Ayo Kita Donor Darah.

09.42

"Nduk aku depan rumah, ndang tangi nduk" suaranya buanter membangunkan ku

"Hemmm.........." dengan nada bau bantal

Jalan sempoyongan dari kamar menuju depan bukain pintu si cah ayu, dengan santainya dia tanpa alas kaki mau ngajak lari-lari, jadi larinya nyeker. Hadoh apah ndak sakit semua tuh kaki nyeker men.

"Oalah nduk, enak-enak tidur di bangunan" dengan suara berat bangun tidur

"Ayoo ndang ganti terus lari-lari di car free day"

"Meh mlayu-mlayu ora gawe sepatu toh ndug" (mau lari-lari kok tidak pakai sepatu toh nduk)

"Iyoo ngebiasain ben ora manja sikil e" (Iyaa biar kaki nya tidak manja)

Langsung siap-siap deh, cuci muka, sikat gigi, ganti baju, pake kaos kaki, nah ini bingung pake jilbab apah, nyari yang ada di kasur ajah dipake. Sangking keburu-buru nya sampe ambil baju dan jilbab ndak sama warna nya ndak matching blas, pkok nya tidak keren blas kok pas lari-lari kemarin itu, masak jilbab warna nya abu-abu, baju nya kuning, sama training ijo, kaos kaki ijo dan sepatu putih.

Sing penting pede ajah lah, penampilan tidak keren tak masalah yang masalah kan tidak narsis itu#lho, oke kembali lagi ke perjalanan menuju donor darah.

Waktu lari-lari berhasil 1 kali muterin alun-alun yang luas banget dengan lari putus nyambung, nafas senin-kamis tinggal dikit (jadi ketauan ndak kuat lari-lari ini), liat ada kacang ijo gratis langsung deh naluri kelaperan menuju leh kesana depan bank bukopin, eeh ternyata ada donor darah juga, tertarik lagi hati niar untuk membagi se-kantong darah untuk yang membutuhkan.


Berhubung udah pernah 3x donor dulu jadi udah tau syarat-syarat nya donor, yaitu :

1. Berat Badan lebih dari 45 kg.
2. Lagi sehat badannya.
3. Usia dari 17 sampai 65 tahun.
4. Tidak lagi haid dan hamil (KHUSUS Wanita).
5. Tidak sedah sakit dan minum obat.
6. Jarak waktu donor darah kurang lebih 3 bulan.

Waktu mau masuk si cah ayu ndak mau masuk, menolak dengan sekuat tenaga dikarenakan takut sama jarum + darah (kayak si mas inisial gdi) xixixixi...

Awalnya maju mundur mau donor, lha wong ndak di temenin, tapi dengan niat yang tulus niar akhirnya berani mengambil formulirnya untuk di cek dulu darahnya HB (Hemoglobin) bisa atau tidak. Udah ngisi ngantri buat di cek darahnya, kebetulan darah niar itu O dan HB nya memenuhi buat donor. Ada tuh ibu-ibu yang HB kurang itu mungkin kurang makan sayurannya kata si mbak-mbak yang nge-test darah seh.

Dari awal sampai di cubles jarum mak jusss.....

Habis di test masih antri juga buat di ambil darahnya, halah tempat nya donor darah di halamannya Bank Bukopin yang iklannya pake Cherybelle itu lho. Suasananya donor darah tuh serasa 'SPA' di salon, rasa nya panas banget mana tenda nya ketutup terus ventilasinya jarang banget, hadoohh....
Angin jadi ndak bisa masuk, mana ndak ada kipas angin pula.

"Pokoknya milih tangan kiri ajah yang di ambil darahnya, kalau yang kanan tuh nanti ndak bisa nyupir si bity dung" (dalam hati) sambil melihat kanan kiri nyari mas-mas ganteng  yang ambil darahnya. Waktu giliran tiba dan tergeletak di atas tempat tidur 'Procella' (sponsor nya juga) langsung di tensi 110/70 gitu katanya.

