Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran

13.03

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran, yang harus dimiliki tiap masing-masing individu, apah lagi buat ibu-ibu yang cowok punya anak SMP atau SMA yang identik sama namanya tawuran. Setiap ibu pasti khawatir dengan perkembangan jaman yang makin memprihatin kan, apah lagi sampai merenggut nyawa salah satu pelajar di SMA daerah Jakarta.

Orang tawuran itu ada yang sekedar ikutan temennya biar dibilang gaul, atau gag bilang solidaritas sama temen, atau gag memperebutkan sesuatu yang di anggap hak dia,tapi kan tetep yang namanya tawuran itu BIG NO buat nyelesaikan suatu permasalahan apah lagi yang cuma untuk gaya-gayaan, gag banget gitu lho :p

Cara Mencegah dan Menanggulangi tawuran bisa dilakukan mulai dari Lingkup yang terdekat dan yang paling intim dalam kegiatan sehari-hari, seperti :

Berani bilang Yes or No dalam berbagai hal.

Lingkungan terdekat adalah lingkup yang paling intim buat membuat kepribadian masing-masing orang menjadi lebih dewasa, saat lingkup terdekat bisa memberikan pengaruh yang baik, maka kita bisa memilih mana yang baik dan buruk untuk kita. So berani bilang yes or no untuk memilih yang terbaik untuk diri kita.

Sebenernya tidak hanya dari lingkup yang terdekat kita dapet bilang yes or no tapi dari berbagai lingkup yang sangat banyak dan mempengaruhi pola pikir masing-masing individu yang dapat mempengaruhi tindakan tawuran itu sendiri.

Pilihan ada di tangan anda masing-masing.


1. Say Yes.

 - Berkumpul bersama orang terdekat, saat keluarga dan sahabat melakukan kegiatan kumpul bersama, dan menjalin komunikasi supaya tidak merasa 'sendiri' di dunia ini, masih banyak kok yang peduli sama diri kita. Dekat dengan orang yang tersayang membuat kita merasakan hangatnya kebersamaan, jadi kalau mau tawuran tuh inget masih ada orang yang sayang menunggu di rumah.

- Mengikuti kegiatan yang positif dan menyalurkan hobi, banyak kok anak yang berprestasi dari sekedar hobi. Buat yang masih sekolah, rajin ikutan ekstrakulikuler deh, makin banyak temen, pengalaman, sapa tau dapet pasangan juga lho. Yang kuliah juga bisa lho ikutan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), jadi kekampus gag cuma dateng, masuk kelas, belajar, nongkrong terus pulang, kalau ikutan UKM makin banyak pengalaman, temen juga toh yaa.

 - Berfikir positif dalam hal apapun, gag mudah juga buat perkiran positif itu, tapi semua itu bisa di latih, banyak orang yang ikutan tawuran gara-gara pikirannya gag positif, contohnya neh tawuran gara-gara ngerebutin cewek super model cantik bahenol antar sekolahan, duh berabe tuh cowok cowok tawuran gara-gara satu cewek itu, gag mikir positif banget, banyak kale cewek yang cantik dan santun untuk diperjuangkan gag mesti pake tawuran segala kan yaa. Terus kalau tawuran, menang, si cewek super model cantik bahenol bakalan mau gitu sama yang anak tawuran, gag lah yoouu :p

So buat apah tawuran kalau buat benjol tubuh, muka babak belur, sampai kerenggut nyawanya hanya karena ulah yang masih membawa emosi sesaat gitu.

2. Harus bisa bilang NO - 'TIDAK'

- Bilang NO kalau ikutan doang. Doh gag bagnet deh kalau di ajakin temen nya tawuran, apah lagi yang bilang 'solidaritas'. Kalau temennya mati, masih mau solidaritas ikutan mati juga gitu. Kalau ada temen yang ribut masalah yang harusnya bisa diselesaikan, bilang dan kasih pengertian dulu sama temen atau diri sendiri. Penting tuh bilang NO kalau sekedar ikut-ikutan ajah gag dipikirin terlebih dahulu.


