Pages

Kamis, 16 Mei 2019

Akhirnya Cerita Kehamilan : Trisemester 1 penuh drama

Bismillah....

Akhirnya berani curhat lagi di blog, kali ini tentang kehamilan saya pertama kali dan kata orang nunggu 4 bulan baru boleh cerita atau sebar kabar bahagia. Alhamdulillah sudah tingkepan 4 bulanan jadi udah berani buat nulis beginian, nah waktu nulis ini sudah memasukin usia kandungan 17weeks aka 4 bulan jalan seminggu kalau kata aplikasi yaa kan dihitung dari HPTP (Hari Pertama Terakhir Menstruasi)

Jadi nikah itu tanggal 30 Desember 2019 dan sudah ada tanda-tanda bakalan menstruasi yee kan, dan bener dong ternyata 31 Desember 2019 mens lah saya, jadi manten baru belom di tutul udah lemes duluan, lagian itu malam tahun baru jadi dekem di rumah ajah sama keluarga di Sidoarjo. Selama mens yaa paling cuma di rumah, masih terima tamu yang dateng buat bowo di rumah gitu, terus jalan-jalan tipis di Sidoarjo ajah, ngak sempet hanimun rek, dapet 5 hari setelah nikah ke rumah mertua di Malang gitu buat acara "sepasar" yaa kayak 5 hari setelah nikah, adat jawa begitu lah.  Berhubung pertama kali jadi mantu ke rumah mertua jadi yaa kalem abis yee kan, dan kebetulan setelah nikah yaa sudah langsung tinggal dirumah kontrakan di Pandaan dengan segala aktifitas serba biasa ajah.

Ini masih awal, belum drama kehamilan :p


Terus di rumah kontrakan ngapain ajah??

Berhubung sudah status IRT aka Ibu Rumah Tangga anggap saja dirumah sendiri meskipun masih kontrak, jadi yaa lebih leluasa kalau dirumah sendiri, mau masak yaa masak, mau beberes yaa beberes, mau bangun siang yaa silahkan, ngak sempet nyuci yaa monggo dilaundry yee kan, yutuban seharian dikamar ngak ada yang ngelirikin "Hapean teroooss", ngak ada yang ngobrak bangun pagi, pokok nya kita sendiri yang maintenance mau ngapain ajah seharian dirumah yee kan.

Enak nya langsung hidup berdua semua serba berdua, bikin anak berdua,  mau susah sedih seneng yaa berdua, mau indehoi juga ngak ada yang gangguin, atau waswas nanti ada yang ngintipin :p
Lagian setelah nikah udah "incip" rasanya begituan "oalah gitu toh rasanya" kirain macem gimana-gimana gitu, maklum waktu masih deket biasanya kan ada deg-deg ser gimana gitu, ternyata setelah menikah deg-deg ser nya beda.

Nah sebulan pertama pernikahan rasanya masih "adaptasi" sampai hari ini pun juga masih "adaptasi" sama lingkungan dan keadaan yang ada sih yaa, kan tiap perasaaan manusia itu berubah-ubah jadi kudu lebih ngertiin pasangan juga apalagi hidup berdua doang dan posisi lagi hamil jadi lebih "Sensitif" dari biasanya.

Sebenernya kalau lagi isi hamil itu udah feeling, terus mood makin swing, sering nangis ngak jelas ke suami tiba-tiba ngambek gitu tapi terus nanti senyum lagi, happy lagi, dan boleh dibilang porsi makan makin menjadi-jadi lho waktu itu dalam sebulan pertama pernikahan, masih belum ngeh kalau hamil cuma feeling ajah gitu.

Pas tanggal 31 Januari 2019 sempet testpack pakai beberapa alat testpack itu masih samar banget hampir ngak keliatan juga ini samar apa ngak yaa nama nya juga baru pertama kali pakai dan kasih tunjuk suami, katanya"Udah sabar tunggu dulu ajah semingguan lebih yaa"

Pandaan, 8 Februari 2019 

Masuk hari ke 8 udah ngak sabar kan, testpack lagi dipagi hari karena kadar HCG dalam urine ibu hamil muda itu tinggi. siapin 4 merk testpack mulai dari yang murah 2ribuan yang ngak bermerk, onemed, akurat sampai sensitif gitu, dan hasilnya jeng jeng jeng jeng.... 3 tampak jelas banget, yang merk sensitif malah samar gitu, antara happy tapi masih was-was terus bilang suami sama ibu dong yaa, katanya disuruh cek ke dokter kandungan obgyn.

