5 Cara Merawat Motor Matic

12.13

5 Cara Merawat Motor Matic, sebernya gampang lho. Ikutin cara perawatannya dan lakukan dengan hati yang ikhlas. Motor rasanya kayak punya perasaan lho, kalau tidak dirawat bisa-bisa ngambek itu motor tidak mau di pake. Motor buat niar ituh soulmate, kalau tidak ada motor mau kemana-mana susah naik angkutan umum yang belum tentu nganterin sampai tempat tujuan.

Dulu pernah sangking tidak ada waktunya ke bengkel buat servisin si bity, harusnya sebulan sekali service buat di cek apa saja yang kurang enak di betulin mas-mas bengkel, terus di cuci pula. Tidak diservis langsung ngambek itu bity dibuat jalan bunyinya udah ngereng kalau kata orang jawa "ngreng.....ngreng......ngreng".Seandainya bity bisa bicara, pasti bilang gini yaa :

"Aku kok tidak kamu rawat yang bener seh. Padahal kemana saja kamu minta, aku pasti anterin kamu,mau panas terik, gerimis mengundang,dan hujan badai aku selalu sama kamu. Aku setia sama kamu, tapi kenapa kamu jahat sama aku? Rawatlah aku dong biar kinclong berjalan di atas karpet yang panas itu"

Semenjak itu rajin merawat si bity nan merah merona, hehehehehe... Ayuk mari kita rawat barang yang kita miliki, karena untuk dapet barang yang diingkan tak semudah yang dikira dan merawatnya ituh kadang terlupakan.
Niar mau bagi tips 5 Cara Merawat Motor Matic :

1. Rajin dimandiin motor matic nya. Kurang lebih satu minggu sekali. Biar kotoran yang menempel di tubuh motor dapat hilang, dan tidak menimbulkan kerak yang membuat besi di motor jadi lebih aus. *isi setau niar*. Apalagi kalau habis kehujanan lebih baik segera di siram sama air biasa yang biasa di pakai mandi, karena kalau terlalu sering terkena air hujam yang kadar asamnya tinggi membuat motor cepet kropos :).

Spa dulu yaa bity


2. Di jagang tengah kalau istirahat mtor dalam jangka lama. Membuat motor lebih awet, karena motor yang sering dijagang tengah lebih stabil. Untuk motor merek Honda yang punya standart samping yang langsung mati kalau di turunkan membuat kesensitifannya berkurang jika terlama di istirahatkan dengan keadaan kesamping jagang nya.


Bubuk yang manis yaa cantik :)
3. Stater Kaki dipagi hari. Kenapa pagi hari harus distater kaki? Karena pagi hari di stater kaki membuat aki tidak bekerja terlalu 'berat' dan usahakan lampu sein atau lampu dim dimatikan saat stater. Membuat mesin lebih bersih dengan adanya tekanan dipagi hari. *kata mas-mas bengkelnya*.


4. Service rutin. Untuk service, biasanya sudah terjadwal satu bulan sekali untuk pengecekan kendaraan. Pengecekan kondisi angin di ban, knalpot, oli. oli garda, lampu harus di cek. Untuk oli, dan oli garda apakah harus di ganti? Kalau oli garda biasanya sekitar 25.000km baru ganti, kalau oli biasanya untuk motor kalau sudah tidak enak yaa diganti.  Untuk Belt nya matic juga harus di perhatikan 25.000km harus di semprot bahan apah gitu lupa namanya *tanya mas-mas bengkelnya lagi aah* biar bersih dan enak.


5. Menggunakan Oli khusus Matic. Oli yang digunakan khusus yang matic yaa. Berbagai macam merek sekarang oli khusus matic sudah tersedia tinggal pilih yang sesuai kebutuhan dan kepercayaan. Pilih yang terbaik untuk oli motor anda.

Motor buat niar ituh everything, yang jelas motor itu setia setiap saat dibutuhkan selalu ada :)
Bukan maksud sombong tapi perjuangannya mendapatkan sesuatu barang itu tidak mudah dan merawatnya kadang terlupakan. I'm Sorry bity, beberapa kali kamu jatuh tersungkur di jalan dan sampai bocel dan pecah depannya, but dipercantik lagi deh bity nya :)

Semuga bermanfaat yaa, ini cara merawat motor matic yang niar biasanya lakuin.
Ini caraku, cara kamu gimana?

