Bandeng Presto Khas Sidoarjo

00.53

Bandeng Presto Sidoarjo ala Niar Ningrum. Ups...judulnya ala Niar Ningrum segala kayak niar mau masak yaa, padahal niar ndak  jago masak lho, tapi kalau masak yang kecil-kecil masak air, mie, nasi goreng bisa lah yaa, kalau masak bandeng presto, huaah angkat tangan kayak ditangkep pak polisi :p

Dari kecil udah pindah di Sidoarjo rasanya terasing banget dan jauhh gitu sama Surabaya. Pindah di Sidoarjo mulai TK tapi yaa gitu tiap weekend ke Surabaya ke rumah nya eyang, ngerasa kalau sidoarjo itu ndak seru banget, kurang asyik, ndak ada mall #jaman dulu lho, ndak enak-enak makanannya, ndak ada pariwisata, pokoknya dulu ndak suka sama kota kecil pinggiran Sidoarjo.
Nah itu dulu, lain cerita kalau sekarang mah seneng banget dan cinta rasanya pingin jadi duta pariwisatanya biar bisa gembar gemborin wisata, kuliner, potensi daerah yang ada di Sidoarjo, ndak cuma yang terkenal Lumpur Lapindo, hahahahaha :p. Sekarang mah tiap hari pp Sidoarjo -- > Surabaya, Surabaya -- > Sidoarjo dari pagi sampek malem kerasa capeknya untung kok pake bity, ndak enak, kalau ndak pulang kerumah itu kurang nyaman, enak tidur di kasur sendiri dirumah #empuk.

 ***

Walaupun dari kecil ndak begitu interest sama Sidoarjo, ada satu makanan yang menurut niar tuh bikin ketagihan dan bakalan ngabisin banyak nasi putih pulen yang masih anget yaitu Bandeng Presto.

Sapa mau incip?? #bikin ngiler :p


Dibelakang rumah niar tuh ada yang produksi sendiri jualan Bandeng Presto Bu Gio yang enak banget, rasa bandengnya, tekstur dagingnya bisa pas mak mpusss #bayangin dagingnya empuk banget, terus sambelnya pake sambel bajak yang pedesnya naudubilla mindalik bikin orang merem melek gitu #mirip iklan ditipi yaa.

Bandeng presto tuh banyak yang jualan di Sidoarjo, mulai dari  home industri, sampek yang toko besar khusus jual bandeng presto deket RSUD Sidoajo. Lagian kan salah satu potensi di Sidoarjo tuh banyak banget tambak, semacem kolam ikan di tanah yang luas banget jarak dan ukurannya, nanti di dalem nya ada bandeng , udang tambak, terus tombro, mujaer, wes banyak banget deh tinggal milih. 

Icon kota Sidoarjo dari Udang dan Bandeng , jadi ndak heran kalau di Sidoarjo  terkenal sama Bandeng bandeng fresh, ada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) juga lho di Sidoarjo khusus pelelangan Ikan segar dan Bandeng. Bahkan TPI sudah pindah tempat yang lebih luas di daerah Lingkar Timur yang makin luas banget dan banyak yang jualan, niar sama ayah, ibu, adek kalau minggu pagi cari beyes biasanya di TPI, beyes itu kepiting kecil-kecil yang gelembosi, cangkangnya belum keras jadi kalau di goreng pake tepung krispi banget :D


Back to topic, si bandeng tuh entah gimana cara memasaknya sama master chef, yang jelas di masukin alat presto biar empuk tuh duri-duri kecil yang biasanya bikin sereten di tenggorokan. Waktu niar beli di bu gio belakang rumah tuh siap makan ajah, ini dia yang bikin nikmat sambelnya puedes naudubilla mindalik, plus harganya yang relatif murah tergantung ukuran bandeng dan berapa jumlahnya.

Di rumah bu gio, minggu pagi jam setengah 6 an biasanya :

'Bu gio, pesen bandengnya 2 bungkus yang 20 ribuan yaa bu yang gede gede, sambelnya pisahin yaa bu?'

'Iyaa mbak niar, mau dibawa ke surabaya lagi toh?'

'Iyaa bu gio, lha wong kalau ke surabaya mesti pada minta bawain bandeng presto'

'Ndak nambah kerdusnya tah mbak, mumpung masih minggu pagi ini sebelum kehabisan'

'Yee bu gio bisa ajah deh, ndak wes bu, 2 bungkus ajah cukup'

'Yaa wes tunggu yaa mbak tak bungkusin dulu yaa'

Sembari nunggu bungkusin pesenan niar, tak ajak ngobrol juga deh biar nambah ilmu :D

'Bu, kalori ne bandeng tuh banyak tah bu?'

'Yaa banyak toh mbak, kan ikan salah satu sumber protein buat tubuh, apah lagi bagus buat anak kecil, nah masalah jelasnya berapa angka kalorinya cari di google ajah deh mbak, wong jualan gini ndak ngitung kalori sing penting masakanan enak, laris, bersih dan banyak peminatnya'

'Iyee bu malah suruh cari sendiri, nanti niar cari deh carinnya, untung yaa di presto, coba ndak dipresto wes niar ndak mau makan, wong duri nya kecil-kecil mana tifis banget, bikin sereten di tenggorokan bu' sambil ketawa nya kecil kecil, hihihihihihi.......

