Main Ke Kampung Ilmu Surabaya Yuk

23.52

Main Ke Kampung Ilmu Surabaya Yuk.....

Kampung Ilmu?? Apa itu niar?
Kampung yang banyak ilmunya gitu tah niar, atau ilmu yang kumpul jadi sebuah kampung, atau perkumpulan orang-orang pinter yang memiliki satu kawasan di perkampungan #halah makin ngaco#.


Yaa beti lah kalau tebakkannya begitu. Kampung Ilmu itu sebenernya ada banyak pedagang buku-buku bekas yang banyak dijual di satu kawasan yang di sebut kampung, karena dekat sama perkampungan dupak dan dekat sama Setasiun Pasar Turi. Di kampung Ilmu juga ada buku baru nya, kemarin banyak anak sekolah sampai mahasiswa mencari buku-buku panduan yang ada di sekolahannya dan mendapatkan harga jauh lebih miring, pinter-pinter nawar saja.

Main ke kampung ilmu surabaya tuh udah direncanakan seminggu kemarin tuh diajakin sama temen niar, ada pelatihan web gitu, lha tempatnya di kampung ilmu. Seumur-umur belum pernah masuk kedalemnya padahal lumayan sering ngelewatin  jalan semarang kalau mau ke PGS (Pusat Grosir Surabaya) kan satu arah kalau dari arah jalan Diponegoro, bingung yaa ngomongin jalan. Buat orang surabaya dan orang yang pernah mampir plus muter-muterin surabaya biasa nya tau jalan ini, kalau gag tau cari di mbah guugle yoo.....

Kalau mau ke kampung ilmu siapin duit recehan yang banyak kalau mau beli buku, yang jualan rasanya belum sedia mesin kartu kredit atau kartu debit.

Beli buku bukan tujuan utama niar, tapi tujuan utama nya tuh ikutan pelatihan ben nambah ilmu ne, because what? ben gag gaptek, terus kuliah besok tuh gag ada yang berhubungan sama web per web an, ada nya ngitung besi, semen, kayu, harus wani (berani) turun lapangan.


Mau tau suasana nya kampung ilmu dikota Surabaya

Di pilih di pilih buku nya, gimana mirip wong dagang e?



Pertama kali baru nyampek parkiran lha kok sepi, emang ada pelatihan beneran toh di tempat beginian yang nampak rame sama buku yang berjejeran. Tempar parkirnya luas banget, tapi sayang bawahnya masih tanah dan bikin banyak debu yang nempel di mana-mana, hawa nya jadi kerasa panas kalau di tempat parkir padahal udah banyak pohon-pohon rindang ben sejuk.

Panas, Luas dan bikin berdebu deh sayang nya.
Awalnya seh nungguin temen ku yang gag dateng-dateng sambil ngobrol sama panitia acara nya *sok akrab ben dapet gratisan*, nungguin sampek lumayan kering kayak ikan asin yang belum sempet dibalik. 15menit wes nungguin lama banget langsung ketempat kejadian, ntar panitia yang ngurus kalau telat.

Oke cap cus deh ke TKP, naik tangga yang gag begitu tinggi, serasa naik rumah pohon sangking nyamannya suasana dari atas liat pemandangan di bawah. Di pintu masuk, lepas sendal sama registrasi dulu, bayar nya 40 ribu buat sekali pelatihan gitu, lumayan lah dapet makan siang gratis gag perlu ngeluarin duit lagi, tetep yaa ujung-ujung nya hemat beb #iklan banget#.

Ini suasana belakang kampung ilmu ada kolam nya tapi air nya butek (kotor pake banget)

Acara dimulai lumayan menarik, dan aku lupa banget dari kemarin gag bawa kacamata, walhasil pilih tempat paling depan biar bisa keliatan, tapi tetep ajah ini mata gag bisa kompromi. Padahal yaa udah pake LCD di taruh ke layar tancep super gede, tetep ajah gag keliatan, wong min 1,5 wes ribet e gini, liat cowok cakep gag keliatan deh #lupakan.

Eeh tiba-tiba ada cewek berkrudung abu-abu masuk ruangan terus colek lengah niar dari belakang.
"Woy nduk, sorry yoo telat, macet jeh" bayangin pake aksen ne suroboyo banget yang medok.

