Nikah itu Gampang : Persyaratan Nikah di KUA Sidoarjo

23.00


Hai semuanya, kali ini mau update buat persiapan pernikahan saya sama mamas sampai sejauh mana sih. Alhamdulillah 80% an sudah diselesaikan. Buat yang bingung persiapan nikah apa saja yaa harus dipersiapkan ?? Syaratnya cuma siji, kalean sinten. kalau dibahas indonesia kan yaa cuma syarat nya cuma satu, sama siapaaa???? Sama  pasangan :p iyaa dong kalau ngak ada yang diajakin nikah terus mau nikah sama sapa buat di daftarin di KUA nya hayoo.

Wes yaa mblo ndak usah cedih, akutuh dulu juga pernah merasa terpuruk ditinggalin nikah pas sayang2 nya sedih kan sih. So seberapa hebat nya ditangisiin kalau ngak jodoh yaa udah ikhlasin nanti dapat yang jauh lebih baik lagi.

Jadi waktu itu sudah tidak sibuk seperti dahulu kala bisa 15jam kerja bagai quda sampai lupa makan siang. Jadi saya lagi langsung cari informasi untuk persyaratan mengurus nikah KUA di Sidoarjo gimana yang gampang dan ngurus sendiri. Alhamdulillah waktu ke KUA Sidoarjo waktu tanya diberi penjelasan begitu emang harus ke kelurahan buat tanya langsung ke mudin nya secara detail.


Berikut ada alur pelayanan NIKAH di KUA kecamatan kota Sidoarjo, sepertinya dikota lain sama kali yaa. Nah ini terpampang nyata guede banget di ruangan buat nunggu di KUA Sidoarjo.

Di save boleh kok


Oke untuk informasi dulu PENTING

3 x 3 kali ini spesial karena foto buat ngurus surat KUA yang mana ideal nya 2 bulan sebelum menikah surat sudah masuk Kantor Urusan Agama (KUA) setempat yaa biar bisa nge jip i tanggal nikahnya, biasanya kan kalau lagi musim nikah tanggal cantik nya pada penuh tuh kayak besok saya mau nikah bulan dan tanggal cantik katanya 😍😍



Begini cara mengurus Surat Nikah di KUA daerah Sidoarjo, share dari sudut pandang CPW (calon pengantin wanita) tempat untuk melangsungkan akad nikah.


Pose begini boleh masuk KUA ngak yaa :p



❤ Menunggu surat pengantar dari KUA CPP (Calon Pengantin Pria ) isinya ada N1, N2, N3,N4,dll.


Persyaratan Surat Nikah di KUA Sidoarjo :

ini berkas untuk CPW maupun CPP sama yaa rek

1. FC KTP

2. FC KK

3. FC Akta Lahir

4. FC Ijazah Terakhir
5. FC Surat sehat( ini suntik TT di puskesmas bisa)
6. Surat Keterangan dari RT dan RW

7. Foto Background Biru  :
          3x4 : 3 lembar 
          4x6 : 2 lembar

 ( foto sendiri modal jilbab biru sama kamera) 😍

8. Berkas lengkap dari KUA CPP

Kalau sudah lengkap ke kelurahan ketemu mudin yang bakalan ngurus ke KUA setempat, lebih enak lagi kalau mudinnya sudah kenal jadi lebih gampang dan langsung dapat tanggal rapak buat nikah, biasanya dapat tanggal rapak yang menetukan dari KUA nya dan itu 2 minggu sebelum pernikahan yang sesungguhnya berlangsung. Nanti setelah Rapak bakalan niar update yaa rek. #menghitung hari :D

BIAYA NIKAH 

Nikah di KUA weekdays (Senin s/d Jumat) dan jam kerja nya GRATIS yaa rek
Kalau nikah di luar KUA kena 600.000 langsung setor ke bank 

Waktu itu ngurus yang persyaratannya alhamdulillah dipermudah buat suntik TT dipuskesmas setempat gampang dan cepet. Oiya yang agak drawasi itu berkas dari KUA CPP nah kemarin berhubung mamas minta bantuan orang lain jadilah menunggu lama dan ada beberapa yang jadi bahan pembelajaran.

Ketika mamas punya nama di KK dan Ijazah terakhir itu tidak sama, dari pihak KUA nya langsung menyamakan langsung dengan Ijzah terakhir, Why? Karena becos kalau Ijazah ngak mungkin diurus semudah mengurus KK kan yaa rek, jadi next waktu pecah KK nanti sekalian ganti nama. 

Sebenarnya ngak salah banyak kata sampai ganti nama, cuma di KK "setyawan" di ijazah "setiawan," yawes jadinya manut ijazah "setiawan" begitu ceritanya.

Ini ruangan kalau nanya2 tentang pernikahan


Buat pacaan nikah nanti apa ajah yaa biar SAH :D

Btw kok tiba-tiba udah 80% ajah persiapan nikah, kok belom pernah ceritain gimana ketemunya, gimana kok lamaran nya tiba-tiba banget, dan kok nikah nya cepet sekali. Percaya lah segala sesuatu itu Alloh yang mengatur, sehebat apapun berjuang kalau belum jodoh nya mau bilang apa, kalau kita ngak pernah menyangka kalau dia orang nya dan kalau Alloh sudah menyatukan yaa akan diberikan kelancaran dalam segala halnya, mohon doa nya ngih yang baca postingan niar yang satu ini. Bismillah lancar :D


Lokasi KUA Sidoarjo

Ancer2 nya ada persis deket sebelahan sama Lapas Sidoarjo deket alun-alun Sidoarjo.

Jl. Dr. Soetomo No.34, Gajah Timur, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212
Senin - Jumat
Jam Buka 07:00 - 15:30


Oiyaa nanti bakalan niar share lagi apa ajah sih persiapan nikah itu ??? Niat yang baik untuk membina hubungan rumah tangga karena Alloh.

You Might Also Like

2 Cuap-Cuap

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com