8 Februari 2019


Berhubung dipandaan dokter kandungan belum tau siapa dan bagus yang mana, cari di google susah banget dapet review nya, jadilah tanya beberapa temen nya mas yang istrinya udah pernah hamil dan cek ke obgyn, nah awal itu cek ke RS Medika ke dr Rudi, dokternya temen sampai lahiran, tapi antri nya Masha Alloh, udah antriannya panjang, terus nunggu ada lahiran secar 2 orang, yang harusnya masuk dari jam 8 pagi itu nunggu sampai jam 11 lebih dan masuk ke dalam ruangan di cek pakai USG Transvaginal yang cek nya dari vagina karena kehamilan masih muda banget biar keliatan langsung bentuk kantung dan janinnya ada atau ngak.

Alhamdulillah kantung janin sama janinnya keliatan usia nya sudah 3mingguan gitu katanya dokter, cuma emang ngak bisa tanya konsultasi gitu paling masuk ruangan ngak sampai 5 menit udah keburu cepet-cepet gitu deh dokternya, menurut saya itu yang membuat kurang nyaman kalau ibu hamil awal dan muda gini kan butuh advice dari yang ahli yaa kan.

Cuma beberapa saran dari dokter :
1. Ini kehamilan muda sampai 3 bulan ngak usah berhubungan badan dulu, karena rentan keguguran
2. Hindari perjalanan jauh, apalagi naik motor sering-sering
3. Hindari makanan yang bersoda, nangka, nanas, durian, tape yang bersifat "panas" untuk kandungan

Standar gitu ajah sih saran dari dokternya, jadi yaa kayak kurang lego gitu lho, karena yaa mungkin sudah kemakan waktu nolong lahiran sc dan ketambahan atriannya buanyak pasien bumil nya yee kan. Yaa sudah akhirnya memutuskan buat selanjutnya periksa ke bidan cari yang deket rumah, tanya tetangga depan rumah yang habis lahiran, bidannya ngak muda banget, ngak tua banget jadi masih enak buat diajakin ngobrol dan diskusi dan enak nya dueket banget dari rumah paling 5menitan dan ngak antri.

Drama Trisemester 1 ini itu buanyak :

1. Ngak doyan Nasi, jadi herannya pulang dari dokter itu badan agak summer, karena kecapekan nunggu kali yaa, terus dirumah istirahat sama minum teh panas, malem nya agak enakan, sejak itu blas ngak doyan nasi, mau itu bau nasi mateng dari magic com, mau itu nasi orang maem jadi jauh-jauh dari nasi sampai kandungan 4 bulan ini.

2. Doyan Tidur
Kata nya hamil ngebo, karena doyan tidur, ngantukan, terus bawaannya muales ngapa-ngapain entah buat beberes, entah buat masak apapun males, tapi anehnya kalau diajakin ayo jalan-jalan ruajin banget langsung mandi, siap-siap gitu, koyok e anak e doyan jalan-jalan kyok ibuk e  :p

3. Sueneng Nempel Suami
Kalau ini aneh banget, seneng megangin hidung suami kalau mau tidur, terus kudu ada suami kalau tidur, kalau pas suami di pandaan dan posisiku di sidoarjo yaa mau ngak mau kudu bawa baju yang habis dipakai suami biar ada bau khas nya suami biar bisa tidur, segitunya kalau jauhan sama suami, aku sendiri yaa heran kok.

4. Senengannya Berubah-ubah
Sebulan pertama doyan sarapan koko crunch pakai susu milo atau ultra itu tiap hari sampai nyetock jajan, terus doyan roti ngemil maklum kan ngak doyan nasi jadi alternatif nya yaa kalau ngak sereal, roti, umbi-umbian kayak kentang, telo, dan juga buah.

Terus pengen Jambu Air buat yang sering liat story instagramku pasti ngeh, ngidam jambu air yang warna putih gitu dan itu bulan maret lagi ngak musim, alhamdulillahnya mama lala (konco plek jaman sma sampai sekarang) lagi pulang ke ndarjo dan ke hokky fruit deket bambu runcing sby toko buah ada jambu air langsung dibeliin dong sekilo masha Allah baik banget yee kan.