Sudah di tensi langsung deh di masukin si jarum yang puanjang banget rasanya mak nnyyuuuutttt masuk ke tangan kiri. Waktu darah nya ngalir kerasa banget deh mak nyuuuttt......nyuuutt... nyuutt...........huaahh mak selendut...selendut....selendut..... Rasanya campur aduk, antara pingin bagi darah bukan sama nyamuk dan rasa agak takut liat jarum gede gila, plus panas banget dalam tenda nya.

Proses pemenuhan satu kantung darah dilalui dengan buka facebook biar tidak jenuh, terus sambil ngobrol sama mas-mas baju merah nya yang ambil darahku yang guanteng kayak bule arab, sekalian narsis juga cekrik sana, cekrik sini padahal yaa pendonor lainnya podo anteng (diem), yang rame sendiri lha kok niar toh yaa, yoo wes ben toh besok ndak ketemu orang-orang itu lagi.

"Pembuluh darahnya kecil yaa dek" kata mas PMI

"Kayak orang nya kecil yaa mas, hehehhheee....." ngeles, maka ku tau pembuluh darah ku kecil apah ndak, wong ndak pernah utek-utek pembuluh darahku #lho

"Cewek emang biasanya pembuluh darahnya kecil dek" ini hanya melegakanku atau emang bener ada buktinya yaa.

Ada yang tau tidak yaa kenapa pembuluh darah anak cewek lebih kecil?

Menyempatkan narsis ditengah pengambilan darah.

Setelah 15 menit berlalu dan langsung di beresin di jarum panjangnya dari tangan mungilku. Selesai di ambil darahnya langsung dikasih sebungkus isi nya susu coklat indomilk, sama pop mie, plus corovit isi nya 8 kaplet yang harus di minum 1x1 kaplet per hari. Eeeh keluar dari tenda panas membara di kasih lagi sama karyawannya Bank Bukopin baju 'Procella', roti, sama susu bantal. Belum sempet di foto udah langsung abis diminum dan dimakan lha wong laper plus lesu setelah di ambil darahnya.

Bukan maksud sombong cerita donor darah lho, hanya berbagi pengalaman dan semuga membuat orang lain tergugah hatinya untuk ikutan donor juga di PMI terdekat.Masih banyak orang yang membutuhkan darah bahkan ada yang kehilangan nyawa karena kekurangan darahnya

'Setetes darah anda bermanfaat dan berguna untuk orang yang membutuhkan.'


Ternyata penting banget tidur cepet, istirahat yang banyak dan makan yang sehat biar tensi dan HB nya seimbang.

Pernah donor darah? Udah berapa kali neh donor darah?


NB : Berniatlah dengan ikhlas pasti akan menjadikan diri anda lebih bermanfaat.

#Sepesial juga terima kasih buat om Lozz yang udah bantuin niar kemarin ada trouble sama background blog nya, sama semua teman-teman blogger yang respect sama keluhan blog niar yang mendadak error. (peluk semuanya). Indahnya pertemanan dunia blogger :)

You Might Also Like

96 Cuap-Cuap

  1. donor darah? pasti pas di cek darahnya aku bakalan gak diijinin buat mendonor,,,mklum darah rendah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....yaa ndak apah ndak donor kan darah rendah :D

      Hapus
  2. huwaaahh, aku juga kangen donorrr,,
    pertama kali donor pas kelas 3 SMA (2004) & terakhir kali donor tahun 2006, xixixixi, sampai skarang blum donor2 lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo donorr mas mambrur :D
      Weeh lama sekali udah 6 tahun yaa mas :D

      Hapus
  3. wooooaaaa....jujur lom prnh donor darah neng. takuuut dg jarumnya, lah imunisasi RaDiAl aja babeh yg jaga :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. babeh keren yang jagain radial imunisasi yaa :D
      jarum nya ndak apah2 kok mimi cuma nyelekit :p

      Hapus
  4. aku sering gagal mbak...
    gara2 anemia...
    padahal pengen bgt... hiks hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah leg anemia maalh kekurangan darah mbak, mending ndak donor darah ketimbang semaput :D

      Hapus
  5. wah nek aku gak pernah diterima golongan darah haha terlalu imut soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahh imut katanya, kurang gemuk yaa :D

      Hapus
  6. ngemeng-ngemeng, berat badan mba niar berapa? :)
    saya belum pernah Donor lho, bukannya tidak mau berbagi tapi memang belum berani. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha enak nya berapa yaa, 49 mbak idah :D (wes lemu ikiyh)

