Wong Jowo Lali Jawane

16.24






'Eehh gua mau beli ayam friedchicken satu porsi yaa' pake logat jakarta pake songong segala.

'Inggih cah ayu, minum opo nduk?'

'Gua mau softdrink, ada?'

'Enten cah ayu, lenggah pundi?'

'Tuh, dipojok sana yaa, tolong cepetan' sambil nunjuk meja kosong.

Terus si cewek itu duduk di tempat meja kosong pojokan itu, nah si budhe ku ada di deket meja nya si cewek itu. Budhe ku ngeliatin dari awal cewek itu pesen makanan toh yaa, terus kepo lah budhe ku tanyain cewek itu.

'Kamu bukan orang asli sini yaa cah ayu'

'Asli kok bu, kenapa?' dengan nada jutek tetep logat sok jakarta.

'Ohhh, kok logatnya kayak orang jakarta yaa, sudah lama di jakarta?'

'Baru balik ke jawa ini bu, kemarin2 seh di jakarta'

'Lama cah ayu di jakarta?'

'Lumayan, 6 bulanan bu' masih songong banget, belagu ngomongnya.

'Asli mana toh cah ayu?'

'Asli surabaya bu, kenapa seh bu tanya2 terus?' masih songgong logat bahasanya.

'Walah cah ayu, cepet banget toh malih bahasa ne. Wong budhe ajah asli klaten di Surabaya 40 tahun yaa bahasa budhe ndak malih langgsung lho cah ayu, masih ada jowo ne lho nduk, lha kamu baru 6bulan di jakarta bahasa nya udah berubah logat nduk'

Si cewek cuek bebek weekk weekk gitu.

Budhe cerita sama aku sampek gregeten banget, mosok yaa baru 6bulan di jakarta logat dan sikapnya udah beda gitu, ikut2an kehidupan yang hedonisme di sana. Padahal yaa banyak banget orang yang di jakarta lama yaa ndak gitu, asli jakarta malah anteng2 ajah gag kebanyakan tingkah tuh.

Coba deh tanya sama orang yang ada di jakarta, entah asli orang jakarta atau pendatang ndak semua nya kayak gitu. Iyaa kan??

Sampek budhe ku bilang gini :

'Oalah cah ayu, dirimu i cantik orang jawa, manies semanies gendis. Tapi sayang banget nduk, wong jowo lali jawane, maleh (berubah) e cepet bener toh nduk.'

Kalau niar yang jadi budhe tak tambahin deh : 

"Kalau anak muda kayak kamu ada 1000 orang ajah, mau jadi apah budaya daerah. Budaya sendir dilupakan, tergerus era globalisasi dari budaya barat. Terus kalau udah tergerus budaya barat, budaya daerah lenyap dong, anak cucu cicit kita gag tau budaya daerah dong. Hah?? tidakkk????".

Terus yaa orang jakarta sama surabaya kan satu pulau toh di Pulau Jawa, kok yaa bilang balik ke jawa, emang surabaya ndak dari jawa yaa #liat peta.

Noh peta PULAU JAWA



Buat dulur blogger, ada orang kayak gitu enaknya diapainn yaa??

Pernah ketemu orang kayak gitu gag yaa dulur blogger lainnya?? Ceritain dong ke niar :D


#berusaha untuk nyicil posting, bentar lagi ada kejutan di awal Tahun 2013, tungguin yaa kawan :D

You Might Also Like

69 Cuap-Cuap

  1. semanis gendis,.. :wew bisa buat bumbu sayur dunk :eh

    wong jowo lali jawane, akhirnya disebut ora njowo -ngerti- :kata guruku dulu gitu:

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh tumben pertamak yak :D

      Hapus
    2. perkenalkan nama gue rivai asli solo.
      gue hidup disurabaya udah 2 tahun kurang

      tapi tetep kalem dan menggunakan bahasa jawa kromo inggil kalo ngumung sma orang tua.

      jancoek, ngadang2 i dalan wae koe kie mbah!!!!!
      minggir!!!

      Hapus
    3. hahahah mas srulz leg ora njowo lag ora apik toh yaa :D

      Inggih mas vai, lha aku malah ndak bisa kromo inggil jeh, leg pake kromo inggil e suroboyo yoo ora tau kyok hancik :p

      Hapus
  2. Yang seperti itu banyak Ni ...
    Lebih Jakarta dari Orang Jakarta itu sendiri ...