" Iyoo wes suwi leg suroboyo macet jeh" (Iyaa udah lama kalau surabaya macet)

"Wes ket mau a acara ne?" (udah dari tadi tah acaranya? )

"Mayan, sampek garing ngenteni awak mu" (Lumayan, sampai kering nungguin kamu)

Peserta nya leg di hitung sekitar 20 orang an, dikit tapi ekslusif bok, kalau ada yang gag bisa langsung ada support nya, serasa memposisikan diriku yang mensupport orang lain #lupaka.

Ditengah acara jelasin pokok per pokok kok banyak banget, sampek bosen banget penyampaiannya itu monoton, kurang bikin penasaran, dan slide show nya ituh biasa juga gackground nya biru polos plus tulisannya putih jenis arial gitu, pkok e gag menarik pas dijelasin bahannya. Hadooh padahal kan nungguin prakteknya jeh. Katanya praktek habis ISHOMA (Istirahat SHOlat MAkan) bukan show imah lho yaa.

Waktu makan udah disiapin mangkok dari streo foam #bener gag seh tulisannya, terus ada irisan lontong nya beberapa biji jelas laper lagi, ada mas-mas bagian nuangin sayur gitu tapi sepintas kayak kikil tapi kok bukan apah ini efek gag pake kacamata yaa. Eeeh ternyata itu opor ayam lontong yang rasanya lumayan enak lah.

Dimakan bikin gendut gag yaa?? kemarin timbang udah 50kilo, hadoohhh lemu jeh....
Itu caption yang ada di hatiku, badan udah makin gendut, pipi makin temben tapi tetep ajah ini perut minta makan mulu. Abis makan, turun sholat dan tempat sholatnya lumayan bersih untuk ukuran tempat semi wisata begini, lanjut muter-muter petak-petak penjual buku.

"Cari buku apa mbak"

"Masuk dulu mbak"

"Bisa ditawar kok mbak"

Itu jargon andalan mbak, mas penjaga toko buku setiap dilewati depan tempatnya. Sebenernya pengen beli buku tapi kok yaa masih ada kebutuhan lainnya jadi ditunda saja dulu #alasan kamuflase, bilang ajah lagi bokek.

Kurang kenyak tuh makan lontong, ngeliat gerobak rujak cingur jadi pingin, jadilah kami berdua beli rujak sepiring berdua, romantis banget tapi kok sayang nya sama-sama ceweknya #plak.

Rujak CIngur lombok3 yang bikin doweh sangking pedes nya..

Nah, habis kenyang perut, lanjut memuaskan hasrat untuk narsis ria di bawah pohon randu yang ciamik pooll... Kalau foto beginian gag majang di blog wah alamat gag bisa tidur ngimpiin pangeran koodok lag an, xixixixi #lebay. Jilbab paris polos warna kuning gag familiar banget sama niar, baru kali ini pake dan hasil nya bikin semua mata memandang kepadaku #tutup muka pake jilbab.

Baru kali ini pake jilbab warna genjreng banget kuniinnnggg........

Ini dia pembicaranya siang-siang bikin ngreng matanya, liat apah itu?? gimana cara pengaplikasiannya? terus caranya gimana? lagi-lagi diulasnya setengah-setengah gag seluruh nya, dan ujung-unjung nya nawarin hosting sama domain berbayar pake jasa dia, hadoohh kok malah promosi toh yoo................. Yowes sing penting wes dapet ilmu ne dasar ntar tinggal di aplikasikan, tanya mbak guugel dah.

Gedein lagi dong pak tulisannya gag keliatan tuh #sambil melototin layar depan.






 Ini Ekspresi lagi utek-utek web nya kok gag jadi-jadi yaa, hadoohh sama suasananya yang lumayan longgar untuk ukuran tempat yang sangat luas.

Ekspresi wajah serius muka nya gag ada senyumnya, xixixixixi.....




NB : Overall, sangan menarik untuk berkunjung kembali kekampung buku yang menjual berbagai macam buku, pingin cari buku jadul-jadul gitu ada deh disini (kalau ada yaa).

