1000 Hari Pertama Kehidupan tentang Gizi Terbaik untuk Anak

16.30

1000 Hari Pertama Kehidupan tentang Gizi Terbaik untuk Anak yang sangat amat perlu diketahui para ibu dan ibu wannabe, biar kalau sama anak itu ngak sak karep e, jadi punya ilmu nya buat anak lebih baik lagi.

Ning Blogger Surabaya

Sabtu kemarin (03 Maret 2018) kami para wanita cantik memerah kan Bangi Kopitiam yang di jalan Walikota mustajab, rintik hujan membuat suasana makin adem adem mak nyess. Jadi sabtu sudah cantik pakai dress code merah untuk menjadi "gelas kosong" siap menyimpan ilmu tentang parenting lagi dari Nutrisi untuk Bangsa (NUB) yang mana kali ini diskusi yang Penting nya Gizi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam rangka Hari Gizi 2018

Sebelum acara dimulai, kita makan siang, photobooth, cek kesehatan dong, berhubung saya sudah lama tidak timbang badan, cus lah timbang dan alhamdulillah timbangan digital ini asli bikin girang, bb sudah turun kurleb 3kg, mayan walaupun belum banyak, kalau kata mbak dewi "Semangat larinya, banyakin plank yang penting rajin olahraga nya" hihihihi.... iya neh sudah sebulan ini lari hanya di weekend itu kalau ngak males, duh kurindukan lari malam seperti dahulu kala lari bersama kalian DR.

Senyum nya sumringah rek Ning Blogger Surabaya iki :*


Coba tebak bb nya Niar berapa neh?? cek IG Niar deh
Ojok bosen yaa rek pembahasan kali ini agak berisi dan yang jelas, informasi yang di dapatkan dari yang ahli nya.

Hai pak Arif 😊


Bapak Arif Mujahidin, selaku perwakilan Nutrisi untuk Bangsa (NUB) membuka acara ini, dan mengucapkan terima kasih kepada para ibu yang sudah hadir, dan menjelaskan seputar 1000 Hari pertama Kehidupan itu penting banget dari mulai hamil sampai anak usia 2 tahun.

Bagian Pertama


Ibu Nur Aisiyah Widjaja selaku Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK. Unair/ RSUD Dr. Soetomo Surabaya menjelaskan bahwa Praktek Pemberian Makanan Bayi pada 1000 HPK untuk Mencegah Gizi Buruk dan Perawakan Pendek
























1000 Hari Pertama Kehidupan 

Pertumbuhan bayi dalam kandungan ibu dari usia 8 minggu sampai usia 40 minggu, kemudian hitungan dilanjutkan pertumbuhan perkembangan bayi dari lahir sampai usia 2 tahun semua itu harus dijaga dengan benar gizi nya.

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik atau organ tubuh anak.

Perkembangan adalah perkembangan funsi organ, perlu stimulasi agar tercapai funsi optimal (motorik kasar, halus dan kognitif) anak.

Untuk dewasa tidak ada pertumbuhan dan perkembangan, jadi stagnan segitu2 ajah rek, sedangkan anak kecil itu bukan MINIATUR nya  orang dewasa lho jadi beda dari makanan dan segalanya.

Untuk faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan ada Nutrisi, Stimulasi dan Genetik. Genetik hanya 20% saja lho rek bukan faktor utama.

Apabila pada masa 1000 HPK kekurangan nutrisi maka dapat berakibat anak mengalami stunting/gangguan pertumbuhan.

Cara Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) ini menurut rekomendasi WHO :

1. Tepat Waktu ( Timely)
2. Adekuat (Adequate)
3. Aman (Safe)
4. Pemberian MPASI dengan cara yang benar (Responsive Feeding)

Tidak ada urutan dalam pemberian MPASI pada bahan tertentu karena semua bahan bisa diberikan secara bersamaan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro yang tidak cukup pada ASI.