'Hahahahahaha, mbak niar kalau ndak dipresto yaa ndak jadi bandeng presto, jadi bandeng bumbu bali tuh banyak durinya' sambil nyerahin bungkusan bandeng presto plus kembalian duit niar.

Menurut pencarian di google, 1 porsi = 138 kalori , Amazing udah enak plus kalorinya banyak, berhubung bukan orang nutrisian jad tiap makan ndak ngitungin kalori, ndak tau seh cara ngitung kalorinya,  padahal pingin banget belajar ngitung nutrisi tiap makan biar terjaga nutrisi di dalam tubuh, hehehehe #jujur banget yaa :D

Bandeng presto salah satu lauk kopdar, abaikan foto trio chibi brand new day :p

Selain jadi makanan lauk makan sehari  hari, bandeng presto bisa juga di jadikan hantaran ke saudara ataupun kerabat, terus jadi lauk di kerdusan orang manten, atau jadi salah satu lauk di buat tumpengan lho. Oiyaa jadi salah satu lauk waktu kopdar juga lho di rumah nya pakdhe kapan lalu.


'Kopdar ora mangan, rasane kecut' :p 

Ini lho Bandeng Presto makanan khas Sidoarjo, kalau dikota mu ada makanan khas apah? Kasih tau dong? biar saling mengerti dan mencintai Budaya Kuliner Indonesia :D

Tulisan ini diikut sertakan dalam kontes Jelajah Gizi


Sapa tau bisa jalan-jalan ke jogja gratis dan nikmati kuliner jogja, sekalian refreshing dengan segala aktifitas bejibun tiap harinya, syukur lagi dapet pasangan orang jogja, xixiiixixi :D

You Might Also Like

54 Cuap-Cuap

  1. maknyuuusss prestone niaar... saya rada susah nemu presto disini, ada yang bersedia ngirimmm??? hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak meilya pertamax niyee, mbak meilya jauh banget tempatna , hehehe

      Hapus
    2. Hi hi wah Bandeng Presto saya suka sekali. Biasanya saat ke Semarang atau Jogjakarta selalu saya sempatkan untuk icip icip Bandeng Presto atau dibawa pulang sebagai oleh oleh. Semoga menang kontesnya ya.

      (You may call me "Kang Asep" secara itu panggilan sehari hari saya hiheihiehiehiehiehihee).

      Hapus
  2. Mau donk icip icip...
    mana lagi laper ginih..

    BalasHapus
  3. aku juga suka bandeng presto.
    Nasinya anget plus sambel.... sedaap...

    semoga sukses ngontesnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikk, teerus pake teh anget, makin ajib :D

      makasih bunda :D

      Hapus
  4. Jangan lupa kirim ke Jakarta ya Niar ! Paling nikmat dengan nasi panas yang pulen ditambah sambal. Hm......

    Sukses selalu

    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh mau dong om, sambil makan bareng wah mantap itu :D

      Hapus
  5. Asiiiik, mau sama arek jogja yooo Niar...

    Eh eh, enak bgt kayak nya bandengnya... Aku pernah kapok makan bandeng. Katanya di presto, eh tau nya tidak sama sekali. Langsung ketulangan, batuk2, sakit tenggorokan... Hiks, sakit bgt saat ituh... Tp waktu beli ikan bandeng asli dr Semarang, ikan bandengnya presto aseli. Gede. Seneeeeeng bgt waktu itu. Terobati semua sakit yg pernah terjadi. Alhmd... Dendeng PRESTO memang mak nyuuuuuus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh, iyaa durinya kecil2 mana tifis2 tuh mbak cici jadi males kalau ndak di presto :D

      Hapus
  6. ya ampun liat bandeng melambai2 jadi gak konsen aku niar, mau dong lemparin satu bandengnya ke jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. bandeng melambai2 kayak orang ajah yaa om ;p

      siep2 mau berapa karung :p

      Hapus
  7. enak niar. kirimkan hima satu dong bandengnya ke makassar ^^

    BalasHapus
  8. hehe, klo aku kurang suka makan bandeng, kadang ada yang amis bgt dan bikin mulut gatel..
    klo purwokerto terkenalnya mendoan, sama kripik tempe, xixixii

    BalasHapus
  9. ".. cari di Google aja deh mbak .." Bu Gio keren dah! kira2 bisa pesen bandengnya via online ga?

    BalasHapus
  10. tambah nasi hangat, sambel & lalapan.. Mantaaaapppp.. Bisa berkali2 sy nambah :)

    BalasHapus
  11. ngontes to Neng...
    Presto mancen maknyus Neng...
    jangankan prestonya, telur yg ngebalut tu bandeng aja udah enak...
    sukses kontesnya ya Neng...
    dadi pingin muleh aku rek.

