Math It's Fun

16.22

Mengajar yang membumi bukan hanya berprofesi sebagai guru, tapi semua orang bisa mengajarkan yang terbaik untuk orang disekitarnya sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Guru bukanlah profesi utamaku, tapi sebagai anak muda yang tidak bisa diam aku memiliki pekerjaan sampingan yaitu menjadi guru privat. Guru privat untuk satu murid kelas 1 SD Islam di Surabaya, nama nya : Wisnu Dwi Wardana, sikapnya sangat agak males sekali belajar terlalu sering main, suka banget sama main tebak-tebakkan, sikapnya ingin tau akan sesuatu hal yang baru dan pastinya manja sekali.

Anak kecil saat duduk dibangku awal sekolah dasar terkadang masih cenderung memiliki sikap manja dan minta perhatian lebih, sedangkan di SD sudah harus dituntut untuk belajar mandiri dan bertanggung jawab dengan diberikannya pekerjaan rumah untuk dikerjakan sendiri dirumah. 

Banyak pelajarang yang 'asing' untuk anak yang masuk di dunia sekolah dasar, contohnya pelajaran berhitung dan pengurangan. Mungkin dulu waktu di TK pernah diajarakan pelajaran matematika tapi tak serumit dan sejelimet waktu SD. Tak mudah untuk mengajarkan pelajaran yang matematika untuk wisnu (nama muridku), harus butuh "Trik Khusus" untuk dia mau belajar dan mengerjakan PR-nya.



Tidak semua anak suka pelajaran matematika, terkadang ada yang gampang untuk menangkap dan ada yang tidak mudah untuk menangkap pelajaran matematika. Butuh ketelatenan dan trik tersendiri yang penting memahami dulu sikap dan tingkah pola anak tersebut gimana.


Trik Khusus Math It's Fun  = (biasanya niar berikan untuk wisnu):

1. Disaat ada PR atau Tugas Matematika , wisnu mengerjakan dengan diselingin oleh permainan tebak-tebakan angka yang tetap masuk kontes 'Tugas dan PR' nya tersebut supaya tidak jenuh.

2. Pakai Sistem Jarimatika untuk menghitung lebih mudah menggunakan tangan untuk menambah, mengurangi bahkan untuk perkalian.

3. Beri simbol Bintang untuk hasil yang dikerjakan. Bintang 5 pekerjannya sangat baik dan dikerjakan sendiri, Bintang 4 untuk pekerjaan yang baik dan masih sedikit bertanya, Bintang 3 untuk pekerjaan yang masih belum bisa dikerjakan sendiri.

4. Memberikan Reward Khusus setelah mengerjakan tugasnya. Reward tidak terlalu mahal yang penting bisa membuat anak itu senang, contoh rewardnya bisa berupa jajan momogi, chocolatos atau permen milkita pokok nya yang merangsang anak untuk berpacu lebih baik lagi.

Belajar Matematika itu menyenangkan kok tidak lah susah seperti yang dibayangkan. Tinggal bagaimana kita mengajaran dan memberi pemahaman yang sangat jitu.

Well Math It's Fun.

Mengajari tidak harus marah-marah lho, dengan diberikan contoh yang baik dan benar anak akan lebih bisa menangkap apa yang harus dikerjakan. Memberi pemaham disesuaikan dengan orang yang sedang diterangkan. Lebih membumi-kan diri untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.


Artikel ini untuk menanggapi artikel BlogCamp berjudul Cara Mengajar dan Melatih Yang Membumi tanggal 14 Juni 2012.





You Might Also Like

96 Cuap-Cuap

  1. Terimakasih tips simple nan bermanfaat ini, Bu Guru, :-)

    BalasHapus
  2. hebat idenya .. betul tuh penggunaan stiker sebagai reward juga ok tuh... mantap tipsnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe boleh itu cari stiker aah :D

      makasih mas saran idenya :D

      Hapus
  3. Wah, pasti fun deh kalo Niar yg ngajarin hohoho
    Gudlak ngontesnya neng ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe amien, makasih yaa mbak :D

      Hapus
  4. Sahabat tercinta,
    Saya telah membaca artikel anda dengan cermat.
    Artikel anda segera didaftar.
    Terima kasih atas partisipasi anda.
    Salam hangat dari Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama dhe telat terdaftar jadi peserta :D
      Makasih yaa dhe :D

