Idul Fitri Terakhir Bersama Yangkung

12.23

Bismillahirohmanirohhim :)

Membuat postingan ini dengan penuh perasaan campur aduk di hati walaupun sudah lewat lama lebarannya tapi dengan adanya GA di tempatnya bunda sumiyati membuat niar menorehkan seberkas cerita yang tak bisa terulang kembali.

Betapa sering nya niar menulis di blog ini tentang yangkung kartono. Yangkung kartono itu orang nya gagah, guanteng, plus gag pantang menyerah sampai beberapa kali keluar masuk rumah sakit masih kuat buat bercanda sama cucu dan cicit nya lho, orang nya juga tegas banget, maklum dulu waktu mudanya pernah jadi anggota kesatuan tentara gitu cuma gag tau pastinya jadi apaan. Kalau cerita sejarah hafal banget, adek ku paling suka banget minta cerita sejarah pas jaman perang sama jepang ke yangkung.

Lebaran tahun ini memang sudah ada sinyal akan kepergian beliau yang secara tidak langsung tersirat, mulai dari niar yang beberapa minggu jadi demen sama bunga sedap malem lho, sampek beberapa kali beli di pinggir jalan yang jualan kembang gitu, padahal yaa dulu-dulu gag demen kembang kembangan bau yang wanginya menusuk hidup, serem deh bau nya.

Yangkung juga perjuangannya taun ini bener bener panjang banget dan sakit, sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit, kayaknya rumah sakit jadi tempat berjumpa rekreasi keluarga kalau mau ketemuan sama yangkung.

Pertama kali masuk rumah sakit di bulan Januari karena jatuh dari kamar mandi, itu sempet niar ikutan jaga tidur di rumah sakit Karang Menjangan yang serem banget, malem tuh sering geledekan mayit lewat seliweran gag bisa tidur #hiii bulu kuduk ku merinding ini. Niar pernah ceritain menjadi 2 part : satu dan dua

Waktu di rumah sakit karang menjangan.

Kedua kalinya masuk rumah sakit di RSAL yang hampir merenggut nyawa yangkung habis di sutik diambil sampel sumsum bagian belakang pake jarum guede banget gitu, sakit banget toh itu yangkung hampir gag bisa napas, sangking menahan rasa sakitnya. Sakitnya niar gag bisa rasa tapi dari guratan wajahnya membuat niar tau, sakit tiada terkira sampai hampir lumpuh gitu, yaa allah begitu berat perjuangan yangkung.

Pernah yangkung bilang gini ke ibu :

'Mbak sri, kalau lebaran besok, tolong bilangin ke anak anak ku suruh kumpul semua nya yaa'

'Enten nopo pak?'

'Aku mau pamitan'

Ibuku cuma bisa menahan tangisnya, keluar dari ruangan yangkung ibu langsung nangis cerita kalau yangkung bilang tadi.

Setelah beberapa kali masuk rumah sakit yang membuat tubuh yangkung makin mengurus, makin lesu, udah gag bisa apah apah lagi, harus di bantu sama orang lain. Orang yang dengan ikhlas merawat yangkung dalam kesehariannya om ku, yang sampai sekarang belum sempat menikah. Yaa allah begitu iklas nya om ku buat mengabdi sama yangkung.

Niar gag bisa meneteskan air mata waktu ketemu yangkung di hari lebaran kemarin, pagi ketemu hanya tidur dan dalam tidur nya gag mau dibangunin, mana anak-anaknya belum pada ngumpul. Sore harinya ada beberapa anak-anak dan keluarganya berkumpul buat bertemu sama bapaknya dan saling bermaaf-maafan.
Yaa allah niar gag bisa menahan tangis waktu liat yangkung dalam keadaan diem lunglai di atas tempat tidur, yangkung buat makan nasi ajah udah gag bisa harus bubur, itu pun gag bisa banyak.

Mau pulang sama yangkung itu gag boleh lho, setiap yang salaman pasti di pegang tangannya lama banget, terus yang paling lama di pegang itu adek ku, yang sering diceritain perjuangan sejarah dulu. Niar itu berusaha buat tersenyum yangkung tapi gag bisa senyum hanya sorotan mata yang nampak bahagia melihat sebagian anak, mantu, cucu, dan cicitnya berkumpul sebelum beliau menutu usia.


Tapi itu Lebaran Terakhir Bersama Yangkung di ngagel sebelum wafat pada 23 Agustus 2012 jam 2 : 30 wib di ngagel. Yaa allah semoga ini jalan yang terbaik untuk yangkung R.H. Kartono, semoga segala amal ibadahnya diterima oleh Allah, diberikan kemudahan dan kelancaran, di berikan tempat yang terbaik untuk yangkung, amin amin amin #Al-Fatihah.


Senja di TPU Keputih Surabaya

 


NB : Sekedar mengabadikan moment terakhir lebarang bersama yangkung, dan dalam penulisan ini siang hari di kantor sambil berebes mili #gag ada orang yang liat.

