Menuju Indonesia Sehat yuk GERMAS bareng Kemenkes

07.04

Untuk pertama kali nya Kementrian Kesehatan mengadakan pertemuan dengan blogger di Surabaya, boleh lah senang bisa menambah ilmu lagi dan lagi dengan menjadi blogger. Ilmu itu bisa di dapatkan dari mana saja termasuk dari acara blogger seperti kemarin (Kamis, 01 Desember 2016).

Bertepatan dengan hari HIV AIDS sedunia, Kemenkes mengundang blogger untuk acara Menuju Indonesia Sehat. Memang nya Indonesia tidak sehat yaa?? Bukan begitu, alangkah lebih baik untuk mencegah segala macem penyakit yang menular maupun tidak.

Acara ini di selenggarakan di Hotel Tunjungan, seumur-umur baru masuk ini, padahal sering lewat lho kan sering nya nepe (baca TP). Acara nya ada 4 pembicara dari Kementrian Kesehatan Pusat, Jatim dan LSM.  

Menyambut hari AIDS sedunia yang tepat tanggal 1 Desember, maka dari itu membahas tentang penyakit AIDS mulai dari penyebarannya, serta Germas yang di sebut Gerakan Masyarakat Hidup Sehat biar Indonesia makin sehat dong yaa.

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Pak Oscar
Pembicaranya drg. Oscar Primadi, MPH sebagai ka biro komunikasi dan yanmas di Kemenkes, menjelaskan bahwa dalam 30 tahun belakangan ini penyakit itu berkembang lho, waktu tahun 1990 berkembang Penyakit Menular (PM) seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), tuberkulosis, diare, dan sejak 2010 berkembang lah Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker, dan juga kencing manis.

Beban penyakit katastropik (berbahaya/PM) menurut data kemenkes sampai september 2016 ada sekitar 29,67% atau RP 16,9 trilyun beban biaya JKN terserap untuk biaya penyakit katastropik seperti, jantung, stroke, diabet, kanker, ginjal, hepatitis, thala, leukimia, hemoru dan lain-lainnya.


Mau sehat ??

  • Olahraga minimal 30 menit setiap hari, jalan kaki doang boleh kok
  • Kurangi (Diet) Micin, MSG, Gula, Garam karena rasa sehat kan kita yang ciptakan
  • Banyakin Makan Buah dan Sayuran
  • Tidak Merokok dan Minum Alkohol apalagi NARKOBA
  • Memeriksa Kesehatan secara rutin min 6 bulan
  • Membersihkan Lingkungan 
  • Menggunakan Jamban rek ojok di sungai lho

Gampang?? Iya gampang banget, kalau masih belum terbiasa jadi harus dibiasakan biar makin sehat rek.

Tujuannya apa seh GERMAS ini ??

  • Supaya Kesehatan Terjaga
  • Produktif di segala macam aktifitas
  • Lingkungan Bersih
  • Biaya untuk berobat berkurang (penting banget jaga kesehatan)

Siapa yang melaksanakannya ?? Seluruh Lapisan Masyarakat dong, namanya juga hidup sehat semua berhak untuk sehat :*

HIV AIDS


Ngeri-ngeri sedep yaa kalau bahas HIV AIDS kepanjangan dari Human Immunadeficiancey Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome karena komposisi penderita AIDS di Jawa Timur paling tinggi di Indonesia dan ternyata Ibu Rumah Tangga sekitar 17,74% yang terkena dan itu lebih tinggi dari PSK hanya 6,3%, heemm....

Menurut Bapak Ansarul, orang yang terkena penyakit HIV AIDS banyak di pandang "nakal" di lingkungan nya, padahal kan stigma itu ngak bener lho, ngak semua penderita HIV AIDS itu "nakal" ternyata penyakit HIV AIDS dari berbagai macam lho penularannya.

