3M untuk Tari Tradisional

20.41

Seni Tari yang dibahas pakdhe blogcamp untuk episode khusus nya sangat bikin memikirkan kembali apa yang harus dilakukan seorang warga Indonesia untuk tetap melestarikan budaya nya sendiri.

Saat berita dari negeri tetangga memperlihatkan keindahan kebudayaa Indonesia, baru deh warganya berkoar-koar untuk menghak paten kan budaya nya, kemarin-kemarin kemana saja, kenal budaya juga mungkin tidak, apa lagi mau melestarikannya.

Buat niar dunia seni apa lagi seni tari sudah tak asing lagi, dari kecil niar sudah di ajari untuk mengenal kebudayaan menari ngeremo yang menjadi kebanggaan orang Jawa Timur. Dari kecil sudah dikenal kan dan mulai memahami dan mengerti akan keindahan kebudayaan tari menari di Seluruh Indonesia.

Tapi saat duduk di sekolah lanjutan pertama, kegiatan seni tari tradisional itu pun berganti dengan tarian modern yang lebih membebaskan diri untuk berkreasi. Banyak tarian tradisional yang sampai saat ini niar sendiri belum bisa memahami dan mengerti kebudayaan serta bagaimana cara menari itu sendiri.

Sanggar tari pun sudah mulai berkurang untuk memasukkan salah satu list tariannya yang tradisional asli Indonesia. Untuk melestarikan kebudayaan tari tradisional harus nya tiap insan mau mengerti dan memahami apa yang harusnya dilakukan.

Buat niar ada  cara yang bisa membuat generasi sekarang untuk lebih mencintai dan melestarikan Tari Tradisional. Semua tarian tradisional tidak ada yang mudah untuk di lakukan, ada proses untuk mencapai tarian yang indah, harus ada ketekunan, kekompakan dan kesenangan untuk menghasilkan karya yang indah.

Beraneka ragam seni tari Indonesi yaa :)


3M untuk Tari Tradisional yaitu :

1. Memahami Tari Tradisonal.

Memahami lebih dari mengerti akan kebudayaan Tari Indonesia. Belajar dari buku sejarah, internet bahkan kalau belum paham akan kebudayaan Tari Indonesia yang beraneka ragam dari berbagai sudut kota dan daerah yang ada di Indonesia pasti unik kebudayaannya.

2. Mencintai Kebudayaan Indonesia.

Banyak yang bilang 'Aku Cinta Indonesia' tapi banyak yang tidak tau apa saja kebudayaan yang ada di daerah asalnya, gitu mau ngaku cinta Indonesia. Semua itu harus dimulai dari diri sendiri untuk mencintai kebudayaan Indonesia terutasa kesenian budaya Indonesia. Caranya banyak sekali untuk mencintai kebudayaan Indonesia, memaksimalkan kecanggihan era sekarang untuk mengenali dan mencintai kebudayaan Indonesia.

3. Melestarikan dan Mengkreasikan.

Harus bangga menjadi bangsa Indonesia yang memiliki kebudayaan yang sangat beraneka ragam serta memiliki ciri khas yang sangat unik. Mencintai sebuah produk asli Indonesia dapat membuat satu cara untuk melestarikan kebudayaan Indonesia terutama kebudayaan seni yang hampir punah. Mengkreasikan kebudayaan Indonesia juga sangat membuat kebudayaan lebih terlihat eye chating. Banyak cara untuk mengkreasikan kebudayaan seni Indonesia salah satunya membuat parade kebudayaan Indonesia, atau memberikan tempat untuk dapat mengapresiasikan kesenian tersebut. Keindahan tiap kesenian tari memiliki berbagai macam cerita yang tersimpan didalamnya.

Sebagai salah satu generasi muda, harus wajib bisa memberikan andil dalam bidang masing-masing mempromosikan Kebudayaan Indonesia khusus nya kesenian tari yang belum tentu banyak orang mengetahuinya.

Niar sangat bangga menjadi warga Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya yang sampai saat ini masih ada dan masih semoga semakin berjaya sampai kapan pun.





Artikel ini diikutsertakan dalam Jambore On the Blog 2012 Edisi Khusus bertajuk Lestarikan Budaya Indonesia.

