Kisah Recruitment MT di PT. Fastrata Buana

21.30

Hai hai kali ini niar akan curhat recehan, kejadian ini terjadi satu bulan lebih yang lalu, tepat nya 1 Maret 2017.

Kronologis Awal

Jadi sebagai freelance yang manies, saya masih mencoba peruntungan untuk bisa bekerja di perusahaan gede di food and baverage. Nama nya juga masih ikhtiar dalam pencarian beberapa website universitas di kepo-in dengan baik lah, salah satu nya ke website di unibraw yang mana sangat update untuk masalah job placement gitu.

Waktu di website nya ada muncul Kapal Api Global Group buka Manajement Trainee (MT) cus liatin syarat nya, umur sesuai lah, semua jurusan, dan tidak ada tulisan KHUSUS alumni universitas ini saja, jadilah saya bismillah daftar, terus lupakan.

Dua hari setelah penutupan job itu saya masih cuek saja, "yaa sudah kalau belum rejeki saya" dalam hati batin gitu. Waktu itu saya masih staycation di rumah mbak nining di malang dari hari sabtu pulang senin pagi sekitar jam 9 an sudah sampai rumah, dilalah jam 12 siang dapat sms untuk interview di UB besok (01/03/2017) jam 8 pagi di gedung teknik.

"Huwikkk ke malang lagi besok subuh, apa saya di kangen sama kota malang ini yaa sampai baru pulang eeh disuruh balik lagi" ngikik sendiri di kamar. Ijin sama ibu ayah dibolehin berangkat lagi ke malang, perlu diketahui ke malang naik motor matic sendirian sekitar 1,5-2 jam kalau jalan banter nya matic.

Jeng Jeng Tentang Perusahaan

Menuju UB masih lah saya nyasar, harus nya lewat suhat kenapa arah saya ke alun2 coba, jadi yaa nama nya juga niar mesti ada nyasar nya biar ada cerita di bahas sama dia.

Duduk depan biar konsen gaes :p
Begitu masuk wilayah kampus pun masih nyasar di dalam nya gedung teknik, saya kepagian setengah jam sebelum acara sudah datang. Terus yaa registrasi dapat goodie bag (berasa lagi event blogger deh) terus cari posisi paling nyaman, duduk depan mendengarkan seminar nya dulu rek biar kenal, kata orang "Tak Kenal maka Tak Sayang" sini kenalan dulu sama niar

Mendengarkan penjelasan tentang Kapal Api Global Group itu ada 6 anak perusahaan :

1. PT. Fastrata Buana : Distribusi nya, bagian penjualan Kopi
2. PT. Santos Jaya Abadi : Tempat bikin kopi nya (Pabrik)
3. PT. Santos Premium Creamer : Bikin creamer nya kopi
4. PT. Ageng Langgeng : Pabrik yang bikin permen sama biskuit
5. PT. Weiss Tech : Bikin mesin Kopi nya
6. PT. Excelso Multirasa : Cafe Kopi mihil

Sekian dari penjelasan singkat nya, yang jelas saya milih MT di PT. Fastrata Buana karena saya lebih seneng ke dunia marketing, selayaknya blogger yang bisa jadi influencer dan buzzer buat sebuah brand. Saya itu anak sipil yang ke-sipil-an nya tak selayaknya lelaki sipil pada umum nya yang sering terjun ke proyek beneran, saya mah apa atuh belum pengalaman di "proyekan gede".

Fokus nya PT. Fastrata Buana ini ke distribusi pasar tradisional dan pasar modern. Sudah ada sekitar 47 cabang seluruh Indonesia. Untuk produk yang harus di distribusi kan contoh nya : Kopi kapal api, kopi ABC, kopi YA, Permen Relaxa, Permen Ginger, Ceremix sereal, Kopi Good Day 😘

Untuk MT sendiri tahun ini generasi ke 5, jadi dalam Management Trainee ada Sales dan Finance & Accounting. Nah ada pembelajaran selama 6 bulan yang di bagi penilainnya setiap 3 bulan sekali, ada ikatan dinas pastinya perusahaan gede, terus untuk gapok, kompensasi dan benefit ciamik lah yaa untuk fresh graduate.