      Salam manies buat semuanya dari Sidoarjo :D

      Hapus
  5. mau dong diajariiinnn .. hihihi
    dulu aku juga paling suka sama pelajaran matematika.. :D

    sukses ngontesnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe.......ndak bisa aku mas mabruri leg ngajari mas e wes bingung qu kasih reward apaaann yaa :D

      amien :D

      Hapus
  6. mau dong momoginyaaa....
    sip..sip.. have fun with math...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh sini sini bunda niken :D

      yes, upcrus math it's fun :D

      Hapus
    2. wew... iya mantab sekali have funnya ^^

      Hapus
  7. Bu Guru, minta momoginya dong. .. :D

    Cara mendidik anak memang perlu trik-trik tersendiri ya mba.
    apa lagi kalau anaknya malesan atau moody, tetap harus terampil yang mengajar. :)

    Sukses deh, ngontesnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini sini mbak idah, mau rasa apah? aku suka coklat :D

      Iyaa mbak Idah tiap anak itu Istimewah :D

      amien :D

      Hapus
  8. wah...menjadi guru buat anak SD, klas 1 lagi..pasti penuh tantangan ya Niar.. salut utk tips2nya..semoga sukses jadi gurunya dan sukses juga di kontesnya Pakdhe ya Niar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak tantangan yang seru :D
      amien mbak mechta :D

      Hapus
  9. Wahhh ternyata ngajar juga tho mbak...
    Aku mau dong diajar... kalo bener rewardnya mcdonalds yahhh wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhe iyoo mbak un, wah leg mcd tekor lag an, wakakakakaa

      Hapus
  10. pelajaran matematik yg plg mahir sub bab mnghitung uang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe suka hitung duit apah lagi dikasih duitnya mbak rahmi :D wakakakaka

      Hapus
  11. tante niar, ajarin fauzan juga dong ... :D

    BalasHapus
  12. Mendadak pusing dengar matematika...
    sku kuliah di Fak Hukum karena menghindari matematika
    http://mediamacarita.blogspot.com/2012/05/inilah-duniaku.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah pegangan om insan ben ndka pusing :D

      Hapus
  13. Balasan
    1. hehehhehe ibu remaja yang gaul, wakakakaka #muji dewe

      Hapus
  14. *catat..

    untuk kalo sudah punya anak besok.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas af, ntar kalau ada tips buat niar kasih yaa :D

      Hapus
  15. sukes buat Niar... eh sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas arya, sukses juga yaa :D

      Hapus
  16. wah... boleh juga nih tipsnya mbak! mengajar anak yg masih usia dini memang perlu kesabaran dan gak harus marah2. mesti punya tips khusus yang disukai si anak. belajar sambil bermain ato menyelipkan permainan saat mengajarnya! mantap deh mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhe iyaa dung mas, kalau dimarah2in ntar malah terjadi trauma dalam belajar gimana coba....

      iyaa kan belajar sambil bermain tetep asyik :D

      Hapus
  17. ooh gitu ya caranya mengajari anakmath,bu guru pinter deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe aah mama lidya bisa ajah deh :D

      Hapus
  18. Keke itu gak sukses belajar jarimatika.. Tp kalo Wisnu sukses ya? Berarti emang tiap anak punya tipe belajarnya sendiri2.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teh chi tiap anak itu Istimewa dalam belajar :D

      Hapus
  19. Ikut lomba juga ya mba sama pakde kholik..?? sukses deh.. artikelnya bagus.. mudah2an semakin banyak guru2 yang bisa memajukan bangsa ini.. dan yang bisa membalas kebaikannya hanya allah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaa mas didin :D
      makasih.......

      Hapus
  20. tapi memang paling nyenengin itu ngajar matematika lho Niar, aku pun begitu, kalo ngajarin pelajaran lain, maleseeee polll ihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh pelajaran lainnya juga seru lho mbak tiesa :D

      Hapus
  21. aku juga mau dong dikasih chocolatos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe............ayoo kerjain tugas dulu, xixixixiix.........