You Might Also Like

65 Cuap-Cuap

  1. tiada pertamaks diantara kita.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahh diantara kita tiada yang salah hanya perbedaan (malah nyanyi) #plak

      Hapus
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    salam hangat dari Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih balik dhe :D

      Salam manis dari Sidoarjo :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. hehehe 5M banyak bener om, cukup 3M saja :D

      Hapus
  4. Siip...semoga banyak generasi muda membaca & mengamalkan 3 M ini, Niar..sehingga mampu menjaga lestarinya budaya kita & tak hanya ikut ribut ketika sebagian budaya itu 'tercuri'...
    Nice post, Cah Ayu.. sukses di kontesnya Pakdhe ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien semuga yaa mechta :D
      Iyoo mbak ben ndak di curi lagi budaya dan seni Indonesia :D
      Amien :D

      Hapus
  5. thats right,,memang siapa lagi klo bukan kita yang menjaga dan melestarikan budaya milik kita sendiri,,apa mau budaya kita selalu dicuri negara orang..
    keep share mbak,,this is a nice n inspirative post..

    mampir ke EPICENTRUM
    ya,,makasih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyaa ding mas rizki harus dari diri sendiri buat mencintai budayanya :D

      Hapus
  6. walaupun aku gak bisa nari tapi suka kok lihat tarian

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh tarian itu emang seneng deh buat di liat :D

      Hapus
  7. heemmmm aku salut bgt sama k2, ternyata masih ada yg peduli sama seni budaya bangsa indonesia.......
    aku setuju bgt sama artikel di atas, klo bukan kita siapa lagi yg melastarikan nya......^_^
    jngn sampe seni budaya kita di cap lagi sama negara TETANGGA.....
    maju terus k..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe makasih :D

      semuga deh ndak di cap lagi sama tuh si tetangga yaa :D

      Hapus
  8. Mari kita cintai budaya kita sendiri :)

    BalasHapus
  9. Yup Niar, mudah-mudahan tari tradisional kita ini akan tetap lestari berabad-abad ke depan...selamat ikut lomba juga buat Niar, sukses ya!
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien yaa bu irma, semuga tetp lestari :D

      amien semuga yaa bu irma :D

      Hapus
  10. Tarian tradisional gak kalah ya sama modern :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak niar bener2 tradisional yang keren :D

      Hapus
  11. kalau bukan kita siapa lagi
    hehe.....
    salut mbak dengan 3M_nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung mas, mosok tetangga sebelah lagi :D

      makasih :D semuga bermanfaat :D

      Hapus
  12. beul,,,betul,,betullll...
    dan tari tradisional/kebudayaan tradisional mempunyai kelebihan tersendiri di banding dance dance/tari modern
    klo di modern ada disco,hip-hop trus yang muter muter kepala di bawah tuh apa nama nya :D
    di tradisional juga ada,,lihat di kota ku ada reog yang salah satu penari nya ada yang bernama pujang ngganong
    aksinya yang energik melebihi dari tarian disco dan lain sebagai nya
    dan masih banyak lagi contoh yang lain,,,
    dah seharus nya kan kita bangga pada kesenian tradisional kita,trus kepengen mempelajari atau setidak nya kepengen tahu dan memahami,,,

    merdekaaaaaaaaaa................!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pujang ngganong? belum pernah denger dari daerah mana itu mas?

      Hapus
  13. sukse ya buat kontes nya,,,

    BalasHapus
  14. Mari kita melaksanakan 3M..

    Sukses ngontesnya Niaar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuuk tante cantik :D

      Amien,makasih tante :D

      Hapus
  15. 3M...
    Melestarikan dan mengkreasikan...
    mengkreasikan... yg penting jangan keluar dari pakemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung om, mengkreasikannya tetep sesuai adat tapi lebih di percantik dan manies :D

      Hapus
  16. kalo untuk kegiatan festival budaya sekarang, untuk menang sepertinya diwajibkan perpaduan etnik dan modern, tetapi untuk kearah tradisional asli tanpa perpaduan hanya ada ketika ada upacara adat.
    di daerah saya, upacara adat ini oleh pemerintah setempat wajib dilaksanakan tiap tahunnya seperti : Ijam'me, Mi'a, Wara, dll. ini merupakan salah satu cara agar budaya/adat istiadat tetap terpelihara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa juga mas, kalau upacara adat ituh udah pakemnya :D

      daerah mana tuh mas tempatnya :D

      Hapus
    2. Kalimantan bagian tengah, masuk ke pedalamannya!