- NO NO NO, kalau buat tubuh babak belur, muka berubah gag ganteng lagi, apah lagi sampai meninggal, kasian banget untuk satu hal yang sia-sia. Biaya ke dokter dan rumah sakitnya mahal bok, mau tawuran gitu siapa yang mau nanggung biaya nya coba, belum nanggu sakit nya, terus kalau ditangkap pak polisi dimasukin penjara makin ribet tuh urusannya.

-FikTor alias Fikiran Kotor = NO . Nah ini juga salah satu harus bilang NO kalau kita udah mendekati FikTor, orang yang fikirannya kotor tuh bersikap dan menggambil tindakan asal ajah gag mikirin ini bagus gag buat kedepannya, efeknya apah buat aku besok. Orang fiktor mah rugi banget, harus di cuci dulu otaknya biar gag fiktor mulu yee.

-No buat Melanggar Aturan. Jelas banget namanya aturan tuh dibuat untuk di patuhi bukannya di langgar, tapi hari gini orang-orang pada pinter banget ngakali buat melanggar aturan, yaa salah satunya tuh acara tawuran kan yang melanggar ketertiban dan keamanan sekitar. Orang yang di sekitar acara tawuran itu pasti waswas takut kena juga, bahkan di jakarta kemarin orang yang gag ikutan tawuran jadi korban yang meninggal kan, pokoknya  yang namanya tawuran itu meresahakan warga sekitar kok.

Ini salah satu nya yang menurut pendapat niar tentang Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan wacana buat yang mau Tawuran inget ada Keluarga, Sahabat, Pacar atau Suami/Istri/Anak yang menantikan kehadiran anda dirumah dengan keadaan sehat wal afiat.



gambar sumber dari : http://specialty-hospital.com/jordan/how-to-say-yes-to-saying-no/

***

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu : Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran




You Might Also Like

60 Cuap-Cuap

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pakdhe :D

      Seneng ikutan kontes pakdhe bikin dag dig dug dueer nulisnya ini kurleb sejam lho dhe #elap keringet :D

      Salam manies dari Sidarjo dhe :D

      Hapus
  2. wah, ikutan kontes ya!. jadi pengen ikut juga nih.
    kalo gitu gue gak komen banyak soalnya, ntar ketahuan metode gue kalo gue sampain disini hehehhe..
    semoga sukses mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha ayoo ikutan omm, keburu banget kontesnya ditutup lho :D

      Sukses juga om :D

      Hapus
    2. Wah keren artikelnya Niar. Kalaw saya jadi jurinya sudah saya menangkan HIheihieiehieiee. Salam. Kang Asep di Pontianak.

      Hapus
    3. heheheh makasih lho pak, masuk jadi jurinya juga gag neh pak, xixixixi :D

      Hapus
  3. Setuju banget Ni buat ikutan kegiatan yang positif biar mengisi waktu dan menyita pikiran agar ga tergoda tawuran. Enakan juga bertarung masak ya daripadababak belur trus musti masuk rumah sakit. tul ga? semoga sukses Ni.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahaha tarung masak master chef dong om :p
      iyaa dong eman masuk rs tuh gag enak :D

      Sukses juga yaa om :D

      Hapus
  4. Yes Niar, No to tawuran. . . :D
    FikTor itu memang perlu di cuci ya, Niar.
    Biar selalu seer tuh pikiran. . :)

    Selamat ngontes ya? :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyoo mbak idah biar gag kotor seeerr seeerr gitu :p

      selamat ngontes juga twetti :p

      Hapus
  5. Tulisan Niar makin mateng aja nih. Gutlak ya cantik. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak mira :D

      Belajar ben tulisannya gag cengegesan tok :D

      Hapus
  6. Oh Yes..Oh No..
    #Eh... Yes, mendukuung Niar..
    Oh No, aku siap2 di jewer Pakde

    Sukses ya CAntik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tante cantik :D

      hahaha leg di jewer melu yoo te :p

      makasih tante :D

      Hapus
  7. katakan ya, untuk ikut kontes :D
    sukses ya mb' buat kontesnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dong mbak jiah, kalau ndka ikutan gag eksis dung #eeh :D

      makasih, sukses juga buat mbak jiah :D

      Hapus
  8. jadi inget film thailand kesukaan teman saya tentang cewek yang lesbi itu mbak niar, judulnya yes or no, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha niar malah ndak tau kalau itu judul film lho om :D