Jambu Air
4. Drama Mual dan Muntah
Apalah bumil tanpa mual dan muntah yee kan, berhubung tadi ngak doyan bau nasi apalagi lihat nasi jadilah setiap liat nasi itu mual, kalau bau nasi baru mateng dari magic com bisa kabur ke kamar biar ngak bau kalau ngak gitu mual, muntah alhamdulillah ngak begitu parah cuma kalau bau yang sensitif ngak enak mesti muntah, kayak bau kelek orang lain pas jalan di moll, kalau laper mesti muntah huek ajah ngak ada yang dikeluarin.

Menurut tubuh ibu hamil awal itu adaptasi ada makhluk hidup baru yang masuk ketubuh dan lagi berkembang jadi kalau mual muntah dan sering ngerasa ngak enak badannya yaa wajar. Pokok terus diminum vitamin dari dokter atau bidan nya, sama oles minyak zaitun buat di perut mulai dari awal kehamilan.

5. Masih suka naik motor
Berhubung dasarannya suka naik motor jadi yaa selama hamil muda masih beberapa kali riwa riwi Pandaan ke Sidoarjo atau Sidoarjo ke Surabaya  naik motor sendiri, emang bedanya lebih cepet capek sih yaa jadi kalau capek yaa mampir ke alfa ata indo gitu buat beli minum dan duduk sebentar, ngak terlalu ngoyo juga naik motor ngak ngebut juga jalan biasa.

6. Wajah Glowing
Percayalah selama kehamilan sampai saat ini nulis itu juarang banget pakai skinker, karena males dan karena ngerasa wajah udah glowing ajah ngak diapa-apain, terus rambut dan kuku kayak lebih berkilau gitu dari biasanya. Skinker mentok bersihin wajah pakai micellar water, cuci muka, sama pakai sunblock. Dandan itu sebatas datang ke event atau buat foto produk, selepas itu yaa muales banget dandan mentok pakai liptint dirumah biar agak segeran dirumah diliat suami. Oiyaa selama hamil muales banget mandi, sehari sekali itu udah bagus banget.

7. Makin disayang suami
Berhubung lagi hamil itu suami makin sayang, bukan apa-apa diturutin lho yaa, cuma suami makin pengertian kalau rumah belum sempet beberes dibantuin beberes cuci piring kek, nyapu kek, kalau ngak sempet cuci baju yaa di laundry, kalau udah rumah tangga dibantuin begituan kalau pulang kerja atau pas libur dirumah itu sweet banget deh, sweet nya udah beda bukan dikasih bunga sebucket, kalau dikasih coklat sama boneka guede masih mau kok :D

Alhamdulillah menikmati tiap hari perkembangan dedek di perut itu sesuatu banget, paling kalau pengen sesuatu itu yaa makanan bukan sesuatu yang aneh-aneh juga, sebisa mungkin diturutin kalau emang ada, dan setelah selapan alias 4 bulanan ada sesuatu hal yang aneh diperut rasanya "gremet-gremet" tak kirain aku laper terus cerita dong ke ibuku, lha itu ternyata bayi nya lagi bergerak, masha Allah gerakannya awalnya gremet kayak geli gitu lama kelamaan kerasa banget kayak ngajakin main dari dalam perut, makin malem makin aktif dan lucu ajah ada yang bisa diajakin komunikasi dari dalam perut.

Pokoknya kudu banyak belajar dari bidan Yessie dari bidan kita itu buanyak ilmunya buat Gentle Birth, belajar juga afirmasi positif dari bidan dan doula Jamila Mila gitu seru deh hari gini banyak banget ilmu yang bisa diambil dari mana pun, mau belajar yoga kehamilan dan mikirin mau maternity dan babymoon kemana yaa enak nya, semoga ada rejekin kedepannya dan akan mudik ke malang pucuk naik motor sama bojo, kali kedua kerumah bumer kondisi hamil kurleb 5bulanan yaa kan pas lebaran ini.

Udah aah curhatnya panjang banget, lagian ini buat kenangan masa kehamilan dan akhirnya diumumin juga, semoga tiap bulan bisa foto perut dan update kehamilan yang makin gede dan makin melemu. BTW kemarin pas ngak mau nasi itu bisa turun BB sampai 8 kiloan lho, ini diet alami no rice :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar