Nutrisi Tepat di Awal Kehidupan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

07.16

Sebagai calon ibu buat anak yang lucu-lucu saya berkesempatan buat bisa ikutan acara NutriTalk tentang "Early Life Nutrition : Dasar-dasar dan Pedoman Praktis Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak dengan Alergi Protein Susu Sapi" yang di selenggarakan oleh Nutri Bangsa pada 31 Maret 2016 di JW Marriot.

Dateng kesana saya kira sudah telat 10 menitan ternyata masih baru datang dan ada 3 both yang kita dateng bisa keliling di 3 both tersebut, 1000 Hari Pertama, Mengenal Alergi Terhadap Anak dan both dari Alergianak.com. Kita dijelaskan dengan sangat jelas di setiap both nya, seperti di 1000 hari pertama, ternyata 1000 hari itu di hitung dari awal janin terbentuk sampai anak berusia 2 tahun, dan perkembangannya harus di jaga untuk supaya tidak terjadi alergi terhadap protein susu sapi.

Mc nya ayu begini, kebanting rek
Oiyaa setelah dari 3 both tersebut saya menukarkan stempel dan dapat payung plus flashdisk dari alergianak.com, alhamdulillah buat save skripsweet tau ajah kalau butuh flashdisk baru. Waktu masuk ke venue nya, ada mbak cantik dan sekelebatan liat itu ngajakin masuk toh, ternyata dr. Lula Kamal yang ramah dan cantik banget, terus waktu mau ngajakin selfie, katanya nanti yaa setelah acara selesai. Mc satu ini beneran aktif sama dokter ataupu penonton, ramah, cerdas, baik pula,cantik bingit.

Nutritalk untuk kali ini pembicara nya dari ahli DR. Dr. Anang Endrayanto, SpA(K) Ahli Alergi Imunologi dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga RSU Dr. Soetomo

Dr. Anang akan memberikan ilmu Manajemen Terpadu tentang Alergi, jadi alergi itu ada banyak macam modelnya mulai dari Alergi Reaksi dari Makanan, Debu atau Bulu Binatang yang mana akan dijelaskan biang dari alergi itu bermula dari Alergi Protein Susu Sapi. Oiya ada lho "bakat" alergi nama nya Atopi : "bakat" alergi yang diturunkan oleh satu atau kedua orang tua.



1 dari 12 anak memiliki risiko alergi protein susu sapi, dan 1 dari 25 mengalami alergi protein susu sapi. Jadi alergi bisa di deteksi dulu, ini alergi atau terkena infeksi, jadi menurut Dr. Anang itu ada cara efektivitas untuk menanganin bayi alergi itu ada 3 :

1. Kemampuan Deteksi Alergi ?? jadi bayi ini alergi atau tidak?
2. Kemampuan Deteksi Jenis Alergi ? jadi bayi ini alergi terhadap apa?
3. Kemampuan Mengontrol Jenis Penyebab ? jadi bayi ini harus di apakan?

Kalau masih bingung menjawab pertanyaan Dr. Anang di atas boleh lho di jawab pertanyaan berikut :

Apakah saja Keluhannya? Eksim/Batuk/Pilek
Bagaimana Ciri Gejalanya ?  Eksim/Batuk/Pilek

Coba dijawab dulu :D
Hayuk lanjut di jawab lagi berikut apakah masih Alergi atau Infeksi yaa bayi nya.

Alergi ngak yaa

Untuk menentukan alergi pada makanan tertentu, bisa di lepaskan kurang lebih 3 minggu untuk melihat perubahan tubuh masih alergi kah, setelah dilihat dalam 3minggu tanpa alergi, dicoba lagi untuk makan tersebut sekitar 1 minggu berturut-turut kalau alergi itu muncul dalam hari ke 7 berarti bisa bilang alergi tersebut terhadap makanan. Lebih jelasnya bisa di test ke dokter ahli nya.

Test nya begini modelnya :D

Jadi setelah membahas cara tau alergi gimana seh, dan ini salah satu biang dari berbagai macam alergi yaitu Alergi Protein Susu Sapi, kenapa? karena protein susu sapi banyak banget model molekul dan jenis nya, dan penyakit alergi bisa timbul karena sistem imun anak memiliki sensitivitas yang berlebihan terhadap protein asing. Anak dengan resiko alergi protein susu sapi akan memberikan reaksi abnormal terhadap asupan nutrisi yang mengandung protein susu sapi karena interaksi antara satu atau lebih protein susu dengna satu atau lebih mekanisme kekebalan tubuh. Kalau sudah ketahuan Alergi Protein Susu Sapi makan harus segera ditangani supaya alergi lainnya muncul.

So lanjut pembicara DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Departement Ilmu kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo lho, menurut beliau Nutrisi dan stimulasi adalah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam membentuk kecerdasan anak pada masa tumbuh kembang dan bagian pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua. Kedua faktor ini harus diperhatiakan dengan baik diperiode sensitif terutama dimasa kritis yang terjadi sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun, pada masa ini anak harus diberikan nutrisi yang tepat yaa bu ibu.

Tumbuh Kembang itu dilihat dari kandungan sampai usia 18 tahun, sampai remaja bu ibu, jadi Tumbuh dan Kembang anak harus balance dan yang orang tau biasanya hanya liat BB (Berat Badan) dan TB (Tinggi Badan), padahal yaa bu ibu Tumbuh dan Kembang beda yaa.

Tumbuh bisa dilihat BB, TB, Lingkar Kepala (LK) 

Kembang bisa dilihat Penglihatan/Pendengaran, Motorik, Bicara-Bahasa, serta Personal Sosial-Emosi.

Nah anak yang alergi bisa di cek terlebih dahulu tumbuh kembang nya mengalami perbedaan kan, ini ada gambaran tentang perjalanan alami anak dengan kondisi alergi, jika alergi bisa menghambat tumbuh kembang anak dan bisa jadi bahan bullying di sekitar rumah ataupun disekolah, padahal yaa bu ibu sakno lho kalau anak yang alergi itu dia sudah berusaha buat tetap "normal" seperti biasanya, jadi STOP BULLYING yaa buibu.

ini lho bu ibu perjalanan nya

Oiyaa buibu, untuk di bawah 2 tahun di cek tumbuh kembang setiap 3 bulan sekali, kalau usia nya diatas 2 tahun di cek tumbuh kembang nya 6 bulan sekali, jadi kita bisa memantau peningkatan tumbuh kembang anak. Setelah selesai para ahli menyebarkan ilmu nya ke yang hadir, jadi kita anak diajarkan untuk cara menghitung cara resiko alergi :

Ayah + Ibu + Saudara Kandung  (kalau saudaranya banyak dipilih salah satu yang terkena alergi) : Nilai Keluarga

Nilai Kondisi : 
0 : Tidak ada riwayat alergi
1 : Di duga terkena alergi
2 : Dinyatakan Alergi oleh tenaga kesehatan

Nilai Keluarga ini 

0 : Tingkat resiko nya kecil sekitar 5-15% 
1-3 : Tingkat resiko nya sedang sekitar 20-40 %
4-6 : Tingkat resiko nya tinggi sekitar 40-60 %

Setelah itu acara tanya jawab, dan ada hadiah, saya suka hadiah, jadi nya waktu Dr. Ahmad Suryawan tanya tentang biang dari semua alergi, saya jawab Alergi Protein Susu Sapi, alhamdulillah rejeki voucher carrefour dapet 200k, terus selesai acara sebelum makan siang ada pengumuman pemenang live tweet  ada 5 orang dan alhamdulillah rejeki lagi dapat voucher carrefour, anak menang ibu senang dan bahagia bisa belanja bulanan.

You Might Also Like

4 Cuap-Cuap

  1. ayo dictata ya niar nutrisi pentin g di 1000 hari pertama kelahiran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa mama lidya penting banget di catet :D

      Hapus
  2. halo mbak, smoga shat slalu, ada yang mau ditanyakan

    terkait artikel mbak, jika ada keluarga yang kebutuhan makan aja kurang, apakah akan berdampak dengan perkembangan anak?
    dan kemudian ada gak solusi lainnya?

    BalasHapus
  3. makasih mbak sudah berbagi informasi, sya share yaa

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com