Serius banget pak

Penularan HIV

Jelas banget, menurut ibu  dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes bahwa penularan HIV itu ada dari berbagai cara dan macem-macem lho rek, HIV itu terdapat di Darah, Cairan Sperma, Cairan Vagina dan Air Susu Ibu #ingainga ting 😏😏😏

Melalui Hubungan Seks yang tidak aman, Heteroseksual (bergonta-ganti pasangan) ataupun Homoseksual (sesama jenis) hemmm enak sama pasangan halal dan ngak neko-neko macem abang grey #eehh 😜😜

Melalui Darah bisa dari tranfusi darah yang ternyata darah nya itu ada penyakit HIV nya, atau dari jarum suntik yang tercemar karena beberapa kali pakai dan terkena deh, yaa harus lebih waspada yaa kalau perlu kalau mau suntik njuss gitu beli suntik sendiri deh di apotek ada ngak begitu mahal juga kok.

Melalui Ibu ke Bayi, kok bisa?? bisa saja terjadi kalau ibu nya sudah terkena penyakit HIV ini dan saat ibu dalam masa Hamil, Melahirkan dan Menyusui itu tersalurkan langsung ke bayi nya.


Kenapa kok bisa terkena penyakit HIV itu setelah tau penularannya ??

Jadi menurut ibu dr. Wiendra di salah satu slide presentasi nya itu adalah tubuh kita mempunyai sel darah putih yang melindungi dari berbagai penyakit seperti diare ataupun batuk, akan tetapi saat virus hiv ini menyerang dan membunuh sel darah putih sehingga masuk tubuh kita tidak bisa melawan penyakit-penyakit yang masuk, dan penyakit HIV ini bener-bener ngak ada yang tau kalau tidak di cek lebih lanjut di rumah sakit ataupun di klinik terdekat.

Beberapa tahun ini di Indonesia, khusus nya jawa timur sudah mulai berkembang untuk pelayanan kesehatan pengecekan di berbagai daerah setempat untuk virus HIV AIDS ini, karena lebih mengetahui awal sejak dini lebih baik penanganannya daripada sudah terlanjut cukup jauh penyakit itu 'hinggap' di tubuh kita. Mutu layanannya pun masih dalam tahap standartisasi biar setiap klinik atau rumah sakit sama standart nya untuk pengecekan penyakit apapun dan kerahasiaan data pasien aman, ngak bakalan ada cekrek cekrek hengpong jadul masuk lambe turah 😝😝

Ibu Bapak Kemenkes Pusat 😄😄
Harapan Kedepan

Supaya menuju Indonesia Sehat maka pemerintah mengupayakan yang terbaik agar 2030 bisa 3 Zero dari Penyakit HIV, Sifilis dan juga Hepatitis, semangat hidup sehat kan rek, kita pasti bisa.


Salah satu upaya komitmen pemerintah yaitu :

🌸 Menyiapkan SDM dan Layanan HIV AIDS dan IMS yang berkualitas serta mudah di akses oleh masyarakat.

🌸 Menyediakan obat ARV gratis bagi seluruh rakyat Indonesia.

🌸 Upaya menurunkan stigma dan diskriminasi terkait HIV AIDS.
Jelas tok rek

STOP -- Temukan -- Obati -- Pertahankan , Semangat 😉😉

BONUS foto rame-rame 😘😘

Say Cheese to Camera

🎶 Cash Cash - How To Love ft Sofia Reyes  🎶

You Might Also Like

4 Cuap-Cuap

  1. Aku jadi was was soal HIV

    BalasHapus
  2. Ngeri yah mbak, kayak jarum suntik. Mungkin kalau tempat berobat kredibel tidak sampai, dikhawatirkan, mohon maaf, yang tanpa merhatikan sterilnya itu mbak, bekas2 main pakai lagi. Benar kata mbak Niar, nyetok sediri, hehe. Pas potong rambut lek laki2 mbak, kerokan dari pisau cukur kan satu untuk semua, kadang ada yang dalem sampek luka, duh bahaya.

    BalasHapus
  3. Kadang hal baik dan simple sulit kita lakukan..contoh makan sayur

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com