      Hapus
    3. weh seru itu harus di hak paten kan juga :D

      Hapus
  17. yoyoyoyooooyyy...teruslsh berjuang adikku ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mimi sister, xixixi........bahasa ne mekso leg ini, hahahah ......

      Siap miimi niar kan terus berjuang :D

      Hapus
  18. mana niih foto niar yang sedang menari? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak ada mbak kajol :D malu niar :D

      Hapus
  19. 3 M yang mesti ada dalam diri kita ya, Mbak Niar. Hmmm...., jadi ingat dulu saat perpisahan sekolah saya diberi tugas untuk menari remo di aula sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh keren dung nari remo, niar mah belum tamat2 pas sd nari remo :D

      Hapus
  20. ge komen dr semalam kok yo error...jd lupa deh mo nulis apa.
    satu kata aja deh...mancaaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh error piye mimi?

      Mancap di hati mimi yaa, wkakakak #kumat.

      Hapus
  21. harus lebih banyak tempat kursus menari daerah.... sehingga mencarinya juga tidak sulit bagi yang hendak belajar.... saat ini cukup sulit loh mencari tempat belajar nari traditional...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, harus banyak tempat kursus e menari daerah :D

      Bener2 sulit di sidoarjo adanya juga modern dance :D

      Hapus
  22. hidup 3M!!! hidup tari tradisional! :D
    aku suka tari2anm, tp sayang aku ga bakat nari.. jd cukup jd penikmat aja.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup mbak cova, hidup jokowi #lho...

      penikmat yang sejati :D

      Hapus
  23. Saya spakat dgn pernyataan mbak niar, yg koar2 ttg claim tari tradisional kemana aja kemarin2? bukannya pesona budaya kita dah mulai dilupain, bukankah ramai klo ada Indonesian idol, SUJU, agnes dll?

    klo sy mah sgt senang ketika ada segelintir manusia Indonesia yang memberi solusi seperti ini..3M untuk tarian tradisional Indonesia

    BalasHapus
  24. Saya penegen loh nari tradisonal. haha *brasangondek
    sukses eventnya mbak

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho ndak apah mas ndak ngondek mas cowok nari, kan ada tuh bali tari kecak :D

      Hapus
  25. Banyak yg gak melakukan 3M ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh itu tergantung sama diri sendiri deh :D

      Hapus
  26. wahhh ini nih yang perlu banget,,
    cinta budaya sendiri dan terus berusaha untuk melestarikannya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh iyaa bang dayat :D harus itu cintai budaya sendiri :D

      Hapus
  27. Kirain tiga Milyar gitu. :D Eh ternyata memahami, mencintai dan melestarikan..
    ana suka bgt liat tari tradisional, soalnya sekarang udah jarng sekali dtampilin. orang lebih terbius dg dance, yg dancer2nya pada telanjang semua. semoga banyak remaja spt k Niar Ningrum, biar tari tradisional bisa tetep dikenal masyarakat. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ketipu yaa sma jdulnya :D

      hah kok serem toh dancer2 telanjang, besok kasiih baju deh yaa :p
      amien :D

      Hapus
    2. wahahaa,, kokk tari telanjang siih :D
      emang ada yah ??

      Hapus
  28. jadi ingat iklan 3M ...
    Smg sukses ngontesnya mb ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh tau niar iklan 3D duit, Dilihat Diraba Diterawang mas :D

      amien :D

      Hapus
  29. hadir lagi untuk baca-baca mba...

    BalasHapus
  30. Iya ya mbak niar betul juga, kemrin2 pemuda2 di Indonesia pada kemana ketika Seni kebdayaan kita di ambil malaysia. Baru Malaysia ambil, kita marah2

    3 M itu sangat bermanfaat mbak :D
    Ouh iya, kita sbagai Blogger apa dan bagaimana ya cara yang terbaik untuk melestarikan budaya Indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kemarin2 tuh pada sibuk banget sama kegiatannya masing2 mas :D

      Hhehehehee lakukan yang terbaik sesuai bidang masing2 saja dan promosiin Indonesia :D

      Hapus
    2. wah ide yang sangat bagus tuh mbak niar.. promosikan breng2 kita sbagai blogger tentang kbudayaan di Indonesia :D

      Hapus
  31. Niar bisa nari gak ya?? :-D

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com