Mengurus Surat Tilangan, Siapa Takut ke Pengadilan

10.28

Sebagai pengendara motor wanita yang baik dan suka keluyuran seperti saya ini kudu, harus, wajid punya SIM C, surat2 motor lengkap, helm SNI lengkap, plus pake jaket+sarung tangan+masker hidung+kaos kaki biar ngak gosong siang siang keluar nya.

Pengadilan Negeri Surabaya di jl Arjuno:p
Waktu itu pas siang hot potato2 (baca : panas kentang2) niar mau jalan ke Tunjungan Plasa kok yaa apes banget kena tilang pak polisi, mangsa mepuk banget batin polisi ne, lha gimana lagi wong motong MARKA jalan lurus jeh, hadeh....kalau dari jalan irian barat (baca : irba) mau ke arah basuki rahmat (kece baca basra) kan ada tuh buat belokan ke arah TP, tapi sayang banget saat ini ada pakpol di pos jadi mangsa super empuk niar.


Berhubung niar masih mahasiswa yang di dompet tinggal ceban dan itu mau ambil duit tapi ngak jadi bersyukurrr, awal nya pakpol ngajak damai tapi ngak jadi bok wong tak kasih liat dompet tinggal ceban doang, hahahaha

Yowes sidang ajah dan yang dijadikan "tahanan" itu SIM C.

Dung dung kok ngak minta lembaran kertas yang warna BIRU yang bayar nya di bank ajah, pas di tilang dikasih warna MERAH bakalan bayar langsung di tempat sidang.

Seumur umur belom pernah ketilang, atau pun sidang di pengadilan negeri. Sekalinya kena tilang ngurus di Pengadilan Negeri Surabaya yang di jl. Arjuno itu lho, tiap hari mesti ruame tiada henti.

Disini, niar bakalan share pengalaman kemarin waku mau ngambil SIM C yang ditahan.

Jejer mobil e apik2 bok


Cara Mengurus Surat Tilangan di Pengadilan Negeri :

1. Hati-hati sama CALO.

Jadi gini, di pengadilan negeri surabaya itu ada parkir motor & mobil di luar PN, nah itu bakalan banyak orang yang "maksa" buat pake jasa mereka sebagai "ANDA" alias calo yang bayarin tilangan anda dan tarif e lebih mahal daripada ngurus sendiri, kudu pasang tampang cuek bebek, OK.

2. Jangan Malu Bertanya.

Ini neh penting, buat yang pertama kali sidang di pengadilan negeri arjuno kayak niar, yaa kudu aktif nanya ke petugas berwajib di lokasi, mau nanya satpam boleh, petugas juga boleh karena mereka yang bakalan memberi tahu bakalan sidang di RUANGAN yang mana, karena di dalem Pengadilan Negeri arjuno buanyak ruangan sidang.

Niar sidang di ruang CHANDRA dep depan sama ruangan cakra, yang antri sudah banyak, nanti ngumpulin surat tilangannya, abis gitu nunggu masuk ruangan dan nunggu di panggil, nunggu bayar pula.

3. Kudu Extra Sabar.

Kenapa kudu extra sabarr??? Karena eh karena menunggu lagi dan lagi, menunggu membosan kan toh, ngak bisa di tinggal pula, takut nya pas nama dipanggil kita ngak ada terus mau nunggu sampek kapan coba :p

Jadi kalau bisa ke pengadilan negeri ngurus surat tilangan itu pagi ajah jam 8 pagi udah di PN, sarapan ben ngak semaput, menghindari antri yang bejibun, bawa cemilan sewaktu2 bisa di makan waktu antri.

4. Siap Telinga dan Sigap.

Kudu extra buat siapin telinga, bakalan di panggil tuh nama kita hanya 3x, nah waktu di dalam ruang sidang dengan puluhan orang lainnya yang menunggu jadi bakalan rada bising dikit seh.

Oiyaa selain itu kudu sigap sama barang bawaannya, ati2 ada tangan usil tuh kan umpel2an orang e banyak toh kalau kayak gitu.

Kudu Sigap dan Waspada.

5. "Menebus" yang di tilang.

Jadi abis dipanggil nama kita, bakalan disuruh keluar ruang sidang buat "menebus" yang di tahan kan, kemarin yang di tahan SIM C.

Duit e Numpuk tuh
Melanggar Marka : 31k ( Sepeda Motor) ada yang kena 36k
Melanggar Lalu Lintas : 61 (Mobil) ada yang kena 41k tergantung kesalahannya.