      Kumpulin semangat dulu ben berani :D

      Hapus
  7. Seumur-umur aku belum pernah donor darah Niar, denger-denger sih habis donor kepala nggliyeng, bener gak sih? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak yun, ngeliyeng pkok e ndak sampek semaput :D

      Mbak yuni, selamat ulang tahun yaa sekarang 26 juni 2012 :)

      Hapus
  8. oiiiii, aku phobia dengan jarum suntik..jadi maappppp gak berani ikutan donor darah ya? Tapi jika sangat urgent di butuhkan utk donor InsyaAllah ta beranikan diriku lho..


    Eh, kalau lari sambil nyeker itu asyik lho dan lebih menyehatkan karena saraf-saraf kaki kita langsung berinteraksi dengan kulit bumi. Aku kalau senam suka gak pakai sepatu kok dan kata guru senamnya memang bagus gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiyaa sama kayak temen ku dung mbak ririe :D Tenan lho yaa mbak, eeh darah nya gol apah neh?

      Eehh beneran toh mbak enak gitu nyeker :D

      Hapus
  9. Selain sangat bermanfaat buat orang lain, donor darah juga bermanfaat bagi pendinor itu sendiri lho! Sirkulasi darahnya makin lancar .. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semakin berkembang sel-sel darah merahnya yaa om :D

      Hapus
  10. abang juga pembuluhnya kecil dan paling susah dicari kalau mau infus atau donor darah. pernah lama banget donor darahnya dan nyut2an, gak tahunya ya karena faktor itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dung bang, jadi ndak mesti cewek yaa pembuluh darah nya kecil :D

      Hapus
  11. aku sedikit nyeri klo donor, teratasi dengan dengerin lagu dan pejam mata sambil donor...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih iyaa nyeri kalau pas jarum di masukin dan di keluarin, hhhmmm.................mak sleeeepp....

      Hapus
    2. dan bagi yang phobia dengan jarum suntik, ini bisa menyebabkan pingsan, seperti yang terjadi pada rekan kerja saya. Meski hanya diambil sampel darahnya, dia sudah nyaris pingsan.

      Hapus
    3. iyaa abi bener2 leg pingsan yang bingun :D

      Temenku malah setengah jalan sesak napas wes eman darah nya buang :D

      Hapus
  12. aku selalu ditolak donor berat badanku 44-45 :) sekalinya melebihi tapi lagi hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiyaa masak toh mama lidya kecil dung :D
      Makan yang banyak yuukk :D

      Hapus
  13. saya sudah 2 bulan ga donor... yang kemarin ada deket kantor tapi tidak sempat datang... lagi cari yang dekat dan pas sama waktu... mau donor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo donor lagi mas, cari PMI yang deket ajah :D

      Hapus
  14. wah aku pernah loh donor darah, tp pas diambil darahnya ga keluar2 ahirnya ga jd donor darah, setelahnya pusing deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembuluh darah nya kecil kali yaa mbak sarah :D

      Emang pusing mbak kan ada jarum2 juga :p

      Hapus
  15. ane juga donor darah setiap malam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahh itu mah sma si muk muk alias nyamuk :p

      Hapus
  16. berat ku sudah melebih batas minimum.....
    siap untuk donor dara...^_^

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah udah tua juga belum pernah donor darah .. ngeri aja lihat jarumnya wkwkwkwkw

    BalasHapus
  18. donor darah otomatis.. GNM gigitan nyamuk malam.. hihi.. habis di sedot nyamuk.. nyamuuk jd sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi.....kalau sama nyamuk mah sering mas :p

      Hapus
  19. saat aku mau donor darah, adaaaaa aja halangannya...
    Wuah, Niar makin sehat tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak apah besok2 donor yaa mbak ocha :D

      amien, semuga :D

      Hapus
  20. saya pingin ..
    tapi saya takut jarum suntik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe ndak apah mas, kalau udah ndak takut donor yuk :D

      Hapus
  21. Waktu dulu pertama donor, rasanya ga karuan, maksudnya bukan masalah takut, tapi bingung membayangkan rasanya donor darah bagaimana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixix jangan di bayangin om sukadi, di rasakan nikmat kok cuma mak slendut slendut :D