      Hapus
  9. semoga berhasil dengan kontesnya

    tawuran ya, memang atas nama solidaritas kadang pemuda2 yang masih sekolah ini berjuang dengan teman2 lainnya yang mungkin tak tahu apa masalahnya oleh teman2 yang diajak tawuran.
    kalau udah nyama mengucapkan "selamat tinggal jasadku" apalah arti solidaritas tadi untuk urusan yang masih abu2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, makasih om fajar :D

      lha itu leg selamat tinggal jasadku, kan yoo serem liyane ora melu ninggalin jasad e toh :D

      Hapus
  10. nice! good luck buat kontesnya ya :)

    BalasHapus
  11. semoga menang ya kontesnya

    BalasHapus
  12. Betul tuh, Say no kalau cuma ikut ikutan doang.... malu maluin saja ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dong, apah lagi buat solidaritas, mati ikutan juga gitu :p

      Hapus
  13. mendingan lomba balap karung ajah hahaha dari pada tawuraaaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sama lomba makan kerupuk yaa :D

      Hapus
    2. apalagi makan karung sambil balap kerupuk

      Hapus
  14. Keren tulisannya. Kayak ditulis sama ahlinya. Pembahasannya mendalam tapi ditulis dengan gaya anak abege bangetz ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha makasih yaa om ridwan :D

      Bahasa anak gaul gitu kan niar masih imyut, xixxixixi :p

      Hapus
  15. banyak cara utk mencegah twiuran. budaya menuls jg dpt mencegah lho...

    BalasHapus
  16. hehe.. saia juga dapet tugas buat artikel semacam ini... :^^ huhui :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyee mas kan ikutan kontes pakdhe :D

      Hapus
  17. ya paling penting adalah pendidikan agama & moral,yang sekarang dikesampingkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa itu juga penting kan masuk dari pendekatkan keluarga toh mas andy :D

      Hapus
  18. semoga menang ya, jadi berminat ikut nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, makasih mas, ayoo udah iktan belum :p

      Hapus
  19. yup harus berani say No utk tawuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dong teh, kalau ndak gitu ntar keke ikutan tawuran waduh jangan sampek deh :D

      Hapus
  20. Pokoknya harus punya prinsip untuk berkata tidak pada tawuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dong om lozz, prinsip tuh harus pnya :D

      Hapus
  21. katakan YES dan No pada tempatnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mama lidya, menenmpatkan ditempat yang tepat :D

      Hapus
  22. wah miris liat banyaknya dampak negatif akibat terjadinya tawuran ini apalagi sampai kehilangan nyawa. Semoga tawuran bisa berhenti.

    oh ya,
    saya ngadain kontes menulis berhadiah kecil2an nih, infonya bisa dilihat diblog saya.
    Ditunggu partisipasinya ya. :)

    thanks
    Jun_P.M
    carameninggikanbadancepatalami.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, semoga ndak ada tawuran lagi yaa :D

      Di liat menuju tkp, makasih infonya :D

      Hapus
  23. waaah, keren sekali! Aku jadi pengen ikutan seperti mbak bisa ikutan lomba blog.. Tp punyaku masi cupu nih, ajarin dunk mba Niar...

    Tukeran link blogroll bolehkah? Yuk! Mampir ya ke blog aku, http://www.myfunfoodiary.com
    Di sana ada banyak referensi info tempat makan yang gak bikin kantong jebol.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ikutan ajah lho ndak apah, eeh tadi mampir kok ndak nemu masuk makanan mana kok putih polos , susah navigasinya :D

      Hapus
  24. Perlu pendidikan pAncasil....PMP perlu diajarkan lagi

    BalasHapus
  25. kalau jaman sy dulu di ajakin tawuran, klo bilang no, atau ga ikut abis di bully di bilang ga solidaritas lah atau apalah, klo bilang yes atau oke ikut di bilang baru nih solid.. tapi ujung2nya pas lagi jalan bareng pelan2 ngumpet pura2 ke warunglah.. hahahahaha

    BalasHapus
  26. Itulah moral anak bangsa sekarang. sudah hancur, masalah sedikit jadi bentrok.. hal spele pun bisa jadi penyulut api.. entah apa yg di pikirkan merekaa

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com