Museum House of Sampoerna

15.22

Museum Rokok House of Sampoerna, sebuah produk rokok khas Indonesia, tertua dan terbesar. Pada tahun 1913 ada seorang imigran asal cina, yang bernama Liem Seeng Tee, yang memulai usaha rokok kretek hasil tangannya sendiri dirumah nya di Surabaya. Waktu demi waktu dilalu dengna kerja keras memproduksi, memasarkan rokok kretek pertama. Setelah berhasil mengembangkannya, Sampoerna berkembang menjadi salah satu perusahaan ternama di Indonesia.

Terletak di "Surabaya Lama" yang pucuk deket sama tanjung perak, eeh ndak begitu deket seh cuma cukup jauh kalau dari keputih apah lagi dari bluru. Walaupun niar bukan perokok, boleh dong main ke museum rokok nya House of Sampoerna.

Megah toh Gedung Museum House of Sampoerna

Masuk disini semuanya GRATIIISSS tiss tiss, mulai dari parkir, masuk ke museumnya atau pun mau ikutan tur Surabaya Heritaga Track (SHT) keliling kota tua surabaya pake bis khusus serasa orang penting gitu, hihihihii :D Kalau masuk cafe nya gratis, tapi pas pesen makannya yaa mbayar lho yaa dulur.

Oiyaa buat masuk museum rokok nya House of Sampoerna, harus wajib punya KTP jadi, diatas 17 tahun yang boleh masuk, kalaupun anak kecil harus di dampingin orang tuanya biar ndak bikin heboh di dalam museum. Berhubung baru 17 tahun keatas, jadi boleh masuk ke sono.
penjaga pintu nya jangan diliat :p
Jalan-jalan gag lengkap tanpa foto-foto, walaupun lagi kucel karena emang gag rencana kesono, tapi pengen banget main sono dan ada temen nya jadi deh ke sono sehari setelah hari istimewah #ehh. Oiyaa semua foto ini nya mase, niar pinjem dulu yaa mase, makasih foto-fotonya bagus semuanya, besok-besok jalan-jalan lagi yuk :D

Masuk museum nya, satu kata bauunya tembakau banget, yaa iyaalah namanya juga museum rokok. Didalemnya ada berbagai macam jenis tobbaco alias tembakau di Indonesia banyak jenis dan wanginya beda-beda. Baunya ada yang nyengat banget gitu waktu nyoba di cium tembakaunya, dibuat rokok opoh yaa ndak makin sesek yaa di dada yaa :D

Sok cium tembakau padahal gag kuat tuh wanginya :p

Didalemnya banyak banget foto-foto jaman dulu, terus yaa ada sepeda onthel yang juaduul banget, sebagai salah satu bukti kalau ikutan menjadi sejarah kesuksesan perusahaan, ada banyak pula pajangan mulai dari alat marching band dan bajunya yang kayak di bungkus kue monde itu lho. Oiyaa ada juga koleksi bungkus rokok, bungkus korek api jaman bahoela, hihiihi seru masuk sini.

Koleksi bungkus korek api :D



Pendiri Sampoerna dan Istri


Koleksi foto nya banyaaakkk #narsis yaa beliau :D

Oiyaa ada juga alat cetak, plat jaman dulu yang buat rokok kretek tangan sendiri, sampai sekarang bikin rokok juga masih pake tangan wanita yang kokoh, setiap hari kerja lebih dari 400 wanita melinting rokok dengan kecepatan kurleb dari 325 batang rokok per jam, wow keren kan.
plat buat cetak 1 2 3

Plat cetak Kuno yang benar2 kuno :p

Berhubung waktu niar main kesono hari minggu jadi lah tak ada pekerja wanita yang sedang melinting bungkus rokok, kalau pun ada pekerja nya gag boleh difoto bok, iih pelit lho di lantai 2 ada shop yang jualan pernak pernik gitu jadi gag boleh difotoin -_-






Banyak poster yang biasanya buat iklan rokok, yang terkenal kan Dji Sam Soe itu lho, iklannyakan seru abis toh yaa. Kreatif banget bikin iklan plus poster nya yang keren-keren jadi betah banget buat foto-fotoan di sono, bener-bener keren lightingnya juga keren pas buat foto-foto :D

Ayoo inget poster ini gag ??
Motoin pasangan di warung property :D
Nyelipin satu gambar di gedung sebelah museum rokok, yang satu ini gedung khusus tempat galeri seni yang unik, nyentrik dan emejing, hihihi lebay yoo wes ben. Kemarin pas kesono tempat nya seru-seru, barang-barang2 nya juga unik2, plus di lantai dua tempat nya buat foto-foto keren, apah lagi buat prewed  #ehh.