      Hapus
  22. Seringnya nemenin suami donor darah. Beliau rutin donor sudah sejak kuliah sampai sekarang. Sekitar 19 tahunan. Sempat terhenti 1-2 thn, tp terus lanjut lagi.
    Baca pengalaman Niar jadi kepengen coba juga. Suami blm kasih ijin sampai skrg. Sebab tiap merasa siap ikut donor ternyata hamil lagi... begitu terus sampai lahir 5 anak. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh suaminya rajin yaa mbak./..

      ntar kalau udah pada gede2 anaknya, lagi ndak hamil donor yuuk :D

      Hapus
  23. beruntung org2 yg bisa ikut donor darah ya.. Kl sy gak bisa, sering anemia.. tp suami termasuk rajin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suaminya rajin yaa te chi :D
      Kalau anemia mending ndak usah te, ketimbang pingsan :D

      Hapus
  24. gak pernah donor,takut jarum suntik
    tapi kalo cek darah pernahm hbs itu prepet2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuaahh ndak usah takut mbak esti :D

      Prepet2 i pusing toh mbak, Isitrahat minum corovit mbak :D

      Hapus
  25. Aku paling takut sama jarum suntik, apalagi klo disuntik dan diambil darahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeyeye yaa sudah ndak donor dulu kumpulin nyali dulu mas :D

      Hapus
  26. kemarin aq juga habis donor darah di kantor..

    BalasHapus
  27. aq pengen donor darah namun aq takut jarum suntik...
    :P
    jd blm pernah donor darah sama sekali.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. eehh mas jarum nya ndak serem kok, ayoo donor mas :D

      Hapus
  28. aku belum pernah donor darah.... setiap ada keinginan, eh malah sedang ga fit. Mudah-mudahan lain kali akan mencukupi syarat untuk bisa donor darah. Tulisan yang sangat meng-inspirasi... trims for share Niar! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mbak al donor darah :D

      Ntar waktu sehat dan memungkinkan yaa :D
      Sama-sama mbak al :D

      Hapus
  29. suamiku rutin donor darah setiap 3 bulan sekali
    dulu ketika masih kurus setiap diajak ada alasannya
    karena BB kurang dr 45 kg
    tapi skrg setelah BB lebih dari 45 kg setiap diajak suami donor darah malah nyengir kuda....hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh kok malah nyengir mama rafi :D

      Hapus
  30. semangat berbagai selalu...

    Blogwalking malam dan tak lupa mengundang rekan blogger sekalian
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit
    sukses selalu
    Salam Bahagia

    BalasHapus
  31. aku belum pernah donor darah,, karena persyaratannya tidak memenuhi,, tekanan darahku rendah, palingan 90/60 mmHg..
    terus dulu BB ku juga cuma 42 kilo..

    kalo nganterin mantan pacar dulu sering banget, 3 bulan sekali dia pasti donor darah, soalnya dia suka pusing kalo gak donor darah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahhh ndka usah dulu mbak kalau terlalu kurus dan tidak memenuhi syarat :D

      eehh mantan yang mana neh, yang inisial nya a kah, hahahah :p

      Hapus
  32. wah jiwa pancasila bener neh,,, di kampung q juga ada donor darah rutin tiap 4 bulan sekali... tapi aq lon sempet ikut neh,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh keren dung di kampung nya rutin di tempat niar ndka ada :D

      Ayoo ikutan mas arie :D

      Hapus
  33. Donor darah itu bikin sehat ya Niar...

