Banjir yang Tak Kunjung Surut

09.03

Haii dulur kabeh yoo opo kabar e? tak cerita ni yoo rek leg sidoarjo kota ku tercinta wes kelem banyu sing ngak surut-surut , malah banyu e soyo munggah wes lima dino iki #no translate :p, Oke cekidot.

Masih cetek ini banjr nya
Banjir untuk istilah banjir sendiri di wikipedia sudah dijelaskan panjang kali lebar yaa kan rek, yang jelas itu air ngak penuh, saluran air nya ngak menampung volume air yang ada, terus sungai nya juga penuh, terus kalau gini salah siapa? yaa ngak salah siapa-siapa, sudah nasib nya banjir, padahal banjir seperti ini sudah lamaaaa banget dirasakan di sidoarjo, dan sekarang terulang kembali, mari bercurhat ria disini, misi mau curhat dulu yaa rek.

Hari Jumat, 05 Februari 2016 ( Hari ke 1)


Hujan sore hari dengan curah hujan yang sangat angat amat tinggi beserta angin, plus lampu mati, pdam mati jadi komplit lah hari jumat sore itu di rumah sidoarjo. Berhubung niar hari jumat dari siang hari sudah keluar dari rumah dan sampai malam jadi merasakan sampai rumah malem langsung banjir yaa biasa ajah dalam pikiran biasaanya besok pagi nya surutan kan ini hujan nya sisa semalam. 

Malam hari menjelang hari sabtu, hujan pun masih menyapa kami warga sidoarjo dan sekitarnya sepertinya hujan merata di surabaya juga hujan, di bekasi dan jogja juga hujan (kok tau) ada temen di grup yang bilang di kota mereka hujan juga. Mendekati sincia (07/02/16) intensitas hujan semakin tinggi dan air di depan rumah tak kunjung reda, hhhmmm...


Sisa hujan semalam ajah segini yaa

Hari Sabtu, 06 Februari 2016 ( Hari ke 2)

Yeaah sudah sabtu, waktu weekend begini paling asyik cari soto ayam buat sarapan pagi terus leyeh-leyeh di rumah, banjir tak menyurutkan niat nya buat beli soto ayam langganan di daerah raden patah. Oke cus keluar sama ayah naik motor, masih di perumahan rata-rata banjir juga, kasian yang rumah nya masih type standar nya developer jadi kalau hujan gitu yaa otomatis masuk rumah, ada beberapa rumah yang sudah tinggi tapi air nya nyumber dari nat-nat an keramik atau dari kamar mandi.

Lanjut perjalanan misi menuju soto ayam langganan di jalan raden patah ini deket nya RS Siti Hajar, nah kan lewat jalan raya mongisidi yang notabene sering dijadikan jalan buat angkot len atau bison, dan itu jalannya banjir nya lumayan, ngak sempet moto karena udah serem ajah di atas motor bok, kok untung nya naik motor cowok ngak naik bity bisa-bisa knalpot tenggelam.

Di jalan raden patah arah ke ramayana banjir makin parah, mungkin karena elevasi tanah yang ngak merata jadi banjir pun ngak rata tinggi nya, tapi mayoritas banjir. kalau di jalan raden patah ini bener-bener bisa dijadikan "kolam renang sementara" buat para anak kecil di tengah jalan, oemjiii ada yang naik motor mio dan itu knalpot tenggelam dan mogok, apes banget kan itu bapak motor mio nya.

Soto ayam langganan ngak jualan dong, dibelain lewat banjir ngak jualan, akhirnya beli soto ayam di depannya ramayana yaa itu salah satu langganan juga kalau yang di raden patah ngak jualan begini. Oemji waktu mau pulang lewat puter balik jalan KH Mas Masyur hembok banjir  nya ngak merata tinggi nya jadi ada beberapa jalan yang elevasi tanah nya beda dan menyebabkan banjir lebih dalam, itu membuat macet total arah mau ke surabaya. Sudah yaa misi soto ayam berhasil dan kembali dekem dirumah, walaupun sore hari ke surabaya buat liat kondangan temen, pulang dari surabaya hujan turun lagi dari surabaya sampai sidoarjo hujan pemirsa, ngak deres tapi intensitas kontinu nya sampai subuh bok, sampai rumah lampu mati, bagusssss banget dan asuz zenfone 5 ku lowbat jadinya ngechas pakai power bank.