"Buat motor kok coba-coba"


NB : Mendapatkan dan membeli motor sendiri itu impian yang menjadi kenyataan disaat keadaanku seperti ini. AMAZING.



You Might Also Like

64 Cuap-Cuap

  1. entah kenapa aku sampai sekarang ngga bisa stater kaki lho Niar, ga nyalanyala motornya, kurang kuat kalau kata adekku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe kurang tenaganya itu bak tiesa, minta tolong yang lebih kuat buat stater kaki nya :D

      Hapus
  2. yg nmr 2 itu mb aku gak prnh..gk kuat arep njagang tengah..haha..maklum mb niar scoopy kan bodynya lumayan semlohai ya jd nariknya lumayan abot mb.. :D
    nice info mb niar cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakak, niar juga ndak kuat leg scoopy, motor sama orang nya gede motornya, minta tolong orang yang lebih kuat bu enny :D

      Hapus
  3. yach karena aku belum punya motor jadi belum bisa ngerawat deh.... nanti kalau udah punya pasti selalu dirawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. siep, semuga depet motor ndak disia sia kan :D *tsaaa

      Hapus
  4. DARI LIMA CARA MErawat matic di atas...gak ada tuh yg ta patuhi..whahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah cara yang ke enam ini harus di jalanin, beli motor matic dulu mbak rie :D

      eeh mbak rie, leg ke sbya lagi yang lama yoo ben ketemu lagi, wakakakak

      Hapus
  5. menbaca sambil berdoa semoga bisa beli motor matic :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien yaa allah, kabulin doanya mas fanz yaa, nanti traktiran di webe mas milo anget :D

      Hapus
  6. Karena motor yang ada di rumah dipakai berame-rame, terkadang sampai males nyucinya. Lha barusan dicuci, entar dipakai yang lain terutama yang 'kopros' (bahasa gaul) akhirnya ya sudah biarin aja yang penting olie dan servis nggak telat.
    Tipsnya juempol

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa harus di cuci dung pak ies ben gag makin kompros, wakakkakakaka :D
      Makasih :D

      Hapus
  7. walapun gak punya motor, tapi ini cukup bermamfaat,hehehe... salam kenal ya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :D

      Salam kenal balik mbak ammie :D

      Hapus
  8. huaaa Niar, saya pengen banget bisa nyetir tapi pas udah belajar dan udah mulai bisa, eehh gak berani utk melanjutkannya.. xiixix

    anyway thanks tips2nya yaa, mudah2n nanti saya berani deh kek Niar. klo bisa nyetir kan bisa kmana2 sendiri tanpa harus ngerepotin orang lain buat anterin, ya kan ya?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayook mbak diah, melanjutkan keberanian :D
      heheheh, iyaa dung mbak, ayuk motoran sendiri #ben ndak dibilang manja.

      Hapus
  9. tambah satu lagi tipsnya..
    kalo bensinnya abis cepet2 di beliin bensin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh iyaa mas athief, oiya di kasih pertamax yaa mas isinya :D

      Hapus
  10. Kiat yang sangat bermanfaat. Tapi motorku bukan matic, Ni. Btw, ditunggu makan2nya ya, di rawon kalkulator aja hehehe....kan abis beli motor baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah itu motor nya lama 2011 :D, stikernya beat nya beda sama yang baru om walank, :D

      Hapus
  11. tipss baguss... sayang saya gak punya motor maticc hehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :D

      beli beli matic buat mbakyu noorma :D

      Hapus
  12. owh ... standar itu jagang ya? ^^

    BalasHapus
  13. sip, tips yang mantaps mbak niar...thanks

    BalasHapus
  14. Hoohoooo... !!!
    Langsung di coba ada CAPCAY nya gak nih hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung, memudahkan yang mau koment

      Hapus
  15. wah... wah... bity nya diandiin...
    pemilik bity nya rajin mandi juga gak..??

    wakakakaakkaka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mandi dung, spa bareng bity :D
      wakakakakak

      Hapus
  16. #berdoa semoga bisa beli motor matic, biar bisa ikutan merawat motor matic :)

    BalasHapus
  17. aku jarang starter pagi :-d maklum tiap pagi buru2 nganter pascal hehehe alasan

    BalasHapus
  18. waduh ga punya motor skrg, tapi punyanya sepeda... betul ini tip bagus.. jangan tahunya pake aja,, tapi harus tapi cara merawatnya juga ya....