Ini bukan mickey mouse



Buat yang mau main ke Museum House of Sampoerna bisa langsung cap cus :

Taman Sampoerna 6, Surabaya, Indonesia
Telp : +62 31 353-9000
Fax : + 62 31 353-9009
Buka tiap hari dari jam 09.00 - 22.00 WIB :D

atau kunjungi langsung di www.houseofsampoerna.museum

You Might Also Like

47 Cuap-Cuap

  1. seru ya ternyata,takut jadi artis kalo yang ngelinting rokok di foto nduk... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, iyaa mungkin kale mbak hanna, ayoo kesini mbak :D

      Hapus
  2. Seru banget ya kalau bisa ke sana. Gratis pula.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dong om indra, apah lagi di temenin sama mase :D


      salam wisata museum :D

      Hapus
  3. Jadi kak niar enak ya jalan jalan terus. Mau donk diajak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha itu jalan2nya udah lama cuma baru post ajah :D

      Hapus
  4. mau donk kesana. seru banget deh ya. :ngiler

    BalasHapus
  5. yang punya china ya, mba? jadi penasaran pengen liat langsung foto2 di dalem museum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mbak ila, tulen asli dari sononya :D

      ayoo main2 surabaya mbak ila :D

      Hapus
  6. Di warung itu pasangan siapa dan siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. antara wanita dan pria yang menjalin cinta menjadi sepasang kekasih, yang jelas aku bagian foto doang, wong orang nya pengunjung di museum itu juga mbak yun :D

      Hapus
    2. Kak kalo anak yang belom punya KTP bole masuk untuk sekedar foto² gak kak.
      Minta infonya dong

      Hapus
  7. Temen aku pernah prewed disini, baguus bgt emang niar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh kalau prewed disitu katanya mbyar mbak kania :D

      gag diraguin tempatnya baguuusss :D

      Hapus
  8. Setahun yang lalu kalo gak salah saya mengunjungi ini sama Pakde, Yuni dan suaminya. Sangat menarik melihat perjalanan sejarah dari kebesaran Sampoerna. Jadi pengen ke sana lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo om kesini lagi foto2, heheheh bareng2 sama pakdhe, mbak yuni juga :D

      Hapus
  9. Aku ke situ pertama kali pas SMA, gak pake KTP tuh masuk-masuk aja hehehe.
    Udah tiga kali ke sana, gak bosen-bosen.
    Keren lho pekerjanya pas ngelinting, cepet banget kayak robot -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuuuiihh sma udah ke sono yaa, niar mah sma ndak pernah blusukan sampek jauh2, hihi :D

      ayoo main sbya jalan2 sono lagi mbak, iyaa itu kayak robot ngelintingnya, karena terbiasa kali yaa :D

      Hapus
  10. baru tau klo di Surabaya ada museum nya sampoerna :D
    aduuh, knapa aku bnyak ga tau tempat2 wisata ni --"

    oke dh masukan dlm list wisata, arigatou :D

    BalasHapus
  11. wehehehehe :) si #GadisTembakau

    BalasHapus
  12. Owalah baru TAHU aku Mbk.

    Nanti pas pulang ke Surabaya, saya juga kepengen kesana ahhh...

    BalasHapus
  13. expresinya jadi keren kalo di poto dengan background yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa mbak vina, ekspresinya keluar :D

      Hapus
  14. uhukk., uhukk..
    *batuk kena asap*

    wah., saya belum pernah ke sana. yang sudah pernah ke sana kakak saya.
    waktu itu dia dan teman2nya berkunjung setelah prosesi wisuda.
    katanya sih bagus..
    kapan2 ke sana ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah kenapa moment habis wisudanya kok sama yaa, coba sana baguss lho :D

      Hapus
  15. explorasi obyek wisata di sby..mantab. Ini ulasan blogeg yg kedua yang ta baca ttg house of sampoerna.

    #saya kapan ya ke sana

    BalasHapus
  16. jalan-jalan muli nih mbak..bikin Envy aja sih -___-
    kpan ya bisa jalan2 bebs seperti waktu2 lalu..
    sekarang jalan2na cuma di blog #blogwalking..
    klo jalan lagi ajak2 a :))

    salam EPICENTRUM
    wait for visit :))

    BalasHapus
  17. Terimkasih mba arikel nya !!!!! saya tunggu update selanjutnya !!!! HEEHEH

    BalasHapus
  18. berarti anak2 gak boleh ke sini :)

    BalasHapus
  19. Whaaaaa aku ga diajak sama Niar...

    BalasHapus
  20. bagus juga buat poto2 ya Niar.. apalagi gratis tis.. eyke paling demen dah :D

    BalasHapus
  21. Mau donk diajak oleh niar ningrum. hehehe

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Wuih.. boleh nih dicatet sebagai tempat yang bakal dikunjungin kalo ntar aku ke Surabaya lagi :)

    BalasHapus
  24. Niiiaaaar...waduh, saya malah belum pernah ke museum Sampoerna ini lo, kalo Risa pernah, dulu waktu perpisahan SMA sama temen-temenny...hehe, perpisahan kok di museum yaaaa :P

    Apa kabar, Niar?
    Trima kasih informasinya tentang museum ini, mudah-mudahan kuliah Niar juga lancar dan diberi kemudahan oleh Tuhan.
    Aamiin...

    BalasHapus
  25. Tante Elsa sudah pernah kesana...
    Dija gak diajak
    hiks

    BalasHapus
  26. gak makan di cafe nya?
    di sebelah museum itu...
    kan keren cafe yang di bawah pohon rindang
    di dalam gedungnya juga gak kalah keren

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Eh, saya baru tau lho ada museum tembakauan kek gini. :)
    Disitu ada tulisan berisi himbauan atau larangan2 merokok gak, Niar. Hihihih

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com