      Hapus
  22. Saya juga dulu paling nggak suka pelajaran matematika tapi kayaknya kalo Niar yang ngajarin, saya bakal suka deh...hehe
    Niar, tulisan ini bentuknya beda banget biarpun temanya sama, unik dan tidak menggurui...keren lah pokoknya!
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe wah dredeg niar kalau ngajarin bu irma :D

      tiap orang kan unik bu irma, pasti ada yang beda :D

      Hapus
  23. Ahaaa...semoga menang lomba, saya ngak nyangka kalo Niar amat telaten jadi guru privat buat anak-anak yang dusuk di awal sekolah dasar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien bu irma :D

      hehehe telaten toh bu kalau anak SD, kalau SMP SMA emoh aah angel2 pelajaran nya, hahahha :D

      Hapus
  24. pelajaran math memang sebuah pelajaran yang diharuskan sekarang,tp tidak sekolah di Indonesia yang mengajarkan moral & budaya bangsa ini yang nilai'a melebihi math atau kimia sekali pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener ituh nilai moral dan budaya bangsa harus diterapkan sejak kecil juga :D

      Hapus
  25. matematika itu salah1 mata pelajaran fav saya.
    walo ga pernah dapet 10 :p

    btw tips2nya oke juga nih buat dipraktekkan kelak
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow favorit, heheheh keren dung :D

      siep, ayoo di praktekin mas depz, xixixi :p

      Hapus
  26. Guru matematika apalagi kalu untuk privat itu memang harus sabarrrr :)

    Gudlak ya Niar diacaranya Pakde, artikelnya renyah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bunda yunda, super duper sabar anaknya orang, xixixi :D

      amien, makasih, dimana yuk renyah artikelnya :D

      Hapus
  27. wah..., sama neh Mbak Niar, saya juga menjadi guru privat di beberapa tempat; menghadapi anak-anak yang belajar di luar sekolah, kadang mereka sudah capek karena telah bermain sepulang sekolah, nah.... cara yang dipake oleh Mbak Niar tersebut memang menyenangkan anak-anak.

    Semoga sukses ngontesnya ya, Mbak Niar.

    Salam hangat persaudaraan dari Arek nJombang yang kini tinggal di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh banyak tempat,keren..... Niar mah satu tempat ajah itu udah cukup buat menambah pengalaman ngurus anak kecil om :D

      Amien, sukses juga om :D

      Salam manies dari Sidoarjo :)

      Hapus
  28. berbagi kata2 gan,
    Seorang pemenang yg sesungguhnya adalah ketika dia mampu melawan amarahnya dgn kesabarannya,dan memaafkan dgn ketulusan.
    semoga dapat bermanfaat dan di terima ya, salam kenal :D

    BalasHapus
  29. Met sore admin, numpang belajar matematika sama bahasa daerah boleh kan?
    :)
    salam kenal sbelum nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok admin? niar in here mas opick :p

      boleh, wani piro? wakakakakkakak

      Salam kenal juga mas opick :D
      Maksih sudah berkunjung.

      Hapus
  30. Kalau belajar terus di kasih hadiah, aku juga mauuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe yaa ndak terus2an mbak el :D

      momogi ajah yaa :D

      Hapus
  31. Mau dunk belajar sama Mb"Niar sering di kasih hadiah soalnya....hehehehe

    BalasHapus
  32. hehe.. bu gulu pandai mensiasati cara belajar anak :D
    sukses ya..

    BalasHapus
  33. wah kbetulan sekali,sya jg punya ade mlas bnget blajar matematika..
    nicee posting mba, slam knal dari saya :D

    BalasHapus
  34. Niar, aku mau baca postingan kok susah ya. Tulisan putih latar belakang juga putih. Coba dicari jalan keluar supaya tulisan bisa kebaca jelas.

    BTW aku dulu kuliah di jurusan matematika MIPA UGM. Jangan tanyain soal matematika, diferensial, integral pangkat tiga, oh nooooo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh akhirnya muncul layar hitamnya... kok lama yaaaa....

      Hapus
  35. thanks buat trik nya sangat membantu...^_^
    ijin follow blog nya #188, di tunggu follback nya.....^_^

    BalasHapus
  36. wah, ilmunya udah dapet disini... Tinggal bikin anaknya skarang

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah...dulu guru Matematika orangnya asyik-asyik...cowok teruuus dr SMP- SMA dan orangnya gak sangar, jd math is fun deh Hehehee.