You Might Also Like

98 Cuap-Cuap

  1. OWALAH.. mba niar sempet-sempetnya narsis hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jaman masih lumayan sehat gia :D

      apah kabar muh ndug?

      Hapus
  2. masih sempet foto2an ya Niar :) jadi foto terakhir dan kenangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa itu waktu dirumah sakit pertama kali :D

      Kenangan terakhir, foto terakhir sampek di liang lahat mama lidya :D

      Hapus
  3. semoga amal ibadah eyang Kartono diterima disisi-NYA amiin..

    sukses GA-nya Niar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien amien, makasih yaa om lozz :D

      Hapus
  4. Aamiiin buat doa2nya...

    semoga sukses GAnya ya Neng Niar

    BalasHapus
  5. Terharu bacanya Mbak Niar..Yangkung sekarang pasti sudah bahagia diatas sana, bersama khalik-Nya..Kita doakan dari jauh semoga beliau tambah bahagia ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa niar sendiri nulisnya juga mbrebes mili bu evi :(

      AMien, semoga bahagia terus yaa dialam lain,amien :D
      Maksih yaa bu :D

      Hapus
  6. semoga amal ibadah eyang diterima di sisinya ya niar :))

    sukses untuk GA nya

    BalasHapus
  7. Wah luar biasa pengorbanan Omnya.. ngebayangin di suntik jarum segede itu di usia itu.. semoga Yangkungnya di berikan tempat terbaik di sisiNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa om, luar biasa banget mengabdinya :D

      Amien, amien, amien :D maksih yaa om :D

      Hapus
  8. Semoga Yangkung diterima disisi-Nya.
    Semangat ya Niar,,,
    dan sukses buat GA nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien amien, makasih yaa om :D

      Hapus
  9. Saya sangat tersentuh dengan cerita ini. True Story. Niar bersama dengan almarhum di saat atau moment terakhirnya itu adalah momen yang sangat berharga dan akan selalu diingat dalam hati. Semoga ALmarhum di terima Allah SWT, dan dimasukkan ke dalam Syurga Allah SWT. Amin Ya RObbal Alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pak asep ini bener2 true story, moment yang berharga bagnet gag bisa dilupain :D

      Sampek sering keinget dan kimpen2 na :D
      Amien, amien, amien, makasih yaa pak :D

      Hapus
    2. Teman teman kantor dan blogger memanggil ku dengan sebutan "Kang Asep". :)))))))))))))))

      Hapus
  10. sukses buat kontesnya ya Niar

    BalasHapus
  11. Semoga amal ibadah beliau di terima-NYA, Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien amien, maksih yaa mas gandi :D

      Hapus
  12. adikku ini, saat yangkung sakit aja masih sempat futu2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeh ayah haris ganti nama yaa :D

      Itu waktu masih sehat ayah :D

      Hapus
    2. hehe iya, biar namanya lebih romantis
      oh saat masih sehat toh :)

      Hapus
  13. Semoga yangkungnya Niar tak lagi merasakan sakit disisiNya ya Niar... dan ditempatkan di tempat terbaik..Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien amien, maksih yaa mbak haya :D

      Hapus
  14. Kirim tissue buat Niar....
    Ditinggalkan oleh orang tersayang siapapun dia pasti bikin mbrebes mili.
    Semoga Yang Kung damai disisiNya
    Semoga juga kamu menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih pak mars #ambil tisu #setrup setrup :D

      Iyaa pak, sampek2 kalau inget bikin nangis sendiri :D

      amien, amien, amein amakasih yaa pak :D

      Hapus
  15. turut berduka cita mba niar,,,semoga yang di tinggalkan di beri ketabahan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih yaa om, amien amien amien :D

      Hapus
  16. bacanya terharu hik .. hik .., terima kasih mbak Niar telah tercatat sebagai kontes kenangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyee nulisnya sambil brebes mili ini bunda :D

      Makasih juga bunda :D

      Hapus
  17. wah,, terharu banget :') bagus postingnya :')

    BalasHapus
  18. sakit banget lho mbak, menderita banget diambil sampple dari tulang belakangnya,

    sedih ceritanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, bener sakit :D

      iyaa sedih banget :D

      Hapus
  19. gue cuman bisa bilang...Semoga Menang Kontesnya and gue yakin R.H Kartono juga mendoakan niar menang di kontes ini!

    BalasHapus
  20. Innalillahi Wainnailai rojiuun
    semoga amal ibadah beliau diterima Allah Subhanahu Wata'ala.

    Tetep aja narsisnya keluar ya kalau ada kamera...
    Semoa sukses dengan Kontesnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, makish yaa bunda :D

      hahaha narsis nya waktu yangkung masih sehat lho :D
      makasih bunda :D

      Hapus
  21. turut berduka cita.. semoga amal ibadah diterima Allah

    Salam kenal dari Aceh ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaa :D

      Salam kenal juga dari Sidoarjo :D

      Hapus
  22. Salam kenal mbak :) kunjung balik ya

    BalasHapus
  23. Saleum,
    Ada baiknya kita yang masih hidup senantiasa mendoakan beliau supaya dialam sana diberi anugrah oleh Allah dan dikumpulkan bersama para syuhada ya ponakan.