Bayar nya mesti ada ganjil nya, ada 1000 nya, nah bayangkan 1000 kali berapa terdakwa yang kena hayok, banyak kali yaa itu baru 1000 belom yang salam "damai" itu yaa. Coba kalau "damai" kena berapa tuh yaa..

Jai kesimpulan dari mengurus surat tilangan, siapa takut ke pengadilan itu jadi lebih berani menghadapi hal-hal yang kadang orang belom faham.

Terus sekedar memberi info ajah yaa, kalau udah di TILANG dan NGEYEL, ntar di surat tilang nya ada tanda * dan itu kudu minta maaf dulu ke orang yang nilang, baru diproses di penfadilan, aduh amit2 deh yaa, cukup sekali ajah kena tilang nya. Sekarang kudu ati2, jadi males keluar siang2 banyak pakpol yang razia dadakan itu lho yaa maklum kota metropolitan ke dua kan yaa.

Yaudah deh yaa, semoga membantu buat yang kena tilang dan kudu ngurus ke pengadilan, ngak perlu takut, kudu BRAVE kayak lagu nya mbak Sara Beraillers #sukabingit.

You Might Also Like

30 Cuap-Cuap

  1. ada tandanya juga dan disuruh minta maaf,baru tahu...hati2 ya niar^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku yaa baru tau kmren dikasih tau temen pas disana, ada yg kena bgtu kesian deh...

      Sampeyan yaa hati2 banyak asap 😍😍

      Hapus
    2. calo ada dimana-mana ternyat ya :D belum pernah urusin masalah kena tilang sendirian nih :D

      Hapus
  2. kadang nek ndungokno alesane sing ditilang macem2 lucu2, komene hakime kadang yo mbanyol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kmren ngak ada yang begituan, dipanggil langsung bayarrr

      Hapus
  3. aku baru tau kalau ada tanda * hehehe. kalau haru sminta maaf berarti balik dulu ke polisi yang nilang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mama lidya, kemarin juga dikasih tau temen ku 😂😂

      Hapus
  4. Aku biasanya damai, Mbak Niar, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kaalau beginj ngak ikut2 mbk endang 😜😜

      Hapus
  5. awal tahun kemarin aku kena tilang niar, tak ambil sendiri...emang harus sigap..kuping harus dipasang ya pas si bapak manggil nama kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh benul mbk dwi, leg di celuk 3x ngak ada kan repottt :p

      Hapus
  6. mending ke pengadilaaan... lbh murah, tinggal duduk, dipanggil langsung bayar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benul sekali nyonya beaar, nunggu ajah yg kudu extra

      Hapus
  7. Belum pernah ngalaminnn
    Uda takut bayanginnya ribettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak ribet, gampang banget kok mbk

      Hapus
  8. Kata teman kalo melanggar, daripada damai mending ditilang. Perasaan memang ribet, tp denda yg dibayarkan masuk kas negara, bukan ditilep oknum.

    Jd khawatir kalau kalau nanti kena sweeping hidung pesek :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iyaa di tilep itu kan kan... Udah lah TJ mereka juga :p

      Yaelah mana ada sweeping hidung pesek :p

      Hapus
  9. Berarti kalo ditilang gak boleh ngeyel ya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ika, panggil abang gojek ajah enakkk ka ngak khawatir 😂😂

      Hapus
  10. iy kalau kita benar ngapain takut ya?

    BalasHapus
  11. Dari kuliah naik motor tapi nggak punya sim, sekalinya ada razia disuruh lewat terus, alhasil sampe sekarang kalem banget nggak bikin sim *nakal memang heuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bejo banget sampeyan mbk anggi, skrg yaa masih sering naikk motor sndri kah?

      Hapus
  12. Ngga dikonconi Bapak, Niar? Hahaha
    Kalau urusan tilang gini, mending sidang. Lebih aman.

    Lain kali lebih jeli utk marka jalan, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ora mbk idah, malah yoo di guyu ayah pas tau sidang hahahaha...

      Inggih bu idah :)

      Hapus
  13. aku juga pernah kena tilang ... tapi baik2 saja karena itu polisi kasian lihat muka syaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok enak baik2 ajah bejo berarti, ngak pakai "damai" kan mas

      Hapus
  14. Pernah ketilang, tp kok gak dikasih map merah atau biru ya tp dibilang langsung sidang githu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaah kok map seh, itu kertas biasa ajah putih biasanya bisa sidang juga :D

      Hapus
  15. memang banyak calo dan pungutan liar dimana mana ya mbak, kadang polisinya juga sama sepertiitu :(

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com