Bisa di save kalau mau :D
Untuk kenaikan berat badan sesuai usia berbanding dengan kenaikan panjang badan dan lingkar kepala, jadi kalau pada fase pertumbuhan dua tahun pertama anak menyebabkan stunting. Sedangkan untuk pemberian zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak) dan gizi mikro terutama mengandung protein hewani yang kaya zat besi.

Bagian Kedua


Peran Bidan Dalam Pelayanan untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan oleh ibu Atik Kasiati

Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang telah teregistrasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan (Permenkes 28 tahun 2017)
Menurut bu Atik, bidan kalau di luar negeri itu ada cowok juga lho ngak harus wanita. Heemm agak kaget juga, bidan cowok rasa ne kok wagu yaa.

Bidan itu tugas nya memelihara kesehatan anak dilakukan sejak anak masih dalam kandungan, melahirkan, setelah melahirkan dan sampai usia 18 tahun yang sudah tercatat pada Undang - undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan pasal 131 ayat 2.

Seneng denger penjelasan dari bu Atik ini, gampang dipahami jadi berasa oohh iyaa kalau jadi ibu hamil itu harus bahagia, menjalin komunikasi dari awal mau bikin berdoa dulu, waktu dalam kandungan dek bayi nya di ajakin ngobrol biar terjalin komunikasi yang baik antara ibu dan anak, bonding kalau kata mom jaman now :D

Saya yang notabene belum nikah, belum hamil jadi ngeh sama kata bu Atik, kalau hamil jangan ngak mau makan, inget anak nya juga butuh asupan makanan, di perut ngak ada kantin apalagi aplikasi tinggal pesen makanan siap saji itu, selain itu dukungan dari keluarga dan sekitar penting banget, mau nya kalau besok hamil di rumah punya kegiatan yang positif, ngak usah ngoyo kerja kayak sekarang #tjurhat

Oiyaa ada standar nya lho untuk pelayanan Antenatal, untuk mempersiapkan generasi yang bagus dan baik mulai dari awal mau bikin sampai selama kehamilan harus di pantau sama bu bidan.

Demo Masak
Selain dapat ilmu yang bermanfaat, dapat demo masak juga 2 kali lho rek, yang pertama demo masak oleh Ibu Alina sebagai pemenang lomba cipta kreasi makanan sehat yang diselenggarakan oleh Danone yaitu dengan resep agar-agar Labu Kuning.
Antusias pada maju semua ini rek

Ada juga Chef Rissa dan Chef Rivaldi untuk Demo Masakan ke dua. Masakan dengan bumbu minimalis tetep endes dan sehat, karena chef Rissa dan Rivaldi ini chef Eksplorer Resep Nusantara, jadi apa yang ada di alam diolah jadi sesuatu makanan yang endes. 
Duet Maut :p
Chef Rissa masak Ayam Pesto Kelor dan Katuk, sedangkan chef Rivaldi masak Carror Dessert yang semua nya tampak gampang kalau demo masak begini, coba di rumah masak sendiri heemm mau jadi apa dapur saya :p
Baiklah setelah sekian lama kita melihat orang masak, mari kita cicipin makanannya, nama nya nyicip itu sedikit lho yaa, sak ndumil... 
Agar-agar Labu Kuning

Ayam Pesto Kelor dan Katuk

Carrot Dessert

Wow ilmu tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan banyak banget yaa rek,  tak lupa mengabadikan moment dengan berfoto ria,jadi foto di bawah ini banyak sekali :D

Memang tidak ada sekolah khusus menjadi Orang Tua, akan tetapi belajar tentang Parenting itu tak ada salah nya, biar open mind dengan segala yang terjadi diluaran sana.

Merenges

Pamer Untu

Anak Loro tok

Pringisan


Ngene lho kalem :) (berasa raja minyak yaa pak)

You Might Also Like

6 Cuap-Cuap

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com