    BalasHapus
  12. HOreeeee...ternyata aku tho yg masak bandeng presto pas kopdar di GAlaxy itu....#ngaco polll...mksdnya ngabisin ding.

    Sip deh, smoga kita menang bareng jd bisa punya pengalaman mbolang bareng deh....#mauuunya banget!

    BalasHapus
  13. nggak tahu kenapa, sampai sekarang bandeng dan iwak pindang membuat saya selalu merasa mula kalo makan. Mungkin karena saya tipe orang gunung yang sukanya justru iwak pedho iwak asin dan iwak peyek sego thiwul hhh
    Semoga menang ngontesnya Mbak Niar, salam sama Bu Gio

    BalasHapus
  14. enaknya bandengnyaaaaa...... #ngences

    BalasHapus
  15. woowww bandeng
    ya emang khasnya sidoarjo, kan emang tempatnya banyak tu disana, banyak tambak pula, dan banyak tempat industri pastinya hehehe

    BalasHapus
  16. Saya sebenarnya berkenalan dengan bandeng presto baru baru saja.. artinya bukan makanan disajikan dirumah dari kecil... Tapi pertama kali coba.. langsung suka... dan untuk khas sidoarjo belum pernah coba... jadi mba niar bisa kirim kirim ke sini ya... :)

    BalasHapus
  17. jadi lapppeerrrr.... lihat bandeng presto, padahal maghrib masih lama, hahaha... (Mbak Niar tanggung jawab)

    Semoga ngontesnya sukses ya, Mbak.

    BalasHapus
  18. Hmm.. bandengnya bikin merem melek selagi bayangin mak mplus, empuk'e rek.. :d

    BalasHapus
  19. wah Presto nih nanti tulang bandeng yang krepes kalau semua di presto kayak tulang ayam dll nanti orangnya bikin ikutan ke presto kayak bandeng nggak ada efek gtuh mbak Niar Ningrum

    BalasHapus
  20. Asik. ..
    Kapan2 bakal dapat bandeng nih kalau ke surabaya. wkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Udah telat ya??
    padahal dulu mau ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak di bales, bales sendiri ah

      Hapus
  22. doyan bandeng presto..., tapi belum pernah nyoba yg Sidoarjo punya..
    nyicip ah kalau jalan2 ke Jatim, insya Allah

    BalasHapus
  23. saya pernah juga merasakan bandeng presto ini. yang pedas enaakk banget deh!

    BalasHapus
  24. mantabs artikelnya tapi jangan lupa kalau mau cari kost kesini yah

    BalasHapus
  25. Rohis Facebook mengucapkan..

    Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    *smile

    BalasHapus
  26. foto bandeng prestonya bikin ngiler :)

    BalasHapus
  27. saya juga penggemar bandeng presto, dan cuma dipresto :D klo mentah2 dibumbui apapun emoh aku :D

    kapan2 posting yg UDANG khas sidoarjo dong Niar, diapain tuh makanya bisa terkenal? Terus klo kirim ke Jkt gitu apa mereka ngelayani? :D *niat banget nih nanyanya*

    semoga berjaya di kontes ini ya Niar

    BalasHapus
  28. Kalau di Jawa Tengah, Bandeng Presto yg paling terkenal adalah produk Juwana

    BalasHapus
  29. Bandeng itu ternyata lebih banyak gizinya daripada salmon looooh! Waktu itu ngebahas soal ikan di TV. Jadi pengeeeeeen!

    Mdh2an menang ya Niaaar!

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    semoga sukses dalam lomba ya :)
    Wassalam

    BalasHapus
  31. kalo gue ganteng presto! bhahahaha

    BalasHapus
  32. hmm.. presto itu.. tulang ikannya bisa dimakan ya mbak.. empuk gitu..

    BalasHapus
  33. itu oleh favorit aku kalau ke sidoarjo,malah kadang suka beli online kalau lg ingdam banget :)

    BalasHapus
  34. Foto Bandeng prestonya bikin ngiler nih...

    BalasHapus
  35. Iwak bandeng mlebu meteng....uenake rek!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wenak opo maneh ratu (Ra tumbas ) :p

      Hapus
  36. saya belum pernah coba nih :)

    just dropping by to sy Hi :)
    Have a nice weekend ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh deh pesen ke niar lho mas rian :D

      Hapus
  37. kapan2 boleh dong di kirim bandeng prestonya ke jepara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 ajah tinggal, wani piro :p hahahahahaa

      Hapus
  38. Dija suka...
    tapi yang gak pedes

    BalasHapus
  39. Wah kayanya enak ya Bandengnya... tapi ga suka sambelnya pedas... hehehehe

    Saya suka Ending tulisannya Niar ini smg dapat orang Jogja dan menang kontes... Amiiiiiiiiiiiiin :)

    BalasHapus
  40. Mbak niar,mestinya belajar bikin bandeng presto.aku dulu juga gak bisa,alhamdulillah sekarang banyak dipesenin tetangga

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com