Batik Indonesia sebagai warisan budaya.

15.46

Batik Indonesia sebagai warisan budaya.


Pagi hari di hari rabu yang ruibet sekali. Punya adik cowok satu ajah ribet nya minta ampun... *gemes

Adek : "Mbak baju batik ku buat hari rabu mana?" sambil teriak-teriak

Mbak : "Lho kan ada di lemari toh dek, di cari dulu barutanya" jawab dengan halus

Adek : "Mbak, kenapa sih kok harus pake batik?" muka bingung sambil pake baju batik nya

Mbak : " Adek sayang, batik salah satu warisan budaya Indonesia lho dek jadi harus dilestarikan dan dibiasakan untuk di kenakan dalam keseharian, kayak adek sekarang lagi pake kemeja batik"



Adek :"Batik itu ada berapa macel sih mbak?"

Mbak : " Batik ada 2 macem dek, batik ada yang langsung di tulis dan ada yang di cap dek, untuk kualitas lebih bagus yang langsung di tulis hasil nya lebih tahan lama lho dek" meyakinkan adek nya

Adek : "Terus batik sendiri apa hanya ada di Jawatimur? "

Mbak : "Tidak sayang, batik ditiap daerah juga ada lho, contoh nya  di Pekalongan Solo pusat nya orang belanja batik, di Jogyakarta juga ada batik, di Bali, di Cirebon, di Madura, di Indonesia banyak sekali batik dan harus di lestarikan supaya bisa dinikmatin sampai nanti adek pnya anak lagi, hehehehe...." sambil ketawa

Adek : "Kan masih lama mbak, adek pnya anak lagi, masih kecil" sambil cubit pipi nya mbak

Mbak :" Bercanda adek ku sayang, adek tau kalau di Sidoarjo ada pengerajin batik?"

Adek : "Emmhh....ngak mbak, emang ada yaa di Sidoarjo? Dimana?"

Mbak : "Ada dong dek, di daerah Jetis, di belakang nya Ramayana lama Sidoarjo itu lho dek" sambil ngasih tau arah

Tampak gapura Kampoeng Batik Jetis di Sidoarjo gambar dari sini

Adek : " Ooohh belakang nya ramayana lama toh mbak, bukan nya disitu pasar ajah yaa mbak, dimana kampung batik nya yaa?"

Mbak : "Yaa di dalam nya adekku sayang, besok kalau libur main kesana yuk dek liat proses pembuatan batik, terus bedain batik yang asli Sidoarjo seperti apa, Mau ngak?"

Adek : "Mau mau mau banget mbak, sabtu yaa mbak" wajah ceria kayak habis dapet permen.

Mbak : "Siep dek, yaa udah sekarang berangkat gih udah jam 6 ini lho, nanti telat lagi"

Adek : " Udah cakep belum mbak?" sambil ngaca dan membusung-busungkan dada nya

Mbak :" Udah cakep, guanteng nya adek ku pake batik" senyum liat adek nya akan berangkat sekolah.

Adek berangkat sekolah naik sepeda ontel jadul dan di kayuh selama 15 menit dari rumah untuk mencapai di sekolah SMP nya.


Ini penampakan batik Sidoarjo yang lebih berkesan flora dan fauna :D



Tulisan ini diikut serta kan dalam Lomba Blog Enti : Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya, kerja sama Blogfam dan www.BatikIndonesia.com.


NB : Melestarikan batik Indonesia warisan budaya yang harus di jaga biar tidak diambil, diakui oleh bangsa lain.

Ini batik ku, Mana batik anda?

You Might Also Like

53 Cuap-Cuap

  1. Indonesia kaya dengan suatu nilai seni budaya yang tercipta dari para tangan-tangan kreator yang bernilai tinggi.Sukses untuk lombanya Mba.

    Salam Wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa om masa tour, Indonesia emang begitu kaya akan budaya nya yaa :D

      amien, makasih yaa om doa nya :D

      Hapus
  2. batik sidoarjo cantik yah... warnanya cerah2 juga... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung umi, cantik toh..mau pesen ? :D *bisnis bisnis :D

      Hapus
  3. Sekarang yang musim batik bola, bahkan selain kemeja ada juga jaketnya :) salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa itu yang batik cap yaa mbak NF dan itu modifikasi :D

      Salam kenal balik mbak :D

      Hapus
  4. wah tibaknya sidoarjo punya motif menarik. Kalo dikreatifkan lagi tambahan motif lapindo, pasti manteb lagi tuh.
    Selamat berkontes ya Ning Niar, moga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. haahah motif lapindo, boleh2 pak ies buat ide... :D

      amien, semuga menang yaa pak ies :D

      Hapus
  5. Iya batik emang warisan budaya yang harus kita jaga ya Niar, ikutan juga rupanya. Aku baru aja daftar, apa sudah ditutup yang ptg ikut, hehe...

    Gudlak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung bunda yunda harus di jaga kelestarian nya kalau ndak gitu kyak nasib reog yang di hak paten sama negara lain :D

      sama bunda niar juga baru datang ini :D kan hari ini DL nya muga di terima yaa bunda :D *mekso...

