Pages

Kamis, 02 Maret 2017

Ketergantungan AC dalam keseharian

Waktu menginap di rumah temen deket di daerah yang dingin, sebut saja malang. Udara nya sudah dingin di tambah hujan yang membuat mager banget mau kemana-mana, jadi lah quality time di dalam kamar saja, yang bikin saya heran itu dengan cuaca dan udara dingin malang di sore hari yang dingin masih nyalai AC lho.

Bener-bener kebutuhan air conditioner itu ngak hanya di kota yang panas seperti surabaya, sidoarjo dan sekitarnya, ternyata di malang yang notabene kota dingin pun masih banyak kok yang pakai air conditioner ini. Nah berhubung saya orang nya ngak kuat dingin, jadilah saya waktu tidur mencari-cari selimut tebal. Yowes ben di bilang ndeso, yang jelas kalau dingin saya cepet banget ngerasain di ujung jari tangan, jari kaki dan hidung langsung seketika dingin, entah ngak bayangin deh kalau someday saya tinggal juga di daerah yang dingin itu.

Mowning Hunny Bunny :*
Kenapa seh kok banyak kalau tidur pakai selimut tebal dengan AC yang menyala, padahal yaa sudah tau pakai AC gunanya biar dingin ruangannya dan mendinginkan suasana hati , nama nya juga manusia rek banyak pertanyaan dan banyak "kepo" nya. Jadi ada beberapa alasan yang bisa di jelaskan, cus baca sampai bawah yaa rek 

Mengapa Banyak Orang yang Suka Berselimut Tebal Dengan AC Menyala?

Apakah kamu salah satu orang yang harus menyalakan AC saat tidur, namun juga bersembunyi di balik nya, bahkan dua selimut tebal? Mungkin terdengar aneh bagi beberapa orang. Namun, bagi banyak orang, berselimut tebal dengan AC dingin merupakan prasyarat supaya mereka dapat tidur dengan nyenyak. Walau sering disebut membuang-buang listrik, tapi ternyata ilmu pengetahuan berpihak pada orang-orang tersebut. Penelitian menekankan 4 alasan mengapa banyak individu memilih tidur bersembunyi di balik selimut tebal dengan suhu AC yang rendah

1. Sebagai relaksasi dan “obat tidur”

Tidur di bawah selimut yang tebal dan berat dengan suhu AC yang sangat dingin memberikan efek ketenangan. Beratnya selimut tebal memberi sinyal ke otakmu untuk mengeluarkan serotonin, melatonin, dan dopamin yang meningkatkan mood kalian dan memberi ketenangan yang diberikan oleh obat tidur sehingga dapat menekan kecenderungan insomnia.Kondisi tubuh di situasi ini menurunkan temperatur tubuh dan membantumu tertidur dengan lelap.

Dengan ini, selimut tebal yang cukup berat menjadi obat tidur natural yang baik untuk dirimu. Inilah alasan kenapa banyak sekali orang yang suka tidur di balik selimut di musim panas sekalipun. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, tentu produktivitas, konsentrasi, dan kesehatan diri semakin meningkat pula. Selimut yang berat juga memberikan sentuhan lembut yang menenangkan sistem kekhawatiran tubuh yang memiliki efek yang sama dengan elusan, pelukan, dan rangkulan seorang ibu.

2. Membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan

Apapun cuacanya, berselimut hangat dengan AC menyala memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Baik untuk orang dewasa maupun anak kecil, berselimut di bawah selimut tebal dan berat dapat menghilangkan kekhawatiran dan stress, serta meningkatkan kesadaran dan fokus. Bahkan keadaan berselimut dengan suhu AC dingin diberikan kepada orang-orang yang baru saja pulang dari medan perang untuk memberikan perasaan lega. Selimut berat juga dilaporkan dapat membantu memaintain memori, proses detoks, perawatan untuk berbagai penyakit, menekan depresi, mengurangi paranoid, dan membantu pemulihan masalah psikologi.

3. Ketenangan dan kenyamanan ketika tidur dengan seseorang yang menyukai suhu dingin

Istri/ suami, teman sekamar, ataupun saudara, pasti memiliki preferensi tersendiri ketika ingin tidur. Ada yang lebih menyukai selimut tipis dengan suhu panas, ada yang tidak suka berselimut walau di suhu yang dingin.  Hal ini bisa dipengaruhi oleh massa otot, semakin banyak seseorang memiliki otot, semakin mudah tubuh memproduksi panas. Jenis kelamin juga mempengaruhi, perempuan biasanya memiliki tubuh yang lebih dingin daripada lelaki, sehingga lebih tidak tahan dingin. Solusi terbaik yang dianjurkan adalah yaa pakai selimut tebal dengan AC menyala, bahkan di musim kemarau sekalipun.

4. Mengurangi dan menjaga berat badan

Apakah tidur di kamar yang dingin benar-benar baik untuk dirimu? Menurut penelitian terbaru, beberapa ilmuwan menemukan bahwa tidur di suhu yang dingin meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mereka percaya bahwa lemak baik atau brown fat meningkat ketika suhu badan menurun. Lemak ini memproduksi panas 300 kali lebih banyak daripada organ lain di tubuh yang menyebabkan pembakaran kalori yang lebih cepat bahkan mengurangi kelebihan gula darah. Hal inilah yang membantumu mengurangi dan menjaga berat badan.


Nah, pantas saja banyak yang menyukai berselimut tebal ketika menyalakan AC dengan suhu super rendah. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu berniat menyetel AC mu di suhu terendah mungkin? Untuk memastikan AC rumahmu selalu dingin, lakukan perawatan AC secara rutin dengan jasa Service AC yang terpercaya, cari rekomendasi jasa service AC berportofolio di Sejasa.com. Yuk, hidup lebih sehat dengan selimut tebal dan AC dingin! ;)

6 komentar:

  1. Waah... ternyata banyak manfaatnya ya. Saya emang suka tidur berAC dengan selimut tebal. Tapi sehari2 sih enggak karena rumah yang saya tempati sekarang ga pakai AC. Kecuali kalau lagi mudik ke rumah orangtua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ngak pake ac, make kipas angin juga selimutan kok, hihihi :)

      Hapus
  2. Huahahahahaha baru liat ini, gituuuu kmrn ditawari celimut ndak mauuu. Tk kelamuti yoooo ngko :))))
    Dingin gk dingin tapi aku kebiasaan eh pake selimut, di Sby gitu jg hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha solu2 yaa mbk ning yrn kademen, minta di peyuk hahahaha

      Celimut sama guling hidup (baca bojo) hahahaha

      Hapus
  3. Ada lagi mba di jaman modern ini, selimut tetangga :D

    BalasHapus
  4. Kota Malang ya, pengen nyobain ke sana. Pengen rasanya jalan jalan ke kota Malang dan kota kota di jawa timur sana :D

    BalasHapus