    BalasHapus
  24. Sedikit tercekat juga nih tenggorokan..saat kamu memaparkan betapa dekatnya eyang kakung dengan adikmu..sehingga seakan gak rela melepas jabatan tanganya..
    Semoga R.H Kartono mendapat tempat disi-Nya.. Yaitu tempat diantara orang orang yang beriman.. Amin
    Semoga sukses kontesnya..

    BalasHapus
  25. Sedikit tercekat juga nih tenggorokan..saat kamu memaparkan betapa dekatnya eyang kakung dengan adikmu..sehingga seakan gak rela melepas jabatan tanganya..
    Semoga R.H Kartono mendapat tempat disi-Nya.. Yaitu tempat diantara orang orang yang beriman.. Amin
    Semoga sukses kontesnya..

    BalasHapus
  26. waduh kok sedih gini postingannya..

    tapi tetep aja "semooga menang ya mbak"
    :(

    BalasHapus
  27. idul fitri kemaren adalah idul fitri pertama tanpa ayah :(

    BalasHapus
  28. Sabar yang kuat ya -__- , Semoga amal ibadah diterima di sisiNya, aamiin

    BalasHapus
  29. Innalillahi wainna ilaihi rojiunnn...
    Mdh2an yakung kartono berada di tempat terbaik di sisi-Nya. Amin!

    BalasHapus
  30. ditinggal orang yang kita sayangi itu emang gak enak yah Niar.. aku tau banget rasanya.. Tapi kita cuma bisa ikhlas dan sabar sembari mendoakan...

    BalasHapus
  31. Al Fatihah utk Yangkung ya Niar

    BalasHapus
  32. yang kung kamu pasti bahagia 'disana' :)

    BalasHapus
  33. Inalillahi wa ina ilaihi roji'un... turut berduka cita...
    semoga amal ibadah yangkung diterima oleh Alloh Swt :)

    BalasHapus
  34. sempet juga buat narisi,,,semoga di terima segala amal kebaikanya

    BalasHapus
  35. yang sabar ya ,, dan semoga sukses selalu .. :)

    BalasHapus
  36. iya makasih atas berita yang pengtingnya

    BalasHapus
  37. waduh... si eneng ini.. nyempet nyempetin narsisan...

    BalasHapus
  38. semoga amal ibadahnya di terima ya... N semoga kel yg ditinggalinnya di beri kesabaran...

    BalasHapus
  39. wah baru tau ni caranya. makasih ya

    BalasHapus
  40. blognya sangat keren dan informasinya sangat menarik,terpercaya.. makasih

    BalasHapus
  41. waw is good is beautifull.. danke für die Information

    BalasHapus
  42. semoga kakeknya masuk bersama orang2 yang di muliakan Alloh!!

    BalasHapus
  43. ih bibir manyun nya sangat cantik banget ilove :X

    BalasHapus
  44. salam kenal kaka ...

    semoga kakek kakak di tempatkan di tempat yang istimewa d alam sana ,, amiin ,

    BalasHapus
  45. makasih nih gan untuk informasinya!!

    BalasHapus
  46. salam kenal ... jangan lupa kunjungan baliknya yaa :)

    BalasHapus
  47. alhamdulillah aku juga lebaran sama orang tua

    BalasHapus
  48. memang mantap ni artikel beritanya... salam kenal ya

    BalasHapus
  49. membantu juga ni informasinya.. terimakasih ya..

    BalasHapus
  50. selamat siang.. kami senang baca beritanya, sangat bermanfaat ... baca berita di pagi hari memang sangat enak untuk kesehatan.. makasih beritanya

    BalasHapus
  51. met sore.. selamat menjelang ibadah sholat ashar.. thanks for you

    BalasHapus
  52. Good evening, the story was fitted to be listened to. may be useful for visitors

    BalasHapus
  53. terima kasih karena telah memberi saya berita terbaru dan semua pembaca situs ini ... salam sukses

    BalasHapus
  54. salam kenal
    ikut berkunjung saja pak..
    informasinya baik dan menambah pengetahuan buat saya.. terimakasih ya

    BalasHapus
  55. beritanya bermanfaat dan baik untuk di simak.. semoga lancar dan mendapatkan berkah kepada punya web ini..
    salam kenal, sukses pa

    BalasHapus
  56. semoga yakungnya bhagia di alam yg lain,,, :)

    BalasHapus
  57. semoga diberi ketabahan untuk keluarga yakung yg ditinggalkanna :)

    BalasHapus
  58. emhhhh, kunjungan pertama saya nih.hehe

    BalasHapus
  59. iya benar juga. Terimakasih beritanya dan sudah saya simak sangat baik artikelnya

    BalasHapus
  60. oh begitu ya.. oke terimakasih beritanya. seru sekali dan bermanfaat

    BalasHapus
  61. kak, bagaimana ya menggemukan badan.. kurus ni . he
    makasih

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com