    (dan maap ... ) yang suka bikin rusuh di Jakarta itu ya ... yang semacam ini ... (sekali lagi maap)

    snobish ... dan masih agak "kagok"

    qiqiqiqi

    salam saya
    (bukan orang jakarta)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru enam bulan ?
      (tambah tepok jidat sayah ...)

      qiqiqiqi

      Hapus
    2. heummmm,kalo yang begituan sih buwanyuakkk nduk...biasalah,baru dari ibu kota jakarta yang KATANYA kota metropolitan hehehe...
      Mungkin dah sering lihat dan denger dengan mata kepala sendiri jadi yaaaa udah biasa ajah,cuek aja..dulu sih seringnya bilang "ih norak bangettt seh"..."kemenyek'e arek iki" tapi sekarang dah biasa nduk >_<

      Hapus
    3. hehehe iyaa om nh, melebihin orang asli jakarta nya yee :D
      Iyaa 6bulan banyak tingkah #plak :D

      Iyoo mbak zwan, kemenyek kok kakean gaya, wong jowo yoo jane isok toh ngomong jowo :D

      Hapus
    4. wahahahahaha...iya nduk,sabar yooo xixixixixi

      Hapus
  3. Wahahahihihi,
    orang Jakarta malah gak ada yang kek gitu kayaknya :P
    Songong amat euyyy itu orangnya wkwkwk.
    Nek aku gak lali jawanya kok mbaaak, cuma kadang mbak niar ngomong jawa aku suka gak ngerti :P :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha yaa ntar di kasih terjemahaannya deh mbak un :p

      Hapus
  4. Jadi ingat almarhumah ibu... dulu sering bilang..."Wong inggris iso boso inggris. wong londo iso boso londo... mosok wong jowo ora iso boso jowo."

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iyaa gitu bunda, tapi niar juga ndak begitu bisa bahasa jawa :D

      Hapus
  5. saya yakin kalau cewek itu di jakarta kerja sebagai PRT

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak tau mbak indah, ndak nebak2 aah :D

      Hapus
  6. malunya ... padahal banyak yg ingin bisa bahasa daerah, beh ... miris liat pemuda pada belajar bahasa korea, inggris, mandarin, padahal bahasa sendiri di lupain

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitulah mas monkey, tapi yaa tetep harus belajar lagi bahasa daerah :D

      Hapus
  7. Kalau yang kayak gitu mah sering.
    tapi ya dicuekin aja, dibilangin juga gak mempan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhehe tergantung orangnya juga bang oi :D

      Hapus
  8. mending niar ada yang gak sadar klo bahasa gaulnya kecampur bahasa jawa :D

    "bu, gw minta tambah duduhnya donk"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumprit ngakak banget deh :D

      nah nah itu malah gaul kebablasan :p

      Hapus
  9. nyalahin diri sendiri yuk mbak Niar :)

    BalasHapus
  10. Bukan berarti gue juga seperti itu lhoh ya, meskipun di blog gue pakek bahasa loe gue, tapi di dunia nyata gak seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa tah mas ade, ciyus gag pake bahasa gue elo gituooo :p

      Hapus
  11. Aku aja ndak segitunya lhoo ...


    Bolehlah orang Jabodetabek, tapi kelakuan tetep siip .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa makanya itu mas, orang asli sana ajah dak kayak gitu :D

      Hapus
  12. Banyak yang kaya gitu ogk mbak Niar, biasanya memang para pendatang yang ingin terlihat sok di daerah asalnya. Pulang kampung pamer, berlagak sok banget, sok kaya, sombong bahkan songong. Di sekitar daerahku juga banyak yang merantau di Jakarta, tapi kalo lagi balik ke kampung ya udah kebiasaaan semuanya balik lagi. Kalo ada temen yang songong kaya cerita di atas ya jangan harap punya banyak temen lagi di kampung hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa begitulah mas ichink, sombong nya di duluin tuh :p

      Hapus
  13. Oalah, ckckck .
    Ojo nganti lah koyo ngunu :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. inggih mbak mugo2 ndak kayak gitu :d

      Hapus
  14. bukan itu doang... anak2 jaman sekarang malah banyak yang gak bisa bhs indonesia. bisanya ngomong inggris. padahal mereka tinggal di indo... ironis kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa om arman kayak sekolah2 internasional, mana ada bahasa daerah nya, oohhh dammm

      Hapus
  15. sering denger orang pake logat jakarte padahal bukan orang sana jadi aneh dengernya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyoo mbak apah lagi bahasanya masih ada logat jawanya :D

      Hapus
  16. Nek di tempatku banyak yg dari luar negeri gayane sok sok'an. Yg ini malah lebih gawat, karena bisa melupakan budaya Indonesia. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nah itu dia mbak tarry, mugo2 leg niar ke paris ndak somse, xixixixixx :D

      Hapus
  17. in the name of kemenyek mungkin ya, apalagi baru 6 bulan. haduuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyoo mbak kania, menyepek poll pake notok :p

      Hapus
  18. mbak niar..

    kalo saya udah saya keluarkan celurit ato kapak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka ojok mas, di nasehatin ajah orang kayak gitu :p

      Hapus
  19. Nek aku jelas wong Jowo asli lan ngomongku yo mesti nganggo basa jawa

    BalasHapus
  20. Aku kerja di Jakarta udah hampir 9 tahun, tapi kalo ada kesempatan ya tetep ngomong bahasa sunda, ber-gue elo cuma sm teman yg memang sejak awal sudah begitu. Kalo sm temen SD-SMP di rumah ya biasa aja, ketemu teman SMU ya cirebonan, ketemu temen kuliah ya pake basa sunda, malah seru toh jadi 'kaya'.