    Sayangnya aku belum bisa buat tulisan serupa ini, karena belum pernah donor, dulu ditolak mulu karena tidak memenuhi syarat, jadi malu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah sehat bunda :D

      ndak usah malu, tiap orang beda2 kok, yang penting niat nya, kalau belum bisa donor ndak apah kok :D #sok bijak, xixixi

      Hapus
  34. Wah. . . Aku belum boleh donor darah, masih under 18. :)
    tapi, nangani orang mau donorin darah ada. Maklum, anggota PMI, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh anggota PMI neh ndak takut jarum berarti :D

      besok udah cukup umur donor yaa :D

      Hapus
  35. Terus terang, aku masih takut donor darah.. hi hihi.. padahal udah tuwir..
    Dulu pernah coba donor, eh ditolak gara2 tekanannya terlalu rendah, karena aku ketakutan kali ya.. :p
    nggilani poll ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas surya (halah namane kayak yang dulu)#lupakan

      Kalau darah rendah emang lebih baik ndka mas, kalau di paksain takutnya setengah jalan ucul malah eman darahnya di buang :D

      Hapus
  36. Wua... pengen donor tapi kq masih agak takut ya :$

    BTW, koyok e bahasa "Meh mlayu-mlayu ora gawe sepatu toh ndug" iki mirip kyk khas Jogja ya... nek ndik Jatim kan 'Arep mlayu-mlayu...

    hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mas, donor yuukk ndka serem kok :D

      hahahahah ini bahasa ku terkontaminasi sama orang jogja, berharap dapet misua orang jogja #lho....

      Hapus
  37. Wah aku belum pernah donor darah....
    Beratku 44 kg juga... *hahaha prekkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo donor mbak un :p
      hahaha 44 yaa tambah berapa tuh? wakakakakak #weekk :p

      Hapus
  38. tapi kenapa ya saya takut sekali sama jarum..

    hiiiii.. ^$&$&(%)*&%

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kok takut ndak serem kok :p

      Hapus
    2. justru itu.. saya kalo mag pasti ke ugd dan minta suntik...

      gak mau ah dekat dekat jarum..

      Hapus
    3. jarum nya ndak gigit kok mas :p

      Hapus
  39. Senangnya donor darah #kelihatan saat narsis
    semoga jadi amal ibadah ya Niar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha narsis banget dah mas :D

      Eeh foto yang di postingannya mas rian yang mana dirimuh :D

      amien yaa allah :D

      Hapus
  40. Wah aku belum pernah tuh ikutan donor darah, sering sakit soalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weehh mbak chici sehatin badan dulu ajah yaa :D

      Hapus
  41. Whoaaa...Niar kereeeeeen...
    beranian euy :)

    Aku sampe sekarang masih ciut ngelihat jarumnya gitu dueh...hihihi...
    Ntar nyobain deh, lumayan dapet popmie *murahan sekali aku inih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe keren,makasih bibi er #ngaca benerin jilbab# :D

      hahaha kasih popmie sama susu coklat indomilk lho bi, ayoo donor, jarumnya ndak usah di liat :p

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. tadi aku kira ga ada background nya :P
    eh loadingnya lum selesai :D
    ujug2 seumur hidup ane belum pernah donor darah loh mbak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ada mas bekgrond nya lho selayar sendiri, wakakak :p

      Ayoo donor mas iskandar alias john terro :D

      Hapus
  44. Ada yang kurang syaratnya Mbak Niar.
    Berdasar pengalaman pribadi saya., si Pendonor gag boleh pernah ada riwayat typhus waktu kecil. Soalnya HB darahnya jadi rendah.
    Saya 5 kali ditolak jadi pendonor darah, gara-gara kecil pernah diopname typhus 1 bulan.

    Jadi agak repot dulu kalo mo ganti sirkulasi darah..

    Semoga suatu saat nanti ada obat yang bisa memungkinkan orang kayak saya bisa donor darah :)

    Salam,
    DGG

    BalasHapus
  45. Sangat bermanfaat artikelnya... tapi jujur saya belum pernah donor darah,,, hehe
    Hadir perdana di Blog Sobat... izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
    Salam bLogger,

    BalasHapus
  46. donor darah itu enak, dengan harapan darah yang dikeluarin bisa kasih space untuk sirkulasi, darah kan jadi lancar tuh *ini teori orang awam :P.. sayang waktu aku donor dulu aku belum punya blog jadi ga bisa narsis deh kaya dirimu hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahh ndak gitu juga kale mbak :p

      besok donor lagi mbak, ntar masukin blog :D

      Hapus
  47. Ane sbenarnya mau donor drh tpi takut di suntik ....hehe

    komen balik mbak

    BalasHapus
  48. 45 kilo ya? berart bisa jadi donor nih sekarang. udah lebih soalnya hehee

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com