    BalasHapus
  19. Waah..hebat euy, mba Niar walo cewek udeh tau banget care ngeraway motor *jempooll dah* :)

    BalasHapus
  20. Saya sempat bingung dengan kata "jagang" ternyata artinya adalah besi standard yang biasa digunakan untuk memarkirkan motor :D
    Hahahaha... bahasa daerah itu memang sangat beragam ya, meskipun tulisan dan pengucapannya berbeda namun memiliki arti yang sama.
    Btw, salam kenal ya :)

    BalasHapus
  21. thank tipsnya mbak! btw, motor gue bukan jenis motor matic. but, tipsnya perlu juga buat nambah wawasan. sapa tau entar buka bengkel motor khusus matic di kampung :D

    BalasHapus
  22. Sebenarnya sih itu tips nya bukan cuma buat matic, yang standar manual juga sama aja. :) Entahlah, kalo aku lebih suka yang manual, lebih berwarna gitu, ada kegiatan di kaki. :D

    BalasHapus
  23. 5 cara itu sangat penting. Meski nggak kehujanan, nyuci motor itu harus rutin. Debu yg nempelpun bisa menyebabkan karat
    Dan jagang tengah itu, paling sering diabaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa om mars, kalau kena karat wes repot sendiri :D

      iyaa biar tidak cepet rusak jagang sampingnya :D

      Hapus
  24. Saya pakai Honda juga...
    Vario :D

    BalasHapus
  25. aku gak punya motor matic. tp kurang lebih sama ya perawatannya. stlh nikah,jd males nyuci motor sendiri. klo gak suami, ke cucian motor deh. hehhe.... tp bener lho, motor itu soulmate buatku :D mksh infonya, jd inget bln ini blm ke bengkel :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh hampir sama kok yang penting di rawat sepenuh hati :D
      sama2, jadi ke bengkel neh motor nya :D

      Hapus
  26. saya anti motor matic.. kagok bawanya.. :D
    mending pake honda 70 aja. .:D

    BalasHapus
  27. wah mbak kalau ditempat saya malahan air untuk mandi lebih asam dari pada air hujan,
    tapi ndak apa2 makasih untuk infonya

    salam persahabatan

    BalasHapus
  28. Terima kasih untuk tipsnya ya,kebetulan motor saya jg matic jadi bisa langsung di aplikasikan dilapangan 86, and salam kenal

    BalasHapus
  29. Aku nggak punya motor hihi...
    Jiah itu mottonya kayak iklan minyak kayuputih deh ih~

    BalasHapus
  30. info bagus dek..tapi sayang motorku kaga metik :(

    BalasHapus
  31. hati hati naik matic, ndak ada engine brakenya

    BalasHapus
  32. Nice Info.. Kebetulan saya baru beli motor matic.. :)

    BalasHapus
  33. Makasih sekali infonya, moga manfaat bagi semua orang, thank ya...:)

    BalasHapus
  34. siap akan saya praktekan..makasih infonya

    BalasHapus
  35. mantap nih tisnya.. saya baru tau tentang di jangan itu..

    BalasHapus
  36. Makasih gan sudah berbagi tips dan ilmunya

    moga bermanfaat dan ilmu bertambah

    BalasHapus
  37. terima kasih mbak bro, sangat bermanfaat untuk saya. saya paling suka motor metic, kebetulan postingannya mbak bro ada wawaaahhh saya jadi seeeeeeeeeeennnnnnnnneeeeeeenggggg banget. terima kasih ya sudah berbagi ilmuh, salam kenal ....

    BalasHapus
  38. Wah gak pernha dijagang tenah nih meticku, makasih tipsnya.

    BalasHapus
  39. Wew...tip nya lumyan bgus..salam kenal z d mba....

    BalasHapus
  40. itu nyuci motor dmn y? kayak pernah tau tmpatnya,,

    BalasHapus
  41. thanks mbak tipsnya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  42. tips yang bagus sekali. senang bisa dapat ilmu baru tentang motor

    BalasHapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com