    Si cewek itu msh mencari jati diri Niar, suruh bikin KTP gih #eh? qiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe itu yang bener yaa mbak orin ndak lupa sama budaya:D

      ktp nya ilang tuh :p

      Hapus
  21. org jakarta emang klo ngomong ayam friedchicken, ayam friedchicken yak? bwahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha niar gag tau mbak mila, menurut orang jkrt gmana?

      Hapus
  22. Ya benar Mba, terkadang sekarang banyak orang terlalu meremehakan budayanya sendiri, dan tidak mau bangga akan budayanya dengan segala nilai tradisi yang tertanam didalamnya.

    Padahal suatu nilai tradisi dalam budaya terdapat nilai yang tinggi terhadap budipekerti (akhlak). Itulah keunikan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa mana pun, yang sekarang justru bangsa asing banyak belajar dan menggali tradisi nilai bangsa Indonesia. Kenapa sekarang malah bangsa kita sendiri yang melecehkan hal tersebut.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa pak indra harus menanamkan dari dalam diri sendiri :D

      nah itu dia pak, cintai lah budaya indonesia yang beraneka ragam :D

      Hapus
  23. cepat terbawa arus ya :) suamiku sudah 9 tahun dijakarta tapi masih ketauan dia orang jawa dari logatnya :)

    BalasHapus
  24. Lah saya kok malah bangga dadi wong jowo...
    wah tunggu aja postinganku dengan filosofi jawa...

    BalasHapus
  25. Hahahaha, lha di bwi sj tuh para penyiar radio bahasnya pke gue-elo tuh.

    #neg aku iso Jowo gak yo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha yoo ndak di bawa juga kale mbak :D

      mosok toh, perlu bukti :p

      Hapus
  26. Hahah. .
    Mba-nya tuh lebayy banget tuh. :D
    Niar dongkol. .. :P

    itu si manies gendis koq ikut disebut sama budhe. :D
    semoga populasi anak yang seperti itu semakin berkurang ya, Niar.

    Mari kita lestarikan bahasa kita masing2. KArena aku asli mbanjar ya jawane kadang ngapak. :)

    Maqlum ya? :D
    Aku tunggu kejutan di Januari. ^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyoo titik ae mbak :p

      iyaa dong ben ikutan manies :p

      Nah itu dia, dikasih terjemahanne toh yoo mbak :D

      Hapus
  27. Setuju. biasanya orang pe.datang gitu yg sok sokan bahasa gaul. yg asli jakarta seh anteng aja.. hehehe..

    Btw. aku udah ketemu sama.link blogmu niar. mudah2an gak lupa lagi. maklumlah pikun gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa mbak nie :D

      AYoo di simpen link nya mbak :D

      Hapus
  28. Banyak lho yang ngomong gitu. " Bapak lagi pulang ke Jawa". Padahal dia di Cimahi.
    Salam hangat dari Galaxy

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha nah itu dia dhe, gag ngerasa di jawa :p

      Hapus
  29. Jakarta = Betawi
    Bandung = Sunda
    Jateng - Jatim = Jawa

    Hal wajar bagi orang perantau, merantau di Jakarta, Bandung, tetep kalo pulang ya bilangnya ke Jawa, krn identik dng Suku Jawa. Krn Jakarta identik dng Betawi. Jadi, bilang pulang ke Jawa itu maksudnya SUKU, bukan Pulau hehehe. Buukan membela diri, tp saya paham krn ortu saya juga merantau puluhan tahun. Contoh : "Suk Sabtu, ibu muleh ning Jowo." (kerja di Bogor)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah nah itu dia padahal satu pulau toh yaa om :D

      Hapus
    2. Iya mbak, 1 pulau tapi banyak suku kan? Maksud perkataan JAWA (pulang ke Jawa) itu adalah suku, bukan pulau lho seperti yang Mbak Niar pikirkan hehehe. Ini sebenarnya hanya pemahaman saja.

      Terus kalo bahasa yg sok gaul itu, itu yg ngga bener :P nggak boleh ditiru bin diikuti.

      Hapus
  30. Suka bilang, dari Bandung besok pulang ke Jawa
    dari Jakarta besok pulang ke Jawa
    seolah2 Jakarta, Banten, Bandung dsb itu bukan Pulau Jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pulau memang sama2 Jawa. Tapi kalau suku, baru beda :D
      Jakarta = betawi
      Bandung = sunda

      Kalau bilang mau pulang ke Jawa berarti pulang ke sukunya :D

      Hapus
  31. Jopokno ulekan watu, totokno nok gulune neng. Hehehe.

    males kl ada org kayak gtu mbak...

    apa lg yg maksa, tau logat medok, tp maksa ngomong sok. Hueeek

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com