Nyamm nyamm
Nah setelah seminar kita semua dapat makan nasi kotak, dan saya sebagai orang "asing" di kampus itu asal ajak kenalan ajah ciwik-ciwik cantik buat ikutan makan gitu plus sholat di mushollah nya, cakep bener tempat nya, sayang ngak ambil foto waktu istirahat mefet sekali kakak.

Proses Seleksi

Setelah makan siang, yang milih PT. Fastrata Buana ke ruangan seminar kalau PT. Santos Jaya Abadi di ruangan lainnya, ada sekitar 100 orang an lebih yang ikutan di ruangan yang tadi, salah satu nya saya.

Enak apalagi habis perjalanan jauh :p

Oiyaa disini psikotes dulu yaa, yang Marston Model Indonesia ini untuk mengetahui perilaku dan gaya kepribadian seseorang, jadi ada dua pilihan ajah tiap baris jadi isi ajah sampai habis sesuai sama pribadi kalian yaa. Tips nya ini telusuri dan baca bener-bener dua pernyataan ini kadang menjebak gaess.

Oke setelah psikotes langsung pengelompokan 10 orang untuk Forum Group Discussion (FGD). Akan diberi pernyataan dari 10 orang dengan usia, jenis kelamin dan profesi yang beda mana yang anak di pilih 3 orang untuk di selamatkan.

Disini kamu disuruh AKTIF namanya juga FGD dan ini seleksi untuk MT jadi harus aktif. Boleh yang memulai diskusi, jadi penengah diskusi seperti saya waktu itu menjadi penengah pada gontok2an toh siapa ajah yang mau diselamatkan, terus kasih jawaban yang realistis beda dari lainnya tapi tetep OUT OF THE BOX itu bakalan di liat sama bapak pemberi pertanyaan.

Waktu itu 13 orang yang di ambil 4 orang saja, dan ada 6 group. Nah diskusi sekitar 10 menitan jadi pergunakan waktu mu untuk eksis gitu waktu FGD ojok caper yang alay lho yaa, kudu tetep elegan #uhuk. Alhamdulillah masih lolos tahap ini, jadi ada sekitar 20 orang saja yang akan langsung wawancara sama orang Orang Jakarta dan Petinggi di Jatim toh.

Selama proses menunggu wawancara dibagi dua kubu, udah bawaannya di bawa santai jadi ngobrol sama temen lainnya yang baru kenal di situ juga, tanya gimana tadi, terus tiap ada yang selesai di wawancarai liat wajah nya bahagia atau murung


INTI CURHAT NYA 

Waktu tahap wawancara saya terakhir nomer dua, terus waktu awal-awal disuruh menceritakan saya itu apa, kegiatannya apa, pengalamannya apa, terus waktu ada bapak satu nya yang baca CV saya "Oohh dari kampus swasta (sebut nama) toh, ini lho liat bisa sampai wawancara" punten yaa pak nada nya seperti merendah kan kampus swasta. 

DISINIIIII

Saya kuliah dengan biaya sendiri lho pak, kerja keras, kok yaa segitunya memandang kuliah swasta, saya masih bisa kuliah sama kerja terus di gitukan, perih pak seperti ditinggal orang yang kita sayang dan lagi sayang-sayang nya tanpa kabar, langsung rasanya saya meredup dan mulai ngak konsen jawab tentang dunia marketing, padahal dulu dua tahun lebih didunia ini, sedih jawab nya ngak fokus gitu 😭😭😭😭😭😭

Kalau tau dari awal ngak memperbolehkan alumni kampus lain apalagi kampus swasta ikutan, yaa di tulisin dong di pengumumannya dan jelas, serta di sortir dari data yang masuk bukan begitu.

Jadi ngak cemas berkepanjangan sampai akhir menjelang pengumuman, seperti halnya yaa pak, seorang lelaki sholeh sudah deketin baik banget terus tiba-tiba ngilang tanpa kabar karena takut dulu sama sebuah kepastian yang tidak bisa diberikan keseorang wanita yang di dekati, mundur atret tanpa aba-aba itu sakit pak digituin #harap sabar ini ujian hidup.