You Might Also Like

65 Cuap-Cuap

  1. ini di jalan semarang ya...
    tanya ke saya mantan walikotanya surabaya...
    di kampung ilmu, nyari buku apa aja ada asal mau oprek-oprek penjualnya, dan harus pinter2 nawar, supaya gak keblubuk... apa bahasa indonesianya keblubuk... pokoknya gitu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau kudu nawar-nawar saya agak males, Mbak. Lebih seneng yang ada bandrolnya, terlebih yang ada tulisan free alias gratisnya. hahaha....

      Hapus
    2. Iyaa om insan di jalan semarang, hahaha mantan walikota sbya?? wakakakak...
      Iyaa enyang2an barang ben gag ketipu, xixixi :D

      Iyaa abi ada tawar menawarnya yang bikin naik turun darah, ,hahahah.... Lha kalau mau gratis minta langsung abi, ntar paling di tutuki, wakaakakka :D #piss abi.

      Hapus
  2. *siram Mbak Niar* *biar gak garing*
    Trus dapet gratisan apa mbak dari sok akrabnya? Hihihi :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. siram e gawe sirup ben tambah manies yoo mbak un, wakakakak......

      Gag dapet opoh2 mbak, dapet materi ne ae :D

      Hapus
  3. ini kampung permanen atau karena ada event saja ya mba...

    keren banget idenya... bukunya bagus bagus tidak ya... saya suka sekali lihat toko buku seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permanen om app, kan semacem tempat khusus jualan buku2 gtu :D

      Hehehe itu dari dulu cuma sekarang lebih bagus, bagus2 bukunya :D

      Ayoo ke surabaya om :D

      Hapus
  4. klop banget infonya! asyik juga tuh kampung ilmunya, lengkap banget ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih om bung penho #pemborosan kata2 dah, wakakak :D

      Hapus
  5. Kampung ilmu di jlan semarang? Aku sdh familiar dengan jalan semarang sejak masih di SMA...beli buku pelajaran second di situ. Dan lokasi kampung ilmu itu apa tempat yang jualan buku-buku bekas tersebut?

    Sudah lumayan lama gak singgah di book store jalan semarang, karena merasa lbh sreg di Blauran je..


    abis workshop web, ajarin dunk?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak di jalan semarang, weh itu sekarang gag cuma sekond ajah mbak ada yang baru2 dan lebih miring harganya. Iyaa di blauran juga ada bisa tinggal pilih mau yang panas2an atau lebih merakyat :D
      Belum bisa apah2 mbak masih belajar juga :D

      Hapus
  6. makannannya enak juga tuh, mudah2an suatu hari lagi bisa kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong apah lagi ratu itu Ra Tumbas alias tidak beli, wakakakk :D

      Ayoo main sini :D

      Hapus
  7. mau juga dong diajakan jalan jalan ke kampung ilmu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo masjarwadi ke surabaya dulu :D

      Hapus
  8. Hahahha..... Oalah ada acara toh?? Pakai kuning ya apik kok, :-D

    Wew... 50 Kilo??? Beda 20, whakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha maakasih makasih, kuning genjreng bagnet yoo0o :D

      Hahah wes lemu jeh aku :p

      Hapus
  9. pelatihannya bayar gk mbak??hrga buku disana murh2 enggk mbak?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbayar mas rizky, 40ribu :D

      Murah2 apah lagi kalau bisa nawar :D

      Hapus
    2. terbukti
      apalagi kalo buku bekas

      Hapus
    3. iyaa toh terbukti kah :D

      Buku bekas 2 murah meriah dijamin halal #lho

      Hapus
  10. kalo ke saya ke surabaya justru nggak ke kampung ilmu, justru ke kawasan dupak, hhh nyari onderdil bekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaah emang tempat nya onderdil bekas di dupak yaa pak ies :D kalau mau kulakan baju2 di pgs :D

      Hapus
  11. ikoooootttt.....huhuhu
    yg di aplod kbykan mknn hedeehhh
    tp bs jd inspirasi nih jilbab ngejrengnyah...#jreeeng

    emak lg mumet...jd komen GJ nya buanyak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo sini mimi ke surabaya :D

      haha itu makannan rujak cingur asli suroboyo, mau mimi? enak lho....