      Hapus
  6. wahhh cantik2 batiknye..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung sist qaqa, batik trully Indonesia :D

      Hapus
  7. yihaaa kita ikitannya detik terakhir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mama ikutan yang penting kan ngontes :D

      Hapus
  8. Aku belom pernah ke kampung jetis itu loh :p
    Pdhl sering lewat. Hahaha :p
    Paling seringnya mampir ke pangsit mie gajah mada
    #nah loh, kok jadi bahas makanan toh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sama mbak ita, kapan2 kesono yuk sambil kopdar :D

      yaa kalau pangsit mie gajah mada emang karkusip, tau pecel madiun deket situ ndak mbak jual na pagi, tuh budhe kuq lho yang jualan, uenak tenan..... *promosi :D

      Hapus
  9. pengen dech batik sidoarjonya mba yang warna ungu lucu, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh boleh, pemesanan tinggal kontak saya di evbi, xixixixi... *lho promosi :D

      Hapus
  10. sukseeeeeeeeeessssss yaa cantiiiiikkkkk :D

    mana batikku?
    tuh banyak di lemari.. hehe..
    secara dari pekalongan kan betik icon gituu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaa mbak norma :D

      lha di pekalongan mah emang tempat na kulaan mbak :D

      Hapus
  11. Ini batikku, mana batikmu?
    Batikku di ember, mbak! Dipake kemarin belom dicuci. Btw, sukses buat kontesnya eaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cuci toh om eksak mosok di taruh ember terus :p

      amien, makasih yaa om eksak :D

      Hapus
  12. Balasan
    1. iyaa dung mbak ria...eeh sempetan ikut kontes juga ndka mbak?

      Hapus
  13. Keren2 batik sidoarjo ya heheh..

    Semoga menang kontesnya Niar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung Sidoarjo gtu :D *pede...


      amien, makasih yaa mas rantau :D

      Hapus
  14. Bukan masalah kontesnya juga, namun dengan mempoting Batik, sudah bagian dari melestarikannya, hidup batik dan sukses untuk kontesnya yach...kalau dapat bagi2 yach..salam hangat dari jembrana Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iyaa om beli budi......ngontes terus biar makin eksis, lho... :D

      hahaha tak bagiin photo na yaa om, amien :D

      salam manies dari Sidoarjo :D

      Hapus
  15. kalo adik pakai batik
    pasti anggun deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bisa ajah deh ayah haris :D

      batik membuat makin anggun dan mempesona :D *tink

      Hapus
  16. Wah apik tenan Mbatik Sidoarjo ini nduk,,kapan² kalau KOPDAR antarkan saya ke Toko Batik Sidoarjo yo hi hi

    Sukses GA nya nduk, semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoo apik toh om sofyan, Sidoarjo gtu lho :p

      ayuuk di tunggu kehadirannya di SSidoarjo tercinta bersih dan damai, zizizizi........... :D

      amien, semuga bisa menang dapet sesuatu :D

      Hapus
  17. batik Indonesia memang indah...i love it :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dung Indonesia gtu lho, batik kan warisan budaya :D

      love it batik juga :D hehehehehe....

      Hapus
  18. pdhl pengen ngenalin batik jambi tp sayang udah telat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kenalin ajah mimi batik jambi kan melestarikan budaya Indonesia mimi :D

      Hapus
  19. Wah, kalo di Jogja mbatik masuk mall... ada kelas belajar membatik

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masuk mall, mau dung mbak ratna belajar mbatik sekalian jalan2 di mall :D

      Hapus
  20. Balasan
    1. wah batik emang bener2 khas Indonesia yaa :D

      Hapus
  21. Hye dear...done visit n follow u....feel free to visit and follow my page!

    BalasHapus
  22. PERNAH ttg batik sidoarjo tapi belum prnh liat langsung...Lamogan juga punya batik lhoh? #gak nanya

    Tapi saya ikutannya pake batik Banyuwangi krn foto2 ttg batiknya banyak yg pakai batik khas Banyuwnagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,,,ntar deh niar tak narsis bersama batik sidoarjo mbak rie :D

      iyaa toh mbak, motif e gimana?

      Iyaa ndak apah bayuwangi yang penting kan tetap batik Indonesia.

      Hapus
  23. bahasa yang digunakan begitu ngalir, sehingga mudah dipahami..Hidup batik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ngalir kyak air dung om iwan... Hidup Batik SIdoarjo, Hidup niar, Hidup kan listrik ini,.,,*lho.. :D

      Hapus
  24. semoga batik selalu di hati...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak hanya di hati tapi di lestarikan toh om dihas :D

      Hapus
  25. foto adeknya mana??? :D

    go batikkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. adek nya ndak mau di ekspos lho mbak jiah :D

      Hapus
  26. wow ada sentra batik juga ya di Sidoarjo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa ada dung om, Sidoarjo gtu lho :D

      Hapus

Blog Bagus milik Konco ^^

Follow Me :D

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
www.emak2blogger.com