Beruntung lah yang rumah nya sudah tinggi

Hari Minggu, 07 Februari 2016 ( Hari ke 3)

Hari ini spesial mager dirumah saja paling enak sambil mimik susu milo, padahal sudah mau keluar tapi apa boleh buat hujan kembali turun dan banjir pun kembali makin naik, naik nya ngak signifikan seh tapi yaa lumayan kalau buat cari ikan. Oiya siang-siang ada manggil ayah, " Pak ken, dirumah nya pak nganu (bukan nama sebeneranya) onok biawak gede banget pak, ayo merono ndelok" (pak ken, dirumah nyapak nganu, ada biawak besar sekali pak, ayo kesana liat), dengan enteng nya ayah jawab "Ngak pak suwun, biawak gede yoo ngunu iku" (ngak pak makasih, biawak besar yaa bentuk nya gitu itu), aku yang dengerin dari kamar cuma mesam mesem, lha ngapain coba banjir begini liat biawak, malahan ada yang nyari ikan sepat segala oemji itu apa ngak sakit perut yaa abis main air banjir begitu kan kotor.

Ternyata berita tentang Banjir Melanda Sidoarjo sudah ditulis diberapa surat kabar online, dan penyebab banjir tak kunjung surut itu karena air laut pasang, dan curah hujan tinggi jadi menyebabkan banjir di daerah pesisir, sidoarjo salah satu pesisir dan daerah delta brantas yang di lalui dua sungai, sungai surabaya dan sungai porong yang merupakan cabang dari sungai brantas yang berhulu di kabupaten malang.

Hari Senin, 08 Februari 2016 ( Hari ke 4)

Time to Holiday, cerita nya liburan bareng emak-emak rempong asli dari dasawisma plus keluarga jadi pagi-pagi harus jalan melewati banjir yang makin naik buat naik ke bis, kita jalan-jalan ke Bhakti Alam Pasuruan , boleh bangga dikit tapi ngak sombong, emak-emak di tempat ku itu buka blog niar dari tahun lalu dan kepingin ke sini, jadi niar ke sini lagi di tahun yang beda dan banyak perubahan tunggu di blog yaa rek.

Hari Imlek tak lepas dari hujan katanya rejekinya lancar, kalau banjir begini rejeki nya gimana yaa?/

Jadi waktu di pasuruan hujan, monitor di rumah juga hujan deres nah itu menyebabkan air tak kunjung surut, banjir tak kunjung surut dan pergi, air laut pun tak kunjung surut, kalau air laut surut, sungai surut, banjir bisa di akali n di pompa ke sungai mengalir ke laut, kalau laut ajah penuh gimana sama dataran rendah dan pesisir seperti sekarang ini, ngak pernah bayangin kalau banjir model kayak di jakarta #sedihbanget.

Air mendekati bibir pagar ;(

Hari Selasa, 09 Februari 2016 ( Hari ke 5)

Air tak kunjung surut, makin kesini makin naik air nya menyapa bibir pagar, berhubung di perumahan kalau banjir begini akses jadi satu arah, jadi beberapa pintu masuk ditutup buat menghindari air masuk ke dalam rumah karena makin tinggi air nya.

Semoga segera surut laut nya, biar sungai ikutan surut dan banjir ikutan surut, dan didaerah yang terkena banjir juga lekas surut dan membaik. Aku yang jarang kecek aka main air banjir #halah bahasanya air banjir, berasa udah bolak balik ke kamar mandi, bener-bener kudu jaga kondisi badan, nyetok makanan dirumah biar ngak keluar beli makan, sama kalau penting banget ajah keluar, kalau bisa dikerjakan dirumah mending dirumah. 

Sidoarjo itu luas rek, jadi yang banjir itu ngak semuanya, tapi hampir merata, kalau jalan raya protokol yaa ngak banjir, kalaupun hujan seperti kemarin cuma kecembeng air biasa, siang gitu sudah kering, kalau jalan raya protokol yang di lewati arah surabaya-sidoarjo-malang itu banjir, bisa-bisa beberapa perumahan dan sekitar tenggelam air bok.