      Leg mumet pegangan dulu mimi :D

      Hapus
  12. penasaran juga nih jadinya... Rujak cingurnya nyomot aah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo bunda kesurabaya yoo :D

      Monggo di comot rujaknya :D

      Hapus
  13. Balasan
    1. shoping kan belanja yaa yoo mas ibnu :D

      Hapus
  14. Kayaknya tempatnya asik ya Niar...
    nek aku ke Suroboyo ajak jalan kesana yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik banget mbak ada pendoponya juga lho :D
      Ayoo mbak mel kesuroboyo yoo :D

      Hapus
  15. Jadi inget kampungku,.. Hiks!

    BalasHapus
  16. nama kampungnya OK juga tuh ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dung suroboyo gitu, wakakakak

      Hapus
  17. kampung ilmu itu jalan semarang an mbak :)
    saya juga pernah kesana :D
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener sekali mbak ria :D

      Ayoo kesana lagi :D

      Salam kenal juga :D

      Hapus
  18. Dulu di jalan Semarang juga ada buku bekas lho
    kapan2 mau main ke sini saja, siapa tahu ketemu bekas pacar.
    Salam sayank selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kan emang buku bekas2 dhe sama jual buku baru dhe :D
      Ayo main ajak niar yaa dhe :D
      Leg ketemu bekas pacar, emoh aah dhe garai.............#no ekspos :D

      Salam sayang balik dhe :D

      Hapus
  19. Mbak Niar, kampung ilmu ini adalah tempat yg pasti aku sambangi kalau lokasinya di Tangerang..Keren banget deh idenya..Semoga bentar lagi ditiru di propinsi lain..Kecuali satu Mbak, menolak keras makanan (apa lagi panas) disajikan dalam styrofoam..Berbahaya ituh...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe main kesini yuk bu evi, apah di tangerang di bikin beginian :D

      Iyaa seh gag bagus yaa bu sterefoam pake makanan panas.

      Hapus
  20. ane jg kalo beli buku bekas di sana

    BalasHapus
  21. ihihihi...takut gendut juga rupanya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ndak takut gendut cuma ini tubuh udah melar mbak ci, wakakak :p

      Hapus
  22. waah pakai jilbab kuning. ngejreng nyoo \^,^/
    bayar 40 ribu yah? waah kalau kantong mahasiswa mahal ituh =P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ngenjreng poollll :p

      iyoo e, mayan lah buat dapet ilmu itu butuh ada yang disumbangkan.

      Hapus
  23. masih tetep menatap tuh makanan
    *jadi laper beneran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah di ambil juga boleh lho :p

      Hapus
  24. Pernah lewat tapi belum pernah mampir hehee..
    Kayaknya banyak juga buku yang jadul2 ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget, mampir lah ke kampung ilmu :D

      Hapus
  25. kalau mau pintar main kekampung ilmu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaa , ayoo main ke kampung ilmu mama lidya :D

      Hapus
  26. kampung ilmu itu lokasinya tetap atau sekali setahun acaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada terus mas rio karena lokasinya tetap :D

      Hapus
  27. Terima kasih sahabat atas berbagi informasi dan juga pengetahuannya sahabat

    BalasHapus
  28. Kayaknya asyik juga ke sana tuh. kalo di jakarta kawasan senen-kwitang tuh. hehe.. Salam kenal dari Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung asyik bagnet, di jakarta juga ada yaa, wah asyikk :D

      Salam kenal balik dari Sidoarjo :D

      Hapus
  29. Wah, aku menggila klo liat buku-buku ituuuuu!
    Tapi sayang di kotaku gak ada kayak begitu hiks T_T

    Jadi kesimpulannya, dapet apa aja di pelatihannya itu selain dapet opor? ^^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mbak maya kesini, keburu kehabisan #promo :D

      Hahahah dapet opor ayam plus dapet ilmu baru mbak may :D

      Hapus
  30. yg nimbrung disini ada yg jualan buku ta?
    bukunya Sigit Triyono tahun 2006 ada gk?
    kalau ada q lgsg pantau kesana...

    ojok gopoh panganan tok rek :D

    BalasHapus
  31. wow.. luar biasa.mataku jadi ijo kalo dah liat buku bertebaran.. :D
    bisa nambah koleksi buku di Oemah maos As sa'diyah-trosobo nih.. thanks infonya kak niar..

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com