    BalasHapus
  38. aduch mbak niar, Aida itu punya adik kelas 4 MI, kalau Aida yang ngajarin pelajaran biasanya malah Aida yang naik darah sendiri . . . bandel banget kuk mbak . . . kalau ada PR gak mau di kerjakan sendiri klalau tidak bisa baru tanya tapi, malah jadinya Aida yang ngerjain PR-nya :( . . . gimana ya mbak . . .???

    BalasHapus
  39. Balasan
    1. gurih?
      kyk makanan aja..hihi
      lebih tepatnya gampang-gampang sulit..wkwk ;P

      Hapus
  40. http://intipsblog.blogspot.com

    BalasHapus
  41. Wah..bisa tuh diterapkan untuk ponaanku yang masih kelas 1 sd..makasih untuk tipsnya ya niar,,salam kenal

    BalasHapus
  42. kalo yang belajarnya sambil tiduran begitu biasanya memang agak malas berhitung, karena jika dipaksa dia akan merasa tertekan. tehnik bermain sebenarnya memacu otaknya untuk lebih rileks dan tidak tiduran.

    BalasHapus
  43. aq baru tau kalo Niar juga guru private....

    matematika emang bagi sebagian anak mungkin pel yg menakutkan
    tp alhamdulillah Rafi justru pel favoritenya matematika
    *persis kyk papahnya*

    BalasHapus
  44. terimakasih ya atas tips_nya boleh juga
    salam kenal juga ya,,tolong bimbingannya dalam menulis di blog
    soalnya saya bloger baru,,,,
    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  45. tips yg bagus nich...ntr tak terapin kalo sdh punya anak.hehe

    BalasHapus
  46. tetep aja, kl anaknya ngeselin mah, suruh push up, hahay :D

    BalasHapus
  47. Emang imej si matematika selama ini " sangar " bagi sebagian anak didik, namun klo disampaikan dg beberapa tips kayak mbak ningrum kayaknya cukup membantu

    BalasHapus
  48. Wuiiih, adeknya unyu yaa :)
    Salam kenal bu gulu ^^

    BalasHapus
  49. bu gugu bu gugu , aku pengen donk di ajarin !!!!

    BalasHapus
  50. waaaah tips yang menarik !!! ku coba praktikan ke adik ku !!!
    thank ya info nya !!!

    BalasHapus
  51. kalau aku dulu seneng hitung-hitungan soalnya ada aritmatikan pakai simpoa..hhiihi
    jadi keinget masa kecil :D

    BalasHapus
  52. saya liat blog mbak....keren mbak....seorang guru wanita yang ahli ngeblog
    tema untuk android cara upgrade android

    BalasHapus
  53. Wah terima kasih tipsnya, memang banyak anak yang kurang suka dan menguasai matematika, semoga dengan ini lebih banyak lagi anak yang suka dan bisa menguasai matematika :D

    BalasHapus
  54. Tips yang bagus :) matematika selalu jadi momok bagi anak-anak, tapi dengan cara belajar yang menyenangkan seharusnya belajar matematika jadi mudah

    BalasHapus
  55. semoga ilmu yang dibagikan berkah dan bermanfaat ya bu guru . . . :)

    www.fakemusic.net

    BalasHapus
  56. anak kecil memang harus selalu dibimbing untuk belaja ya mbak..anak saya dirumah juga saya selalu ajari gitu

    BalasHapus
  57. Sayang memang jika banyak murid yang males belajar hanya disebabkan satu mata pelajaran berupa matematika, padahal matematika bisa ditemukan dimana saja, tidak hanya disekolah, sempoga tipsnya bermanfaat

    ==========================

    Thanks For This Informations, and we have some more informations You Need,
    For Free Download Islamic Books, Visit Us :

    MAKTABANA

    Galeri Kitab Kuning

    For More Informations About All New Android Updates, Visit Us :

    Hape Gaya

    BalasHapus
  58. Memang tidak semua siswa suka dengan pelajarannya, dan tips diatas tentu sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa males pada siswa

    =====================================
    Cari Hp Android 4G dibawah 1 Juta?
    4 HP Android 4G Dibawah 1 Juta-an [Recomended]

    BalasHapus
  59. Memang tidak semua siswa suka dengan pelajarannya

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com