waktu dilahirkan itu bisa menjadi 2 sisi baik dan buruk tergantung sama orang tua yang merawatnya.


Ini Seperti Rahim Wanita.
 Ngeliat candi yang satu ini sebenernya sapa ajah boleh naik tapi kalau kata pemandunya yang berhati bersih dan yang lagi gag 'haid' boleh naik, dan sebernya waktu turun dari tangga candi itu harusnya seh balik badan gitu kayak petugas upacara waktu ambil bendera pusaka kan turunya gag liat ke belakang :D


Kalau udah waktunya narsis itu udah deh gag bisa di lawan hawa kenarsisannya, mau di candi yang seperti ini gag foto, aah eman banget toh. Mejeng dulu yaa dulur, mau pamer foto di Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar yang Eksotis sekali.

Mau juga kesini??? Yukkk ajah temen, keluarga, kerabat, sahabat, buat berkunjung ke situs bersejarah seperti ini,kapan lagi coba ada tempat eksotis seperti ini :D



Misi narsis dulu :D
Asean Blogger berkumpul gag foto bareng itu kurang kumplit, seperti makan mie goreng gag pake kriuk-kriuk #ehh.


Foto Keluarga ambil di fb orang #lupa sapa yaa :D


Sebenernya gag perlu jauh-jauh buat liburan yaa, apah lagi musim liburan seperti ini coba main ke Candi Sukuh, sudah pemandangan nya ciamik,keren, udaranya adem seger banget. Bisa juga klik www.pegipegi.com buat tau tempat menginap dan keberangkatan naik sepawat yang ada tempat berlibur di Indonesia mana ajah seh yang asyik buat di jelajahi lebih lanjutnya.

You Might Also Like

45 Cuap-Cuap

  1. lumayan loh 20menit. apalagi sempet foto2. baru tahu ada candi sukuh di karanganyar. jadi pengen jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo jalan2 ajah om rusydi kan indonesia banget :D

      Hapus
    2. Yang eksotis CANDI nya atau MODEL nya ya

      Hapus
  2. keren banget, tuh mbak atau adik ningrum

    BalasHapus
  3. aduuuh senengnyaaaa :)
    saya juga demen nyasar, eh jalan2 ke candi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jalan2 ke candi, di sidoarjo juga ada candi tapi nama tempat :D

      Hapus
  4. wah.... asyik ya di ketinggian gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa tinggi banget, ikutan mas huda :D

      Hapus
  5. seru ya.. apalagi perginya rame-rame :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak nophie, tapi niar berangkat sendiri :D

      Hapus
  6. ember, emang seger banget ya tempatnya, bikin mata betah ... 20 menit ya? lumnyun deh, tapi lumayan ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan dapet ilmu baru, bisa tambah stok foto baru, hahahah :D

      Hapus
  7. keren candinya, pasti asik main ke sana :)

    BalasHapus
  8. aku ke sangiran
    *gak ada yang tanya :D

    BalasHapus
  9. Asri banget, banyak yg hijau2 :)

    BalasHapus
  10. ukiran rahim itu yang mencengangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang jaman duluuuu udah ngerti bentuknya rahim ya??
      pinter banget

      Hapus
  11. Tante Niar nih
    jalan jalan terus yaa
    Dija ikut dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo dija ikutan yuk sini ke surabaya dek dija :D

      Hapus
  12. Aku gak kesini? :(

    Btw, naik motornya sama siapah? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak idah kan ke sangiran :D

      Naik motor sama sapa yaa :p #Kasih tau gag yaa :p

      Hapus
  13. wahh.. kapan ya bisa ke candi sukuh?? -_- jadi ingat temen-temen SMA yang hiking ke sini tanpa akuhh... huhuhuhu. salam kenal ya mbak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok2 bisa mbak main solo ajah kan ada temen disana :D
      salam kenal juga bu dosen :D

      Hapus
    2. klo dari solo keknya kejauhan, soalnya dulu temen2 hikingnya dari ngawi.. :D
      klo dilihat2 dari bentuk candinya ini mirip candi kethek dan keknya lebih amazing candi cetho.. kesan nirvana nya tuh dapet banget.

      Hapus
  14. paling banter gue ke candi gedong songo.. ke sukuh cuma lewat... :)

    BalasHapus
  15. 20 menit kayaknya kurang, ya :D

    BalasHapus
  16. cuma dikasih waktu 20 menit?? waw!! itu harga tiket masuknya berapa neng??

    BalasHapus
  17. aaakkk.. aku iriii, Niaarrrr :(

    BalasHapus
  18. Foto kedua dari bawah mirip kuil2 bangsa Maya.... :P

    BalasHapus
  19. aaahhh Niiiiarrr iniii, lagi-lagi postingannya ttg ABFI huhuhuh #ngiriiiii

    btw itu ama Una kan??

    BalasHapus
  20. niar liburan terus ya ... jadi pengen liburan .

    BalasHapus
  21. Waw sangat asyik banget tuh, kapan bisa jalan - jalan kayak mbak niar

    BalasHapus
  22. Wah liat dr fotonya, kayak bagus ya Niar, belom pernah ksono sih

    BalasHapus
  23. Seru bisa jalan-jalan ke tempat yang seperti ini, ada banyak catatan sejarah dan budaya yang tersirat dalam setiap goresan di setiap candinya nya. Dimana semuanya terdapat pesan pembelajaran yang mengandung arti dalam dari sebuah kisah perjalanan anak manusia, dengan segala peradapan kisah sejarah dimasa tersebut.

    Salam wisata

    BalasHapus
  24. Wihhh cerita jalan-jalannya lengkap banget nih,...alooo niar apa kabar ?
    kapan jalan-jalan ke Bekasi ??

    BalasHapus
  25. wah Candi Sukuh aku baru tau ini, Niar :-D
    pengen banget kesini... bagus ya pemandangannya..
    relief nya juga penuh makna :-D

    tapi btw, kalau turunnya mundur gitu apa nggak takut jatuh ya ntar? x_x

    BalasHapus
  26. wuish lagi liburan yah mbak
    seru banget dech bisa ng-eksplor kekayaan cagar budaya indonesia ^___^

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Waktu masih kelas 1 smp saya pernah touring ke candi sukuh bareng temen-temen sekolah

    BalasHapus
  29. Ketemu juga daftar tempat yang dicari tuk liburan..makasih kak infonya..

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com