Ada lho temen yang nanya, sidoarjo banjir mananya, jalan raya ngak banjir tuh, oemjii apah perlu di ajakin main air banjir depan rumah biar tau banjir nya, sini sini renang gratis rek, bisa golek ceblong, ikan sepat sama plastik sampah :p

You Might Also Like

35 Cuap-Cuap

  1. Waduuh sedihnya. Moga2 banjirnya segera surut ya say. Aku jd kangen sidoarjo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cedihh mbak. Amien mbak muna..

      Hayuk sini jalan2 sidoarjo

      Hapus
  2. owalah tibake banjir yo ono tah ning sidoarjo, tak kiro ning jakarta thok onoke banjir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga tpi ngak separah jkrt semoga yaa

      Hapus
  3. di sana ada banjit juga ya Niar :) semoga cepat surut ya. Kirain di siini aja yang ada banjir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha semoga yaa mak lid sgera surut..

      Hapus
  4. Orang tuaku hari Minggu kemarin ke Sidoarjo juga kejebak banjir katanya. Duh semoga air cepat surut ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banjir dimana2 mbak.. Semoga yaa mbak

      Hapus
  5. smoga cepet surut banjirnya ya mbak niar amin

    BalasHapus
  6. Wew....h2c jg ya kalo airnya betah belum surut kek gitu. Mana hujannya continyu trus nih belakangan.
    Smoga segera ada solusi buat masalah banjir ini ya, kalo nyumber dr kamar mandi kan brarti sistem drainasenya kudu dibenerin #cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sering ujan mulu yaa mbak ning.

      Drainase nya hooh mbak, opoh maneh drainase kota nya dri awal emg kurang cocok, kudu ada peneluauran dan dibenahi dah huahaha #sotoy

      Hapus
  7. semoga cepet surut ya mba, duh jangan sampe musim hujan sekarang saya juga kebanjiran. Tahun lalu 4 kali kebanjiran saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mak kania, widih setahun 4x mbak dimana itu mbak? Smpek masuk rumah sgala?

      Hapus
  8. Alhamdulilah rumah aman,cuman jalanannya tergenang bgt,maceeeettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah Alhamdulillah ngak masuk rumah mbak... Macet nya luarr biasaa

      Hapus
  9. Waahh, kok lama ya mak, surutnya. Rumahku di Jakarta juga kadang banjir tapi gak sampe rumah sih, dan sejam langsung surut, Semoga ceepet surut ya mak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini air laut nya pasang mak fera jadi nya ngak surut2 kalau ngak pasang laut yaa cpet surut nya

      Hapus
  10. Tapi banjirnya nggak sampai masuk ke dalam rumah kan, Mbak?. Semoga cepet surut ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ngak riska , amien. Ini ujan naik lagi

      Hapus
  11. Tapi banjirnya nggak sampai masuk ke dalam rumah kan, Mbak?. Semoga cepet surut ya, Mbak.

    BalasHapus
  12. untung selama 20 tahun tinggal disini belum pernah ngalamin banjir
    moga cepet surut yah mba banjirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow keren, tinggal dimana ini?
      Amien smoga cpet surut

      Hapus
  13. Sukodono banjir juga gak, Niar? Duh tak telpon ibuku deh nanya kabar.
    Semoga cepet surut yaa nduuk banjirnya, daku kan mau pulang msak disambut banjir heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu mbak ayu, smoga ngak yaa mbak,kalaupun banjir smoga segera surut

      Hapus
  14. banjir melanda hampir setiap daerah artinya sudah ada hal yang harus dibereskean secara cepat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tira, drainase nya harus di perbaiki biar joss

      Hapus
  15. mudah-mudahan masalah banjir bisa usai di Indonesia

    BalasHapus
  16. Di wilayah perumahan bumi cabean asri candi sidoarjo. Juga semakin parah banjirnya. Sudah pada masuk ke dalam rumah2 warga.
    Banjir yg tak kunjung surut dan curah hujan yg terus2an tinggi.

    BalasHapus
  17. Jepara daerah pasar biasanya banjir. kalo tptku nggak. banjir parah, mgkn kalo ada tsunami. moga2 gak deh

    BalasHapus
  18. semoga banjirnya cepet surut nggeh mbak ..

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com