Rejeki ngak kemana

Setelah wawancara saya tinggal buat sholat ashar dulu, barulah saya masuk ruangan sudah ada pengumuman nya, dari "kubu" saya yang keterima 1 orang cewek saja anak medan, mas nya udah MT dulu di perusahaan lebih besar dari ini, bapak nya orang terpandang. Rejeki mbak medan selamat yaa mbak :D

Hai bapak nasi uduk :)

Saat mau pulang mendung sendu menemai saya menginap lagi di rumah mbak Nining dan tak lupa membahagia hati untuk makan nasi uduk endes deket rampal dan besok nya saya masih di bahagian dengan lelaki good day, makasih malang, makasih kapal api buat voucher excelso nya buat saya bisa ngopi mahal di excelso, makasih mbak Nining yang selalu saya repotin saat di malang 😘😘

Sudah aah inti nya rejeki sama jodoh ngak kemana, yang jelas tetep optimis, semangat dan ikhlas kan semua yang di rencanakan sama Alloh itu baik buat kamu, iya kamu.



Sekian dari secuil Kisah Recruitment MT di PT. Fastrata Buana dan sepucuk rindu di kota itu.

You Might Also Like

23 Cuap-Cuap

  1. kisah yang mengharu biru, tapi sek tetep endel-endelan di taman labirin hekeeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi mengharu biru #siapin tisu 😝😝
      Endel itu harus #eeh gimana

      Hapus
  2. Saat masih dihantam deadline, saya milih baca curhatan cewek ceriwis ini... Sepertinya saya salah masuk blog. *ngikik manis*

    Jadi nduk, lain kali kalau kamu diremehkan saat wawancara, jangan mau kalah. Bisa jadi itu hanya jebakan psikologis untuk mengetes seberapa kuat mentalmu ditengaha persaingan kerja yang aduhai. Tunjukkan kalau kamu mampu dan bisa! Jangan tumbang hanya karena omongan. Ganbatte!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama kira kara makasih banyak yaa support nya #sodorin Seblak ceker pedes 😂😂

      Hapus
  3. Akhirnya cerita ini keluar juga di blog. Semangat ya cantik 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi mumpung sempet, makasih mbk tika 😚😚

      Hapus
  4. Lika liku pencarian kerja ini besok2 akan jadi cerita hidupmu, suka dukanya bisa mendewasakanmu atau sebaliknya. Ora et labora ya neng gingsul geulis, ciayo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nining mamacih yaa mama bear 😚😚😚

      Hapus
  5. UB itu kampus negeri termahal seJatim #Curhat, jadi pembangunannya pasti bagus ��
    Jadi inget dulu pernah ikut job interview PT Santos Jaya Abadi di UWK sini. Yang penting tetap Sehat, tetap semangat supaya bisa cepat dapet kerjaan. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyo uapik kampus e 😊

      Amin yaa Robb, makasih mama kimi 😚

      Hapus
  6. Semangatt ya ndukkkk...mben dapat yang lebih bonafit...aminnnn

    BalasHapus
  7. Baca curhatan ini saya jadi paham dg mekanisme perekrutan di kampus, memang sih lulusan swasta kerap di pandang sebelah mata. Saya sendiri juga sering mengalaminya

    BalasHapus
  8. Bapak itu tega banget yaakk. Didoain yg baik aja org spt itu ya Niar, biar kebuka pintu hatunya gak slalu mandang remeh orang lain hanya krna suatu hal. *jadi gemesss

    Semangat terus ya Niar sayaang😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya doa baik akan balik ke kita juga 😚😚

      Makasih yaa mbak cantik mama nya faras 😚

      Hapus
  9. Tidak ada kerja keras yang tidak ada hasil, jangan menyerah, lakukan dengan hati dan berdo'a. Insya Alloh apa yang di perjuangkan, akan kita tuai hasilnya


    BalasHapus
  10. lho enake ayo jogjae, aku gelem
    semangat mbak, mugo2 lancar

    BalasHapus
  11. baca recruitment jadi ingat jaman baru lulus trs cari kerja.

    semangat ya....
    kalo rejeki gak bakalan kemana kok.
    klo bukan rejeki, tar dapet yg lebih baik pasti :).

    http://kireinoclouds2.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  12. Harus selalu tetap semangat mba mudah mudahan kedepannya lancar

    BalasHapus
  13. Waktu FGD menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com